4 Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Tradisional dan Ampuh

Cara mengatasi demam pada anak secara tradisional  dan Ampuh. Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh anak-anak. Pada usia bayi sampai 1 tahun dan anak balita. Pada umumnya penyebab demam pada anak yaitu virus, bakteri, alergi, dan dehidrasi. Bahkan sengatan hewan kecil seperti lebah atau gigitan nyamuk. Gejala demam pada anak ini bisa diketahui dengan kondisi panas tubuh anak mencapai suhu 37,5 derajat celcius atau lebih. Mengobati demam pada anak sebaiknya dilakukan dengan segera. Jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan kejang-kejang dan membawa pengaruh kurang sehat bagi si buah hati. Nah, oleh karena itu penting penanganan yang tepat saat anak mengalami panas tinggi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan demam pada anak, dari mulai memberinya obat penurun panas dan mengompresnya. Jika Buah hati Anda mengalami demam tinggi, tak perlu cemas dan khawatir ada cara mengobatinya dengan aman dan ampuh, yaitu menggunakan obat demam anak tradisional.

Loading...

Cara mengatasi demam pada anak secara tradisional sangat mudah dan khasiatnya pun tidak kalah dengan obat-obatan penurun panas di apotik. Penggunaan obat tradisional yang bisa diramu sendiri di rumah bisa dijadikan pertolongan pertama yang tepat untuk menurunkan panas pada anak. Menggunakan obat tradisional demam untuk anak terbukti aman karena menggunakan bahan-bahan alami, selain itu bisa meningkatkan kesehatan anak. Nah untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi demam pada anak secara tradisional. Simak selanjutnya berikut ini.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Tradisional dengan Obat alami

cara mengatasi demam pada anak secara tradisional

Demam pada anak usia bayi dan balita patut dilakukan oleh orangtua dengan cara yang tepat dan aman. Maka dari itu, penting memberikan pengobatan yang alami sebagai pertolongan pertama. Memanfaatkan tumbuhan herbal yang telah dipercaya mengobati demam pada anak merupakan pilihan bijak obat demam anak yang bagus. Bahan-bahan herbal yang terbukti ampuh menurunkan demam ternyata banyak dan mudah untuk mendapatkannya di sekitar kita. Diantaranya, kunyit, bawang merah, temulawak dan masih banyak lainnya. Berikut ini cara mengatasi demam pada anak secara tradisional dengan bahan alami, yaitu:

1. Bawang Merah

Loading...

Cara mengatasi demam pada anak secara tradisional yang pertama yaitu dengan menggunakan bawang merah. Khasiat bawang merah terkenal sebagai obat batuk pilek pada bayi dan anak. Menggunakan bawang merah sebagai obat alami demam pada anak yang ampuh yaitu dengan membuatnya menjadi ramuan oles. Penggunaanya juga akan membantu Anda yang sering dibuat khawatir oleh anak yang mengalami demam pada malam hari. Berikut ini cara mengatasi anak panas di malam hari dengan bawang, yaitu:

  • Siapkan beberapa siung bawang merah yang sudah dicuci bersih
  • Parut hingga lembut dan tambahkan minyak kelapa secukupnya
  • Aduk supaya tercampur rata
  • Balurkan pada tubuh anak secara merata, pada punggung, bahu, dada, telapak kaki dan ubun-ubun
  • Dengan langsung mengoleskannya maka anak panas naik turun pada malam hari akan dapat teratasi.

Baca juga: Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami dan Cepat

2. Temulawak

Cara mengatasi demam pada anak secara tradisional berikutnya dengan menggunakan temulawak. Tanaman herbal yang bisa menurunkan panas anak secara cepat yaitu temulawak. Tanaman herbal temulawak memang dipercaya turun temurun oleh orang dulu sebagai obat demam anak yang manjur. Temulawak juga sering digunakan sebagai obat tradisional seperti jamu dengan menambahkan bahan lain. Kandungan temulawak ternyata berguna menurunkan panas tubuh anak saat demam, seperti kandungan alpha betha curcumena, germacrene, xanthorrhizol yang terbukti secara klinis bisa dijadikan obat penurun panas pada anak usia 2 tahun, 3tahun dan 4 tahun. Berikut ini cara menurunkan panas pada anak usia 2, tahun, 3 tahun dan 4 tahun dengan temulawak, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas temulawak yang sudah dibersihkan terlebih dahulu
  • Parut hingga lembut dan tambahkan 1 gelas air putih
  • Peras dan ambil airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu asli dan aduk hingga tercampur rata
  • Minumkan secara rutin obat tradisional penurun demam pada anak ini selama demam maka akan cepat menurunkannya.

3. Kunyit

Kunyit juga merupakan bahan herbal yang sering digunakan untuk obat-obatan tradisional. Ternyata manfaat kunyit bisa membantu mengobati demam anak dengan cepat. Cara mengatasi demam pada anak secara tradisional dengan kunyit yaitu dengan membuatnya menjadi ramuan alami. Tenang saja, cara membuat ramuan demam anak dengan kunyit sama seperti cara yang lain sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri. Berikut ini cara menurunkan panas pada anak usia 3 tahun dan 4 tahun dengan kunyit yaitu:

  • Siapkan 1 butir telur ayam kampung
  • Siapkan juga kapur sirih sedikit saja
  • Parut 1 ruas kunyit dan peras kemudian ambil airnya
  • Campur semua bahan tersebut dengan diaduk hingga tercampur rata
  • Minumkan Obat tradisional demam anak tersebut sedikit demi sedikit, maka panas tubuh pun akan menurun.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi buah yang ampuh sebagai cara mengatasi demam pada anak secara tradisional. kandungan antioksidan dan vitamin C pada jeruk nipis akan membantu menurunkan demam anak dengan alami dan cepat. Berikut ini menurunkan demam anak tanpa obat kimia hanya dengan jeruk nipis, yaitu:

  • Siapkan setengah buah jeruk nipis dengan memotong menjadi dua
  • Peras dan ambil airnya dengan disaring
  • Sediakan 1 butir ayam kampung dan madu 1 sendok makan
  • Tuang perasan jeruk nipis pada wadah tambahkan setengah gelas air panas.
  • tambahkan juga telur ayam kampung dan madunya kemudian aduk hingga rata
  • Minumkan obat penurun demam anak ini seperempat gelas untuk sekali minum
  • Dengan teratur meminumkannya pada anak umur 1 tahun hingga 4 tahun maka demam akan menurun dengan cepat.

Demikianlah pembahasan singkat tentang cara mengatasi demam pada anak secara tradisional. Semoga informasi ini bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya yang lagi memiliki buah hati yang sedang demam. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Loading...

Leave a Comment