7 Cara Mengatasi Gigi Sensitif (Ngilu) Secara Alami dengan Mudah

Cara mengatasi gigi sensitif (ngilu) secara alami dengan mudah. Masalah gigi sensitif ditandai dengan rasa ngilu dan linu saat makan atau minum yang dingin atau panas. Penyebab gigi sensitif yang terasa linu yaitu terjadinya pengikisan enamel gigi. Masalah gigi sensitif tersebut sering membuat aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu penting untuk segera memperbaiki dan mengatasinya.

Loading...

Ada banyak Cara mengatasi gigi sensitif yang biasa dianjurkan seperti dengan penggunaan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, atau dengan menggunakan obat gigi sensitif di apotik yang diresepkan oleh dokter. Namun jika Anda menyukai cara alami, ada cara ampuh untuk menghilangkan gigi ngilu terus menerus dengan kebiasaan yang sederhana. Untuk lebih jelasnya tentang cara mengatasi gigi sensitif permasalahan dan solusi, simak lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif dan Gigi Ngilu Terus Menerus

cara mengatasi gigi sensitif

Menurut penelitian Journal of American kedokteran gigi. Sekitar 1 dari 8 orang memiliki gigi ngilu atau sensitif yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, diantaranya cara menyikat gigi yang kurang benar, banyak mengkonsumsi makanan manis dan lainnya. Lantas, bagaimana memperbaiki masalah gigi sensitif tersebut?. Berikut beberapa cara mengatasi gigi sensitif dan gigi ngilu terus menerus, antara lain:

 

1. Menyikat Gigi yang Benar

Loading...

Menyikat gigi dengan benar merupakan salah satu mengatasi masalah gigi sensitif. Seperti yang diketahui menyikat gigi yang tidak benar dapat memicu gigi yang rentan pada suhu seperti linu dan ngilu. Menyikat gigi yang bisa membuat gigi menjadi sensitif yaitu menyikat gigi terlalu cepat, menyikat gigi terlalu lama atau terlalu sering. Hal itu bisa menjadikan enamel berkurang pada lapisan gigi yang mengakibatkan gigi Anda sensitif.

Oleh karenanya cara mengatasi gigi sensitif yaitu dengan menyikat gigi dengan lembut dan menggunakan pasta gigi sensitif terbaik yang direkomendasikan dokter. Penting pula menggunakan sikat gigi yang berbulu halus atau sikat gigi khusus gigi sensitif.

Baca juga: 7 Manfaat Garam Untuk Gigi dan Mulut Serta Cara Menggunakannya

2. Kurangi yang Manis Manis

Cara memperbaiki gigi sensitif berikutnya yaitu dengan mengurangi konsumsi minuman atau makanan manis. Makanan dan minuman manis dari gula ataupun sirup yang sering kita konsumsi berisiko merusak enamel gigi dan membuat gigi mudah ngilu atau menjadi sensitif. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi gigi sensitif yaitu hindari terlalu sering minum manis atau terlalu manis.

3. Minum Air Putih

Seperti yang disebutkan bahwa mengkonsumsi yang manis bisa menjadikan gigi menjadi sensitif dan mudah ngilu. Dan salah satu cara mengatasi gigi linu sensitif yaitu dengan mengimbangi atau memperbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis tersebut. Minum manis boleh tapi cobalah diikuti minum air putih dan berkumur untuk menghilangkan sisa-sisa gula yang menempel pada gigi. Berkumur setelah makan atau minum manis merupakan salah satu cara mengatasi gigi sensitif yang tepat.

4. Menggunakan Bulu Sikat yang Lembut

Cara mengatasi gigi ngilu atau sensitif bisa dilakukan dengan penggunaan sikat gigi yang memiliki bulu halus. Jika selama ini Anda menggunakan bulu sikat gigi yang biasa maka disarankan untuk menggantinya dengan sikat gigi yang khusus. Dengan penggunaan sikat lembut bisa menjadi cara  mengatasi gigi yang sensitif yang efektif.

5. Pasta gigi khusus gigi sensitif.

Cara mengatasi gigi ngilu dan sensitif bisa juga dengan menggunakan pasta pasta gigi sensitif terbaik seperti pasta gigi sensodyne. Sebagai review pasta gigi sensodyne tidak hanya mampu menghilangkan ngilu karena gigi sensitif saja namun bisa juga digunakan untuk menghilangkan gigi ngilu karena berlubang. Nah, jika Anda mengalami masalah gigi yang ngilu terus menerus, maka gunakan pasta gigi yang khusus seperti pasta gigi sensodyne untuk gigi ngilu karena sensitif dan ngilu karena gigi berlubang. Jangan pakai pasta gigi atau odol yang biasa.

6. Membilas dan kumur

Cara mengatasi gigi sensitif selanjutnya yaitu memperhatikan membilas dan berkumur. Kebiasaan membilas dan berkumur merupakan cara alami menghilangkan gigi sensitif. Setelah menyikat gigi dengan pasta gigi sensitif terbaik. kemudian bilas dengan berkumur pakai mouthwash. lakukan secara rutin setelah sikat gigi.

7. Hindari minuman asam

Cara mengatasi gigi ngilu atau sensitif yaitu dengan menghindari minuman yang asam atau terlalu asam. Ternyata minuman asam termasuk pemicu masalah gigi sensitif, yang termasuk minuman asam yang perlu dihindari untuk menghilangkan gigi linu atau ngilu diantaranya minuman  soda dan jus jeruk.

Demikianlah beberapa cara mengatasi gigi sensitif atau ngilu. Semoga info ini bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat.

Baca juga: Cara Merawat Gigi Anak Agar Tidak Rusak dan Berlubang

Loading...

Leave a Comment