Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Mudah Tanpa Obat

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan mudah tanpa obat. Masalah hidung tersumbat pasti semua orang pernah mengalaminya dari mulai bayi hingga orang dewasa. Hidung tersumbat bisa membuat orang menjadi terganggu khususnya saat tidur. Pada umumnya hidung tersumbat sering terjadi saat sedang mengalami flu atau pilek yang terjadi karena adanya lendir yang menutupi rongga dalam lubang hidung. Dalam keadaan yang demikian seseorang susah untuk bernafas. Jika saat ini Anda mengalaminya, maka tak perlu khawatir, ada langkah mudah untuk mengatasinya.

Loading...

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami diyakini mampu hidung mampet berkepanjangan tanpa harus mengkonsumsi obat hidung tersumbat di apotik. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut tentang penanganan hidung tersumbat, ada baiknya Anda ketahui penyebabnya. Penyebab hidung tersumbat bisa dikarenakan oleh infeksi, alergi, cuaca dingin atau masalah kesehatan hidung. Nah, agar lebih jelasnya tentang cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat, simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Benar dan Mudah

cara mengatasi hidung tersumbat

Keadaan hidung tersumbat atau hidung mampet berkepanjangan tentu membuat seseorang menjadi tak nyaman. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati hidung tersumbat tersebut. Diantaranya yaitu minum banyak air, mandi air hangat atau mengompres dengan air hangat dan lainnya. Berikut ini ulasan lengkap tentang cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan cepat, adalah:

1. Ramuan Madu

Loading...

Cara mengatasi hidung tersumbat yang ampuh bisa dilakukan dengan memanfaatkan madu. Minuman madu ini dibuat dengan menambahkan sari limau yang dicampurkan ke dalam air panas. Diamkan agar hangat kemudian meminumnya secara teratur selama mengalami hidung mampet berkepanjangan.

Baca juga:  Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Karena Flu

2. Minuman Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat alami yang bisa dengan cepat meringankannya yaitu dengan minum minuman yang hangat. Disamping itu, minum minuman hangat bisa berguna sebagai obat hidung tersumbat dan tenggorokan sakit yang ampuh.

3. Berjalan

Saat mengalami hidung tersumbat dianjurkan untuk tidak berlama lama duduk atau rebahan. Hal itu menyebabkan hidung menjadi mampet berkepanjangan atau awet. Berdiri dan berjalan adalah cara mengatasi hidung mampet yang mujarab. Dengan berjalan-jalan akan memudahkan lendir yang menutupi rongga hidung keluar dan hilang.

4. Minum Banyak Air

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan mudah lainnya yaitu dengan banyak mengkonsumsi air. Minum banyak air berguna untuk menjaga cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Selain air putih, bisa dengan minuman olahraga, teh dan jus. Penuhi kebutuhan cairan selama mengalami hidung tersumbat dengan minum air tersebut minimal 8 gelas sehari.

5.Tidur Miring

Tidur dengan posisi miring merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang ampuh. Tidur miring dapat membantu mengatasi hidung tersumbat sebelah, hidung tersumbat karena flu, dan hidung mampet berkepanjangan. Saat mengalami hidung tersumbat sebelah kanan maka cobalah untuk tidur miring ke kiri atau sebaliknya. Teknik ini sangat ampuh untuk dijadikan cara melegakan hidung yang tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara miring ini akan membuat lendir pindah dari kanan ke kiri. Untuk mengatasinya, sebelum lendir itu pindah dan menyumbat hidung yang satunya lagi segeralah untuk berdiri dan mengeluarkan ingus tersebut.

6. Pijatan

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan mudah yaitu dengan teknik pijatan atau tekanan. Anda bisa mencoba teknik dan rasakan hasilnya. Pertama tekan langit-langit mulut dengan ujung lidah. Kemudian, lepaskan lidah dan tekan titik di antara alis dengan jari telunjuk dan jari tengah. Ulangi melakukan hal ini selama kurang lebih 20 detik. Jika masih belum bisa bernapas leluasa karena hidung tersumbat, Pakai cara berikut ini. Posisikan kepala agak ke belakang lalu jepit kedua sisi luar lubang hidung dengan jari tangan lalu tahan napas selama yang Anda mampu. Tarik kepala ke depan ketika mengembuskan napas maka hidung akan bebas dari rasa tersumbat.

7. Makan Makanan Pedas

Cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini sangat mudah dan banyak orang banyak yang mengetahuinya. Makan makanan yang pedas akan membuat kita mudah ingusan. Nah ketika  mengalami masalah hidung tersumbat maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan  pedas supaya memancing ingus atau lendir itu keluar. jika sudah keluar selanjutnya segera mengeluarkannya.

Sebagai tambahan informasi tentang cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dengan cepat. Berikut ini ada beberapa tips untuk mempercepat proses pengobatannya, adalah sebagai berikut:

  • Hindari sumber alergi. Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh alergi musiman atau reaksi alergi terhadap debu, jamur dan serpihan kulit hewan. cara mengatasi hidung tersumbat karena alergi yaitu dengan menjaga kebersihan rumah dan mobil dan lingkungan sekitar. Lakukan penyedotan debu secara berkala secara rutin dan ganti seprai beberapa kali seminggu, terutama sarung bantal.
  • Hindari produk susu. Ketika mengalami hidung tersumbat mengkonsumsi susu atau olahan susu akan memperparah mampetnya. Selain susu, dianjurkan pula untuk keju, dan produk olahan susu lainnya.

Demikianlah cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan mudah tanpa obat. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan berguna mengobati masalah hidung mampet. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Menyembuhkan Batuk dan Flu dengan Cepat dan Alami Tanpa Obat

Loading...

Leave a Comment