8 Cara Mengatasi Insomnia Berat atau Akut Secara Alami dan Tradisional

Cara mengatasi insomnia berat atau akut secara alami dan tradisional. Insomnia adalah masalah kesulitan untuk tidur atau kekurangan tidur. Pada penderita insomnia akan berdampak langsung pada saat bangun pagi, yaitu merasa lelah sehingga mengganggu aktivitas harian mereka. Pada penyakit insomnia berat atau akut akan menimbulkan kehilangan tidur yang parah yang selanjutnya menjadikan masalah-masalah pada kesehatan tubuh dan risiko terkena penyakit. Menghilangkan susah tidur ringan bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan yang dilakukan sebelum tidur seperti menghindari minum kopi, merokok, dan lainnya. Dengan menghindari zat-zat penyebab susah tidur tersebut maka akan mencegah insomnia menjadi akut atu kronis.

Loading...

Cara mengatasi insomnia akut, kronis,  dan berat atau tingkah sedang bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat dan menerapkan kebiasaan yang positif sepanjang hari. Menghilangkan insomnia berat juga bisa dilakukan dengan cara tradisional dengan membuat ramuan obat insomnia paling ampuh yaitu dengan meramu tanaman herbal yang terbukti manfaatnya untuk susah tidur. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi insomnia secara alami dan tradisional, simak penuturannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Insomnia Berat dan Akut Secara Alami

cara mengatasi insomnia

Insomnia bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria bahkan anak kecil. Pada umumnya masalah kesulitan tidur banyak dialami oleh orang dewasa karena faktor stres. Banyak penyebab yang membuat susah tidur, antara lain minum kopi, merokok, pengaruh obat-obatan seperti obat masuk angin dan alergi. Dengan menghindari penyebab insomnia tersebut maka akan mencegah terjadinya susah tidur pada malam hari. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengatasi insomnia secara alami dan ampuh, yaitu:

1. Buat Kesibukan Sebelum Tidur

Loading...

Cara mengatasi insomnia agar tidak menjadi parah dan akut dengan membuat aktivitas sebelum tidur. Lakukan beberapa aktivitas ringan yang memerlukan konsentrasi seperti membaca buku atau merendam kaki pada air hangat. Dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas menonton tv atau menjalankan laptop karena itu akan menyebabkan susah tidur. Hal ini dikarenakan cahaya pada televisi dan laptop bisa merangsang kerja otak yang menyebabkan sulit tidur setelahnya. Beda dengan membaca buku, hal itu justru akan menjadikan mata mengantuk dan cepat tidur.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Insomnia Alami Tanpa Obat dengan Pengobatan Secara Herbal

2. Lakukan Aktivitas Pada Siang hari

Orang yang selalu beraktivitas pada siang hari maka akan lebih lelah dan mengantuk pada malam harinya. Namun akan berbeda jika, seseorang yang pada siang harinya tidak banyak aktivitas maka malam akan susah tidur. Ditambah lagi dengan melakukan kebiasaan tidur siang yang lama, maka akan memperparah masalah insomnia tersebut menjadi akut. Intinya cara mengatasi insomnia secara alami yang ampuh dengan banyak beraktivitas dan menghindari tidur siang. Tapi jika Anda memerlukan tidur siang karena terlalu lelah atau tubuh mengharuskan untuk istirahat, maka batasi tidur siang Anda. Lakukan selama 25 sampai 30 menit dan dilakukan sebelum jam 3 sore.

3. Menghindari Penyebab Susah Tidur

Cara mengatasi insomnia akut selain melakukan kebiasaan di atas tadi, penting juga menghindari penyebab susah tidur. Seperti yang telah disebutkan bahwa perlu menghindari zat zat penyebab insomnia seperti kafein, nikotin dan obat masuk angin serta obat alergi. Dengan tidak minum kopi atau merokok atau mengkonsumsi obat-obatan sebelum melakukan tidur bisa membantu membuat Anda menjadi mudah mengantuk dan tidur lebih baik.

4. Hindari Olahraga Malam

Cara mengatasi insomnia akut, berat atau sedang yaitu dengan tidak melakukan aktivitas olahraga. Berolahraga memang menyehatkan, Namun jika dilakukan pada malam hari akan menjadikan kesulitan tidur. Alangkah baiknya jika berolahraga dilakukan pada pagi atau sore hari selain akan menyehatkan badan akan membantu tidur Anda akan lebih baik. Sebagai pengganti olahraga malam bisa dengan melakukan meditasi ringan dengan mengatur nafas agar tubuh menjadi rilek dan cepat tidur.

5. Jauhi Ngemil Malam

Ternyata ngemil selain bisa menjadikan seseorang menjadi mudah gemuk, bisa juga menimbulkan susah tidur. Nah, untuk cara mengatasi insomnia selanjutnya yang efektif yaitu dengan menghindari aktivitas makan atau ngemil sebelum tidur. Memang perut kosong bisa menyebabkan susah tidur, namun terlalu kenyang juga mengakibatkan insomnia bertambah parah dan akut. Solusi untuk mengatasi masalah susah tidur sebaiknya dengan menjadwalkan kegiatan makan, lakukan makan malam atau aktivitas makan terakhir 3 jam sebelum tidur. Ini juga merupakan salah satu cara mengatasi insomnia atau susah tidur menurut islam yang menyarankan untuk tidak tidur dalam keadaan yang terlalu kenyang.

