7 Cara Mengatasi Bibir Kering Hitam dan Pecah-Pecah Secara Alami

Cara mengatasi bibir kering hitam dan pecah-pecah secara alami. Bibir merupakan area bagian tubuh yang pentung bagi wanita. Jika bagian ini sehat maka akan terlihat indah bagian yang lainnya. Memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah tentu hal ini membuat Anda kurang nyaman, bahkan bibir pecah pecah tanda adanya gangguan penyakit. Untuk mengatasinya ada banyak produk obat bibir kering dan pecah pecah di apotik atau di pasaran. Jika Anda khawatir dengan kandungan kimia yang membahayakan. Ada cara rumahan untuk mengobati bibir kering dan luka pecah-pecah bahkan berdarah.

Loading...

Cara mengatasi bibir kering dan hitam serta pecah-pecah perlu perhatian khusus terhadap bibir melalui perawatan secara alami. Penyebab bibir kering yang umumnya disebabkan karena reaksi alergi, dehidrasi, perubahan iklim seperti musim hujan, sering menjilat bibir sendiri dan kekurangan vitamin. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Faktor Penyebab Bibir Kering

Berikut adalah penyebab yang membuat bibir Anda menjadi kering dan pecah-pecah, diantaranya adalah:

  • Polusi udara dan debu.
  • Perubahan suhu yang dapat membuat bibir tidak dapat beradaptasi sehingga bibir menjadi kering dan pecah.
  • Makanan yang terlalu asam atau asin.
  • Merokok, kebiasaan minum kopi, dan minuman beralkohol.
  • Kurangnya konsumsi buah dan sayur.
  • Kurang minum air.
  • Menggunakan kosmetik yang bahan kimianya terlalu keras, atau dikarenakan alergi terhadap kosmetik tertentu.
  • Pasta gigi yang terlalu banyak mengandung detergen.
  • Kebiasaan menjilat bibir dengan air liur, atau membasahi bibir dengan air liur.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Cepat

cara mengatasi bibir kering

Dengan mengetahui apa saja yang menjadikan bibir Anda kering dan pecah, Anda bisa mencegahnya terjadi dan tahu bagaimana mengatasi bibir kering dan pecah-pecah tersebut. Bila sekarang Anda sedang mengalaminya, Saya akan bagikan tips dan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat, yaitu:

Loading...

Baca juga: Cara Mengatasi Bibir Hitam Wanita Menjadi Merah Merona

  • Gunakan lips Balm yang mengandung tabir surya dan pelembap. Matahari merupakan salah satu faktor penyebab keringnya bibir Anda sehingga cara mengatasi bibir kering dengan menggunakan penangkal atau tabir surya pada bibir Anda menjadi perlu.
  • Pilihlah produk lipstik yang mengandung banyak pelembapnya.
  • Basahi bibir dengan air saat merasa kering. Jangan membasahi bibir dengan menjilatinya, karena dalam air liur terdapat kelenjar atau enzim yang dapat membuat iritasi pada bibir, sehingga bibir Anda semakin kering.
  • Minumlah 8 gelas air putih setiap hari, hal ini cara mengatasi bibir kering yang efektif. Dengan minum air putih yang cukup akan mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
  • Segerakan mencuci bersih sisa kosmetik yaitu lipstik sebelum Anda tidur.
  • Banyak konsumsi buah dan sayur. cara mengatasi bibir kering dengan makan buah dan sayur harus memilih jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, B, E dan mineral.
  • Jauhi gaya hidup yang tidak sehat. Seperti, merokok atau minum alkohol. Bahan kimia yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan warna hitam pada bibir Anda. Sedang alkohol dapat mengakibatkan dehidrasi yang menjadi penyebab bibir menjadi kering.
  • Oleskan pelembap bibir pada malam hari sebelum tidur, Disarankan untuk cara mengatasi bibir kering, jangan menggunakan pelembap bibir dari pasaran. Anda bisa menggunakan cara alami, yaitu menggunakan madu sebagai pelembap alami, yang dapat memberi nutrisi pada bibir Anda.
  • Lakukanlah pemijitan bibir dengan menggunakan minyak zaitun. cara mengatasi bibir kering dengan pemijatan minyak zaitun akan membantu peredaran darah pada bibir menjadi lancar sehingga bibir menjadi sehat. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengoles bibir saat mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir dan Pecah-Pecah Secara Alami dan Cepat

1. Susu

Manfaat susu untuk bibir yaitu bisa menjadi pelembab yang baik. Oleh karena itu susu bisa Anda jadikan obat alami bibir pecah-pecah. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan susu sangat mudah. Anda cukup mengoleskannya pada bibir kering. Tambahkan kelopak mawar sebagai penambah aroma. Biarkan olesan susu tersebut selama 15 menit. Anda juga bisa menggunakan susu kental manis untuk pengobatan bibir kering tersebut.

2. Scrub Gula

Cara mengatasi bibir kering dengan gula yaitu dengan menggunakan scrub gula. Caranya, campurkan gula dan madu hingga tercampur rata. Oleskan pada bibir dengan memijat lembut dengan arah melingkar. Gerakan ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bibir kering. Lakukan perawatan bibir ini semingu sekali.

3. Minyak Samin

Minyak samin dipercaya sejak lama berkhasiat mengobati bibir kering dan hitam. Cara menggunakannya adalah sama yaitu dengan mengoleskannya pada bibir secara merata. Biarkan selama satu jam maka akan membantu mengobati bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat. Untuk memaksimalkan hasilnya, Cara mengatasi bibir kering ini, sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari.

4. Minyak Kelapa

Selain minyak samin, Minyak kelapa bisa Anda jadikan obat alami bibir kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa ini bermanfaat menjadi pelembab bibir, dengan mengoleskannya pada bibir selama satu jam setiap hari maka akan mempercepat penyembuhan bibir kering dan pecah-pecah pada Anda.

5. Madu

Madu adalah salah satu obat herbal bibir kering. Madu memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan bibir. Dengan itu madu memiliki manfaat yang ampuh untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara mengatasi bibir kering dengan madu, cukup mengoleskannya pada bibir dan Diamkan selama 15 meni, maka akan melembabkan dan mengobati bibir kering.

6. Mentega

Cara mengatasi bibir kering dengan mentega caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya pada bibir. Khasiat mentega ini mampu melembabkan sekaligus mengobatinya. Mentega merupakan obat alami bibir kering yang ampuh karena kandungan asam lemaknya. lakukan rutin sehari sekali hingga sembuh.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Tidak hanya itu, ternyata minyak zaitun juga ampuh mengobati bibir kering dan pecah-pecah dengan cepat. Oleskan minyak zaitun pada bibir secara merata dan biarkan beberapa jam. Perawatan yang rutin akan cepat menyembuhkannya. Demikianlah pembahasan, penyebab dan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Semoga tips tadi memberi manfaat pada pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Merawat Bibir Tetap Sehat Dan Tampak Lebih Cantik

Loading...

Leave a Comment