5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Karena Flu

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi karena flu dengan mudah. Jika anak sedang mengalami flu atau influenza, biasanya akan susah tidur, rewel dan pada tingkat yang lebih parah lagi si anak tidak mau lepas dari gendongan atau pelukan. Pilek pada anak menjadikan hidung tersumbat atau mampet, batuk yang membuat kita khawatir dan merasa kasian melihatnya. Mengatasi hidung tersumbat pada anak atau bayi bisa dilakukan dengan cara tradisional, seperti menggunakan ramuan dapur yang bisa Anda buat sendiri di rumah. seperti bawang putih atau bawang merah yang dicampur minyak telon atau minyak kayu putih.

Loading...

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak secara baik dan benar akan melegakan pernapasan si anak dan cara mengeluarkan ingusnya. penyebab hidung mampet pada anak atau bayi biasanya disebabkan oleh flu atau pilek. Saat bayi atau anak pilek maka  lendir atau ingus yang ada di hidung sehingga membuatnya susah untuk bernapas. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak karena flu, simak lebih lanjut di bawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Secara Alami dan Tradisional

cara mengatasi hidung tersumbat pada anak

Bayi usia 6 bulan sampai anak 2 tahun rentan terserang flu atau pilek. Saat anak mengalami flu maka hidung menjadi tersumbat, susah bernapas, demam dan susah tidur. Tak perlu khawatir dan terburu-buru memberinya obat-obatan flu, karena Anda bisa lakukan penyembuhan yang ampuh dan mudah untuk menyembuhkannya. Berikut ini cara mengatasi hidung tersumbat pada anak, yaitu:

1. Bawang Putih

Loading...

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak karena pilek yang jitu yaitu dengan menggunakan cara tradisional. Untuk bayi hingga usia 2 tahun yaitu dengan uap dengan cara air panas ditambahi irisan bawang putih, lalu si anak ditengkurapkan diatas pangkuan dan di tepuk-tepuk pelan bagian punggung. Hal itu merupakan cara mengeluarkan ingus pada bayi. Setelah itu, oleskan balsam bayi atau bisa menggunakan minyak telon pada bagian pundak, dada dan keningnya. Kemudian, ambil 1 ruas temu kunci (bumbu dapur) yang dihaluskan dan tempelkan pada keningnya. Jangan lupa berikan banyak minum.

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

2. Minyak Telon Atau Kayu Minyak Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa hangat. Gosokkan minyak telon atau minyak kayu putih pada tubuh anak. Dan cara mengeluarkan ingus pada bayi atau anak yaitu dengan menghirupkan uap dari air panas yang ditetesi minyak telon agar ingus dalam hidung keluar.

3. Bawang Merah

Menaruh bawang putih yang dikupas pada pojok-pojok kamar merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang disebabkan karena pilek atau flu. Bawang merah dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di kamar. Selain itu, dengan menaruh kupasan bawang tersebut bisa menyegarkan udara di sekitar kamar dari pengap.

4. Pijatan

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan bayi bisa dilakukan dengan pemijatan. Pertama olesi tubuh si kecil dengan minyak telon, lalu gosok di dada dengan gerakan tangan menyilang bergantian. Setelah itu oleskan juga pada area hidung dengan menggunakan  dua jari telunjuk ke arah atas melintasi bawah mata, bagian belakang telinga dan leher. Ulangi 2 sampai 3 kali dan hidung mampet anak pun akan hilang.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa meringankan hidung tersumbat pada anak dan bayi Anda. Namun tidak hanya memandikan saja, cara mengatasi hidung tersumbat pada anak biar lebih ampuh dengan penggunaan balsem bayi setelah memandikannya. Oleskan balsem bayi pada area leher depan dan belakang. Satu lagi cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yaitu menaruhkan mangkuk yang berisi minyak kayu putih di dekatnya. Hal itu juga  merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari.

Demikianlah pembahasan tentang car mengatasi hidung tersumbat pada anak karena flu dan pilek. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional

Loading...

Leave a Comment