Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami dan Cepat

Bagaimana cara mengatasi demam pada anak?. Kondisi panas yang tinggi sudah tentu akan membuat hati orangtua sedih, cemas dan panik. Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi demam tersebut. Diantaranya dengan cara mengompresnya dengan menggunakan air dingin.

Loading...

Setelah panas atau demam anak turun, maka selanjutnya Anda bisa memberinya obat penurun panas demam. Sebagai pilihan orangtua yang memperhatikan kesehatan alami, maka Anda bisa menggunakan obat alami, dan mengesampingkan penggunaan obat-obatan kimia. Pengobatan untuk mengatasi demam pada anak, yaitu menggunakan berbagai jenis tanaman herbal.

Tanaman herbal tersebut dapat dengan mudah Anda dapatkan di sekitar lingkungan kita, jika tidak ada pun, Anda bisa membelinya pada kios obat-obatan alami, atau di pasar tradisional. Nah, tanaman apa saja yang bisa mengatasi demam pada anak, dan bagaimana cara menggunakannya?. Namun, sebelum kita bahas cara menurunkan demam pada anak secara alami, alangkah baiknya Anda juga mengetahui Gejala demam pada anak.

Gejala Demam Pada Anak

Cara mengatasi demam pada anak secara alami dan cepat
Sumber Gambar: www.webmd.com        Cara mengatasi demam pada anak secara alami dan cepat

Gejala-gejala demam yang terjadi pada anak-anak, bisa dilihat dari penyebab demam atau panas tersebut. Inilah gejala-gejalanya menurut penyebabnya, yaitu:

  • Diawali dengan pilek atau flu dan radang tenggorokan.
  • Efeksamping dari imunisasi
  • Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang disebabkan oleh bakteri atau virus.
  • Tumbuhnya gigi baru.
  • Diare, tifus, disentri, cacar air, demam berdarah, dan infeksi saluran kemih.
  • Pneumonia (Radang pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi).
  • Meningitis (Radang selaput otak).
  • Septikemia atau infeksi darah

Panas bisa dikatakan tinggi atau dapat membahayakan pada anak, manakala suhu badan anak tersebut mencapai 39 derajat celsius atau lebih. Suhu yang tinggi yang tidak kunjung turun menandakan adanya infeksi yang serius pada tubuh anak.

Loading...

Pada masalah panas ringan, biasanya akan menurun dengan sendirinya dalam beberapa waktu tanpa harus diobati. Namun pada kasus demam yang tinggi, maka perlu adanya penanganan atau pertolongan. Ada beberapa pertolongan yang bisa dilakukan oleh tua dengan mengompresnya menggunakan air dingin.

Cobalah dengan cara mengatasi demam pada anak dengan cara alami terlebih dahulu, sebelum Anda memutuskan untuk memberikan obat-obatan kimia. Obat kimia ini, bisa menimbulkan efek samping secara langsung atau pun dikemudian hari.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami

1. Kunyit

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Kunyit yang disebut dengan nama kunir ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan panas pada demam anak. kandungan kunyit antara lain, Curcumin, atsiri, turmeron, dan zingiberen yang mempunyai sifat antibakteri, antioksidan, dan inflamasi.

Cara menurunkan demam pada anak dengan kunyit cukup mudah, yaitu dengan mencuci 1 ruas kunyit  sampai bersih. Parut lalu tambahkan setengah gelas air panas, lalu kemudian aduk hingga rata. Setelah dingin peras dan ambil air perasannya. Tambahkan 1 sendok makan jeruk nipis dan madu, aduk hingga rata. Bagi menjadi 3 dan minum 3 kali sehari pada anak-anak yang mengalami panas. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa dengan cukup membaginya menjadi 2 gelas saja.

2. Temulawak

Kandungan pada temulawak memiliki manfaat untuk membantu menurunkan panas pada anak-anak. Dan temulawak sejak dulu dipercaya oleh masyarakat jawa sebagai obat warisan leluhur untuk demam. Selain itu, manfaat temulawak antara lain, untuk mengobati diare, mual, maag, mencret dan perut kembung.

Untuk mengatasi demam anak, berikut cara membuat ramuannya. Ambil 1 jari temulawak, parut dan tambahkan 100 ml atau setengah gelas air panas. Aduk sampai tercampur, setelah dingin peras dan campurkan setengah sendok madu dan minum 3 kali sehari pada anak-anak. ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengobati demam orang dewasa dengan dilebihkan dosis pemakaiannya.

3. Bawang Merah

Bawang merah merupakan sahabat setia para ibu rumah tangga. Namun tidak hanya untuk digunakan sebagai bahan bumbu untuk masakan, bawang merah bisa membantu mengatasi demam anak juga. Kandungan bawang merah seperti minyak atsiri, metilalin dan lainnya sangat membantu proses menurunkan panas pada demam anak Anda.

Cara membuat obat herbal bawang merah untuk demam adalah dengan mengupas 5 siung bawang merah, kemudian parut kasar saja dan tambahkan minyak kelapa secukupnya. Cara menggunakannya dengan membalurkannya ke ubun-ubun anak yang mengalami panas demam.

4. Air Kelapa Muda

Air kelapa mengandung banyak nutrisi diantaranya adalah kalium. Saat anak Anda mengalami panas, maka akan mengeluarkan banyak keringat. Untuk menurunkan keadaan panas yang dialaminya, sebaiknya Anda minumkan air kelapa muda.

Perbanyak minum air kelapa muda, maka panas pada demam anak akan berangsur-angsur menurun. Tidak hanya untuk anak-anak saja, minum air kelapa muda juga bisa menurunkan demam pada orang dewasa.

Ada hal yang perlu Anda ketahui, jika dengan menggunakan cara mengatasi demam di atas tidak bisa menurunkan panas anak, maka Anda bisa segera hubungi dokter untuk memeriksanya. Ada pun gejalanya demam yang harus Anda waspadai adalah sebagai berikut:

Gejala Demam Pada Anak Yang Berbahaya

Ada beberapa situasi demam yang harus Anda waspadai dan segera ke dokter untuk mengatasinya, yaitu:

  1. Sakit Kepala Yang Parah.
  2. Muntah terus menerus
  3. Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.
  4. Ruam pada kulit dan menyebar dengan cepat di bagian tubuh.
  5. Sakit jika kepala menunduk dan kaku.
  6. Sakit pada dada dan napas sesak.
  7. Kejang-kejang.
  8. Sakit saat buang air kecil.
  9. Gerakan otot dan panca indera melemah.
  10. Tanda-tanda dehidrasi pada anak, yaitu bibir dan mulut kering, jarang buang air besar, tak mau makan, detak jantung melemah dan kesadaran menurun.

Jika panas atau demam anak disertai dengan gejala-gejala di atas, maka segera periksakan ke dokter. Demikianlah cara mengatasi demam pada anak secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu. Salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Loading...

Leave a comment