12 Cara Mengatasi Anemia Secara Alami dengan Obat Tradisional

Cara mengatasi anemia Anemia secara alam dengan obat tradisional. Anemia adalah Keadaan tubuh yang memiliki rendahnya konsentrasi hemoglobin dalam darah dan kekurangan sel darah merah yang terjadi pada seseorang. Gangguan kurang darah ini terjadi karena HB atau hemoglobin kurang dari normal dan bukan disebabkan kurang tekanan darahnya dan ibu hamil rentan mengalaminya. Anemia bisa menjadi berat atau parah, jika tidak segera untuk disembuhkan.

Loading...

Ada beberapa penyebab anemia (kurang darah) ini. Pada yang umumnya kurang darah disebabkan oleh kekurangan zat besi, kekurangan vitamin C dan B12, pendarahan, defesiensi asam folat, kurangnya produksi sel darah merah, dan laktasi. Selain itu penyebab anemia juga bisa dikarenakan oleh hamil dan penyakit seperti talasemia. Salah satu cara untuk mengobati anemia yaitu dengan mengkonsumsi obat kurang darah.

Cara mengatasi  anemia sangat banyak dari mulai konsumsi obat kurang darah seperti sangobion dan lainnya. Obat-obatan Anemia bisa dengan mudah Anda beli di apotik, atau bisa menggunakan obat-obatan tradisional dari bahan tanaman herbal dan buah-buahan. Selain itu yang perlu Anda perhatikan selama mengalami anemia yaitu menghindari jenis pantangan makanan bagi penderita anemia. Pada kesempatan kali ini, waras sehat akan membahas cara mengatasi anemia secara alami, bagaimana caranya, simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Anemia dengan Alami dan Cepat

Penyembuhan anemia sangat banyak, dari mulai konsumsi obat kurang darah seperti sangobion dan lainnya. Obat-obatan Anemia bisa dengan mudah Anda beli di apotik, atau bisa menggunakan obat-obatan tradisional dari bahan tanaman herbal dan buah-buahan. Selain itu yang perlu Anda perhatikan selama mengalami anemia yaitu menghindari jenis pantangan makanan bagi penderita anemia. Pada kesempatan kali ini, waras sehat akan membahas cara mengatasi anemia secara alami, bagaimana caranya, simak di bawah ini.

Pada umumnya gejala anemia ini bisa dengan mudah diketahui penderitanya. Tanda atau gejala anemia tersebut antara lain, mudah lelah, pucat, lesu, mudah lelah dan lemah. Mengobati kurang darah bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cara mengatasi anemia dengan obat tradisional ini lebih aman tanpa ada efek samping. Berikut ini alah obat anemia kurang darah yang ampuh khasiatnya, yaitu:

Loading...

cara mengatasi anemia

1. Daun Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu obat tradisional anemia yang ampuh. Untuk cara mengatasi anemia dengan bawang yaitu menggunakan daunnya. Caranya, Rebus daun bawang dengan 1 butir telur. Konsumsi rebusan daun bawang dan telur tersebut. Lakukan pengobatan anemia ini dengan makan 2 kali sehari secara teratur agar anemia cepat sembuh.

2. Kacang Almond

Kacang almond bisa Anda gunakan sebagai obat anemia kurang darah. Jenis kacang-kacangan memang sangat dianjurkan dalam mengobati anemia, salah satunya kacang almond ini. Kacang almond memiliki kandungan yang kaya akan zat besi sehingga baik untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh serta menstabilkan aliran darah menjadi lancar dan baik. Cara mengatasi anemia dengan kacang almond, yaitu cukup dengan memakannya teratur setiap hari selama mengalami kurang darah.

3. Daging Kambing

Cara mengatasi anemia dengan makanan seperti daging terbukti  menyembuhkan anemia yang ampuh. Pada daging segar terkandung protein yang berguna meningkatkan produksi sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Mengkonsumsi daging juga bermanfaat mengatasi sel darah merah yang rusak, untuk jenis daging yang cepat menyembuhkan kurang darah yaitu daging kambing karena daging kambing lebih banyak kandungan proteinnya di banding daging sapi.

