16 Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Secara Alami

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil. Penanganan anemia saat kehamilan harus cepat dan benar. Ibu hamil muda pada umumnya mengalami kurang darah ringan dan berat, oleh karena itu perlu pengobatan anemia yang benar dan cepat, sebab anemia yang terjadi bisa meningkatkan risiko komplikasi yang berbahaya, seperti bayi lahir dengan berat badan dibawah rata-rata dan persalinan prematur. Bahaya anemia juga dapat memicu depresi pasca persaalinan pada ibu hamil.

Loading...

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil secara cepat harus dilakukan, karena saat hamil wanita membutuhkan lebih banyak sel darah untuk mendukung perkembangan bayi atau janin yang dikandungnya. Ketika ibu hamil tersebut mengalami anemia, maka kebutuhan tersebut tidak terpenuhi sehingga oksigen yang disalurkan pada jaringan tubuh dan janin menjadi terbatas jumlahnya. Sebelum kita bahas tentang bagaimana cara mengatasi anemia pada ibu hamil?, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri dan penyebab anemia pada ibu hamil tersebut.

cara mengatasi anemia pada ibu hamil

Ciri-ciri dan penyebab anemia pada ibu hamil

Yang perlu Anda cermati dan perhatikan adalah kadang gejala anemia nampak seperti gejala kehamilan pada umumnya, Apalagi anemia yang terjadi adalah anemia ringan. Karena pada anemia ringan tidak terjadi gejala yang jelas yang dirasakan ibu hamil. Namun jika anemia meningkat menjadi berat, ibu hamil akan mengalami ciri-ciri anemia sebagai berikut:

Loading...
  • Denyut jantung tidak beraturan
  • Cepat lelah
  • Merasa lemah
  • Wajah Nampak pucat
  • Sesak napas
  • Keinginan konsumsi makanan yang tidak umum
  • Mengalami gatal-gatal
  • Perubahan indera perasa
  • Rambut rontok
  • Sariawan
  • Telinga berdenging
  • Mudah ngantuk
  • Nafsu makan berkurang

Selain gejala atau ciri-ciri anemia pada ibu hamil, ada beberapa hal yang menjadi penyebab anemia tersebut. Penyebab anemia pada ibu hamil yaitu tubuh mengalami kekurangan asupan gizi seperti zat besi, folat dan vitamin B12. Ketiga hal tersembut yang menjadi penyebab utama terjadinya anemia selama kehamilan.

Tips Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil

Untuk menyembuhkan kurang darah atau anemia saat hamil, Ibu hamil perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut, yaitu:

  • Konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak gizi dan nutrisi yang seimbang. Hal ini baik untuk mencegah dan mengatasi anemia saat hamil. Selain itu dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang akan meningkatkan kesehatan ibu hamil dan melindungi janin atau bayi dari cacat fisik atau lahir prematur.
  • Konsumsi buah-buahan. Makanlah jenis buah-buahan yang berguna untuk membantu penyerapan zat besi dengan banyak mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C, seperti jeruk stroberi, pepaya, kiwi, tomat dan pisang.
  • Kurangi mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti ikan, daging merah, sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan dan sereal. Sumber makanan sumber zat besi lainnya seperti telur dan tahu.

Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil Dengan Makanan

Untuk lebih jelasnya cara mengobati anemia saat hamil, Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penyembuhan anemia, yaitu:

1. Daging Merah

Daging merah juga salah satu obat anemia pada ibu hamil. Daging merah seperti daging sapi yang masih segar sangat banyak kandungan zat besinya. Oleh karena itu, Makan daging merah secara teratur bisa menyembuhkan anemia selama kehamilan. Selain daging merah Anda juga bisa mengkonsumsi hati yang juga baik untuk mengatasi anemia tersebut.

2. Sari Kurma

Penanganan anemia pada ibu hamil juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi sari kurma. Mengkonsumsi sari kurma selain enak juga berguna mengatasi anemia pada ibu hamil. Selain itu, kandungan zat besi pada sari kurma dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah yang dipercaya mampu menjaga kesehatan janin yang ada dalam rahim atau kandungan.

3. Brokoli dan Bayam

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil berikutnya yaitu mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Dua jenis sayuran ini memiliki kandungan tinggi zat besi, asam folat, serta berbagai gizi yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Khusus bayam, sebaiknya dikonsumsi sekali saja setelah dimasak. Jika dikonsumsi berulang kali dengan cara dihangatkan maka berisiko pada janin karena kandungan senyawa ferro.