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur merupakan cara mengatasi insomnia. Lakukan dengan mandi di bawah guyuran air hangat atau pancuran. Hal ini bermanfaat akan membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks dan aliran darah menjadi lebih lancar yang akan membuat tidur menjadi lebih baik. Disarankan bagi penderita insomnia berat atau akut untuk mandi malam dengan air hangat, dan dilanjutkan dengan minum air putih yang hangat.  Lebih bagus  lagi untuk cara menghilangkan insomnia akut dengan memakai kaos kaki dan tangan setelah mandi agar lebih hangat.

Cara Mengatasi Insomnia Akut Secara Tradisional dan Alami

Memiliki kesulitan tidur memang mengganggu kesehatan dan kenyamanan istirahat. Tak jarang orang akan terlihat pucat saat kurang tidur. Tidak hanya itu saja, Susah tidur yang berlangsung lama akan menimbulkan efek samping pada kesehatan, seperti kurang darah atau anemia, bahkan penyakit-penyakit lainnya. Untuk itu, pengobatan insomnia meski cepat dilakukan. Untuk mengobati insomnia tidak hanya dilakukan dengan mengkonsumsi obat insomnia di apotik atau obat-obatan insomnia di pasaran. Anda bisa membuat sendiri obat insomnia paling ampuh untuk menghilangkan insomnia berat. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini cara mengatasi insomnia akut dengan tradisional, yaitu:

1. Minyak Bunga Lavender

Cara menghilangkan insomnia akut secara alami yaitu dengan menggunakan minyak lavender untuk aromaterapi. Manfaat minyak lavender dipercaya bisa mengurangi stres dan membuat rasa tenang serta nyaman. Anda bisa membuat sendiri ramuan herbal dengan menggunakan bunga levender yang direbus,  atau bisa juga dengan membelinya yang sudah jadi. Berikut ini cara mengatasi insomnia akut dengan minyak lavender, yaitu:

  • Sediakan minyak lavender dan gunakan untuk memijat kulit, hindari area sensitif seperti hidung, mata dan mulut saat memijat dengan minyak lavender
  • Anda mencampurkan minyak lavender dengan air hangat pada bak atau wadah yang besar untuk merendam kaki
  • Atau bisa juga dilakukan penyemprotan ruangan dengan menggunakan minyak lavender yang ditambahkan sedikit air.

2. Ramuan Tradisional Insomnia

Cara mengatasi insomnia selanjutnya dengan meramu bahan-bahan herbal untuk dibuat menjadi obat insomnia paling ampuh yang berguna sebagai cara mengatasi penyakit insomnia akut tersebut. Berikut ini cara membuat obat insomnia paling ampuh secara tradisional, yaitu:

  • Siapkan 50 gram daun kankung, 50 gram jinten hitam, 50 gram ketumbar dan 50 gram daun pegagan
  • Cuci semua bahan selain jinan hitam dan ketumbar. Kemudian tumbuk ketumbar dan jinten hitam tersebut hingga halus
  • Rebus menggunakan air sebanyak 3 gelas hingga menjadi setengahnya
  • Minum secara rutin setiap hari pada malam sebelum tidur.
  • Dengan meminumnya secara rutin dan teratur maka penyakit insomnia akut akan teratasi.

Untuk informasi tambahan untuk cara mengatasi insomnia secara alami, yaitu dengan mengikuti beberapa cara mudah yang bisa digunakan sebagai tips mengatasi sulit tidur tanpa obat. Berikut ini tipsnya:

  • Hindari menonton televisi dekat dengan jam tidur atau beraktivitas lain yang serupa seperti menggunakan laptop atau ponsel
  • Jadikan tempat tidur hanya sebagai tempat istirahat. Maka sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah susah tidur dengan menggunakan tempat tidur sebagai tempat aktivitas lain, seperti main laptop atau sekedar chatting dengan ponsel
  • Gunakanlah cahaya yang sedikit redup untuk penerangan kamar saat mau tidur. Hal ini dimaksudkan agar mata nyaman saat terpejam. Hindari menyalakan lampu yang terang saat akan tidur yang akan menjadikan mata kurang baik dalam beristirahat.
  • Mengatur jam tidur sangat penting untuk menyembuhkan masalah susah tidur. Dengan dibiasakan jam tidur maka akan  membuat pola kebiasaan yang baik yang membantu memperbaiki jam tidur Anda. Tentukan jam berapa Anda harus tidur, dan persiapkan diri sebelum melakukan istirahat dengan melakukan aktivitas yang butuh konsentrasi seperti nonton televisi.

Demikianlah beberapa tips mengatasi sulit tidur tanpa obat dengan uraian tentang cara mengatasi insomnia berat atau akut ini bisa berguna bagi pembaca semua khususnya yang sedang mengalami kesulitan tidur. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Wanita Hamil

Loading...

Leave a Comment