Baca juga: 16 Cara Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil Secara Alami

4. Sayuran Hijau

Selain Mengkonsumsi daging, sangat dianjurkan makan sayuran hijau. Sayuran hijau merupakan sumber zat besi yang baik untuk kurang darah.  Cara mengatasi anemia dengan makanan sayur hijau cukup dengan makan sayuran rebus seperti bayam, daun singkong, kangkung, daun katup dan sawi.

5.Telur

Telur adalah sumber protein yang bisa membantu mengobati anemia. Dengan mengkonsumsi obat alami anemia ini maka produksi hemoglobin akan meningkat sehingga kadar sel darah merah menjadi normal kembali. Cara mengatasi anemia dengan telur bisa dengan mudah Anda lakukan, yaitu Rebus 1 butir telur hingga matang. Kemudian diamkan supaya dingin, setelah itu jadikan telur tersebut menu makanan Untuk kurang darah Anda.

6. Hati Ayam

Tidak hanya telurnya yang bisa dijadikan obat anemia kurang darah. Hati ayam juga bisa menyembuhkan Anemia dengan cepat dan alami. Cara mengatasi anemia dengan hati ayam adalah sama yatu dengan menjadikan hati ayam menu makanan yang dikonsumsi selama mengalami kurang darah. Bisa Anda memakannya 2 kali sehari dengan teratur hingga sembuh.

Cara Mengatasi Anemia dengan Makanan Buah-Buahan

Cara lain untuk menyembuhkan anemia adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan. Jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk dimakan adalah buah yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin B12. Berikut ini adalah jenis buah obat anemia yang manjur, yaitu:

1. Jeruk Bali

Jeruk bayi kaya akan kandungan vitamin C dan termasuk salah satu buah obat untuk penderita anemia. Cara mengatasi anemia dengan jeruk bali ini yaitu dengan perbanyak mengkonsumsinya selama mengalami kurang darah. Anda bisa membuatnya menjadi jus segar dengan tambahan madu untuk lebih mempercepat penyembuhan anemia tersebut.

2. Pisang

Selain Jeruk bali, Pisang juga termasuk obat anemia kurang darah yang bagus. Pisang memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk memelihara sel-sel darah merah dalam darah. Dengan memperbanyak konsumsi pisang selama mengalami anemia akan membantu menyembuhkannya dengan cepat. Pisang juga jenis buah yang bagus untuk penyembuhan anemia pada ibu hamil.

3. Apel

Buah apel adalah buah yang banyak disukai dan terkenal. Apel memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu Anda menyembuhkan anemia. Dengan makan apel setiap hari selama mengalami kurang darah akan mempercepat penyembuhannya. Makan apel juga merupakan cara mencegah anemia terjadi pada Anda.

4. Mangga

Cara mengatasi anemia selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi langsung buah mangga. Mangga Selain kaya zat besi juga banyak mengandung vitamin C karena itu sangat cocok untuk obat alami menyembuhkan kurang darah yang ampuh. Cukup dengan memakan 1 buah mangga tiap hari akan cepat menyembuhkan dan mencegah anemia.

5. Delima

Buah yang manis ini kaya akan kandungan zat besi dan vitamin C. Maka delima sangat bagus untuk mengobati gejala anemia. Bagi Anda yang mengalami kurang darah, mengkonsumsi delima bisa menjadi obat anemia yang ampuh dan cepat.

6. Kiwi

Cara mengatasi anemia juga bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi buah kiwi. Buah yang kaya vitamin C dan zat besi ini mampu menyembuhkan kurang darah dan gejalanya dengan cepat. Maka sangat dianjurkan makan kiwi selama mengalami lemah, letih dan kurang tenaga akibat anemia.

Tips cara mengatasi anemia kurang darah

  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan seperti disebutkan di atas.
  • Istirahat yang cukup.
  • Perbanyak minum air putih
  • Jauhi makanan pantangan anemia seperti makanan kecut dan asam
  • Konsumsi juga jenis makanan sea food selama anemia

Demikianlah cara mengatasi anemia secara alami dan cepat dengan obat tradisional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya Anda yang sedang mengalami kurang darah. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Rahasia Cara Mujarab Mengobati Anemia Alami Dan Cepat

Loading...

Leave a comment