Baca juga: 12 Cara Mengatasi Anemia Secara Alami dengan Obat Tradisional

4. Kerang

Kerang merupakan makanan untuk obat anemia untuk ibu hamil, karena kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. cara mengatasi anemia dengan kerang yaitu menjadikan makanan ini sebagai menu makanan setiap hari selama anemia.

5. Madu

Madu adalah obat herbal untuk segala penyakit yang ampuh, begitu pula untuk masalah anemia pada masa kehamilan Anda. Madu juga kaya akan kandungan zat besi, sehingga bisa menjadikannya sebagai obat anemia pada ibu hamil ampuh. Cukup dengan meminumnya sekali dua kali secara teratur maka anemia akan tersembuhkan dengan cepat.

6. Kismis

Kismis adalah buah anggur yang sudah dikeringkan, kismis bisa jadi obat anemia yang ampuh untuk menyembuhkan anemia pada ibu hamil. Seperti pada madu, cukup memakannya 2 kali sehari untuk cara mengatasi anemia pada ibu hamil dengan kismis.

7. Delima

Buah delima termasuk buah obat anemia, sama halnya pada buah pisang. Delima dipercaya sebagai sumber zat besi, dengan memakannya secara rutin selama anemia, maka kurang darah pun akan cepat teratasi.

8. Oatmeal

Makanan obat anemia untuk ibu hamil berikutnya adalah oatmeal. Oatmeal ampuh menyembuhkan anemia karena selain mudah untuk dicerna, oatmeal mengandung zat besi dan mineral untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsinya rutin selama kurang darah maka akan cepat menyembuhkannya.

9. Kacang-kacangan

Makanan ini termasuk sumber zat besi yang bagus untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Cukup dengan ngemil kacang-kacangan, ibu hamil akan mampu terhindar dari risiko terkena anemia dan menyembuhkannya.

Cara Mengatasi Anemia Pada ibu Hamil dengan Buah

1. Pisang

Buah pisang merupakan obat anemia untuk ibu hamil yang sangat baik, karena pada buah pisang mengandung kalsium dan asam folat. Cara mengatasi anemia pada ibu hamil dengan pisang ini sangat dianjurkan. Anda cukup memakannya secara rutin setiap hari, khususnya bagi ibu hamil yang mengalami anemia atau kurang darah berat. Pisang juga mengandung potassium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan menurunkan risiko lahir bayi cacat.

2. Jus Jeruk

Buah jeruk merupakan jenis buah sumber vitamin C yang dapat berguna membantu penyerapan zat besi. Cara mengatasi anemia pada ibu hamil dengan jeruk yaitu dengan membuatnya menjadi jus. Jus jeruk sangat sebagai obat untuk anemia pada ibu hamil.

3. Kurma

Manfaat kurma yaitu bisa meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah, dengan begitu kurma baik untuk penyembuhan anemia pada ibu hamil. Cara mengatasi anemia dengan kurma diyakini cepat menyembuhkannya. Konsumsilah kurma selama anemia saat hamil.

4. Jeruk

Jeruk merupakan buah obat anemia pada ibu hamil yang ampuh. cara mengatasi anemia dengan jeruk ini, yaitu bisa dengan membuatnya menjadi jus yang diminum 2 kali sehari selama mengalami anemia saat hamil hingga sembuh.

5. stroberi

Buah obat anemia untuk ibu hamil selanjutnya adalah stroberi. Buah ini mengandung vitamin C yang baik untuk anemia. Penyembuhan anemia dengan bisa memakannya langsung atau bisa dengan membuatnya menjadi jus. Tentu cara mengatasi anemia pada ibu hamil terasa mudah dan enak namun juga ampuh menyembuhkannya.

6. pepaya

Cara mengatasi anemia pada ibu hamil dengan pepaya sama dengan cara yang lainnya. Yaitu dengan mengkonsumsinya dengan teratur selama anemia saat hamil. Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi yang diakui dapat menyembuhkan kurang darah secara alami dan cepat. Tidak hanya itu, mengkonsumsi pepaya saat hamil akan mencegah dan mengatasi sembelit pada ibu hamil.

7. kiwi dan tomat

kandungan mineral dan gizi kedua buah ini dapat membantu menyembuhkan anemia pada ibu hamil. Anda bisa mencampurnya untuk dibuat jus. Dengan mengkonsumsi buah tersebut maka anemia pada ibu hamil akan segera teratasi.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara mengatasi anemia pada ibu hamil, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Anemia Pada Masa Kehamilan

Loading...

Leave a Comment