Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal Berlebihan dan Berbau Secara Alami

Cara mengatasi keputihan yang gatal berlebihan dan berbau secara alami. Keputihan adalah kondisi yang normal dan biasa dialami wanita. Namun, keputihan bisa menjadi tidak normal (abnormal) atau berlebihan saat timbul gejala seperti bau yang tak sedap dan gatal-gatal yang berlebihan. Keputihan sebenarnya merupakan gejala normal dan sehat pada wanita. Keputihan merupakan cairan yang diproduksi oleh leher rahim dan dinding vagina. Cairan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan organ intim wanita tersebut.

Loading...

Cara mengatasi keputihan yang gatal dan berbau tak sedap bisa dilakukan dengan menggunakan obat keputihan gatal di apotik dengan resep dokter. Namun, ada cara lain mengobati keputihan abnormal tersebut yaitu dengan cara alami yang mudah untuk dipraktekkan di rumah. Cara alami mengobati keputihan yang berlebihan bisa dengan memanfaatkan tanaman herbal atau bahan-bahan alami lainnya. Selain itu, bisa juga dengan melakukan perawatan. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengatasi keputihan yang berlebihan, gatal dan berbau tak sedap. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami dan Tradisional

cara mengatasi keputihan

Keputihan yang normal ditandai dengan warna cairan berwarna putih susu atau bening dan tidak berbau. Nah, jika Anda saat ini mengalami keputihan yang berlebihan dan gatal, hal itu menandakan keputihan yang tidak normal dan mengobati keputihan tersebut dengan tepat dan benar. Berikut ini cara mengatasi keputihan yang gatal dan berlebihan secara alami, yaitu:

1. Daun sirih

Loading...

Cara mengatasi keputihan yang gatal dan berbau tak sedap dengan daun sirih memang sangat ampuh. Manfaat daun sirih untuk kecantikan maupun kesehatan wanita sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Diantara kegunaan daun sirih yaitu sebagai penghilang bau secara alami. Selain itu, bisa membantu menjaga daerah organ intim kewanitaan agar tetap bersih karena kandungan Zat eugenol, Zat antibakteri, dan Zat antiseptik. Berikut cara mengobati keputihan dengan daun sirih adalah:

  • Rebus 10 lembar daun sirih kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci daerah kewanitaan anda. Lakukan secara teratur agar bau tidak sedap akibat keputihan hilang secara alami.
  • Anda juga bisa meminum rebusan air daun sirih tersebut 2 sampai 3 kali sehari agar menyembuhkan keputihan yang gatal dan bau dengan cepat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Dengan Ramuan Tradisional

2. Akar Mawar

Cara mengatasi keputihan yang berlebihan selanjutnya yang ampuh yaitu dengan memanfaatkan akar mawar. Tanaman mawar ini memiliki khasiat beragam mulai dari bunganya yang bisa dipakai sebagai masker wajah sampai akar nya untuk mengobati keputihan yang gatal dan berbau tak sedap. Nah, berikut ini cara mengobati keputihan dengan akar mawar sangat mudah. Caranya, Ambil akar tanaman mawar yang masih segar kemudian cuci dengan air bersih. Rebus secukupnya lalu minum secara teratur sebagai obat tradisional penyakit keputihan.

3. Biji Mangga

Buah mangga ternyata bisa dijadikan obat tradisional keputihan. Dengan memanfaatkan bijinya maka masalah keputihan yang berlebihan akan tersembuhkan. Cara mengatasi keputihan yang gatal dan berlebihan dengan biji mangga adalah sebagai berikut:

  • Keringkan biji buah mangga yang sudah dibersihkan sampai¬† kering.
  • Setelah itu giling hingga menjadi bubuk.
  • Tambahkan sedikit air ke dalam bubuk biji buah mangga hingga terbentuk pasta.
  • Oleskan pasta ini di bagian luar organ kewanitaan untuk mengobati keputihan.
  • Diamkan sebentar saja dan bilas dengan air bersih.

4. Akar Rimpang

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan perempuan dan mengobati keputihan abnormal bisa dengan menggunakan akar rimpang. Umbi akar dari tanaman bunga kana (bunga tasbih) ini dapat menjadi cara tradisional mengobati keputihan yang ampuh. Anda cukup meramunya dengan mudah. Cara mengatasi keputihan secara alami dengan akar rimpang yaitu dengan menyediakan  rimpang kering tanaman kana, kemudian ditim bersama beras ketan dan diminum airnya. Lakukan rutin minum 1 kali sehari selama mengalami keputihan yang gatal dan berbau maka akan segera teratasi.

5. Daun Kemangi

Cara mengatasi keputihan secara alami yang ampuh yaitu dengan daun kemangi. Daun kemangi sering dipakai sebagai lalapan segar. Namun tahukah bahwa daun kemangi bisa mengobati keputihan secara alami. Kandungan senyawa anetol dan boron yang terdapat pada daun kemangi bisa berfungsi merangsang hormon esterogen. Selain itu,  senyawa eugenol pada daun kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Daun kandungan lainnya yaitu Zat stigmaasterol akan membantu mematangkan sel telur (ovulasi) dan zat seng akan mengurangi sekresi cairan pada daerah kewanitaan.

Cara mengatasi keputihan yang berlebih dengan daun kemangi tidak sulit, yaitu dengan mengkonsumsi daun kemangi sebagai menu makan tambahan untuk mencegah munculnya penyakit keputihan yang abnormal. Lakukan dalam jangka waktu 3 – 7 hari.

Baca juga: Manfaat Jus Untuk Mengobati Keputihan Pada Wanita

6. Kunyit

Cara mengatasi keputihan yang ampuh secara alami bisa dengan memanfaatkan tanaman herbal yaitu kunyit. Kunyit memiliki Kandungan antiseptik dan antibakteri alami yang sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan secara alami dan tradisional. Berikut cara mengobati keputihan berlebihan dengan kunyit, adalah:

  • Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 potong gula aren, 1 gagang buah asam , dan 1 genggam daun beluntas.
  • Rebus semua bahan tersebut dengan 1 liter air sampai mendidih.
  • Saring dan minum secara teratur 1 gelas sehari, maka gatal dan bau pada keputihan akan hilang.

7. Jahe

Selain kunyit, jahe juga merupakan salah satu bahan alami yang ampuh mengobati masalah keputihan yang gatal dan berbau tak sedap. Manfaat jahe untuk keputihan yaitu dapat membantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri di area miss v. Berikut cara mengatasi keputihan dengan jahe yaitu:

  • Siapkan 1 ruas jahe cuci dengan air kemudian tumbuk kasar.
  • Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih.
  • Saring dan minum dalam keadaan hangat secara rutin 1 kali sehari selama keputihan.

8. Buah Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang baik dikonsumsi selama mengalami keputihan yang berlebihan. Saat keputihan yang gatal dan berbau tak sedap, buah berwarna kuning ini membantu wanita untuk mengatasinya. Cara mengatasi keputihan dengan pisang sangat mudah, caranya dengan memakannya buah pisang 2 kali sehari. Lakukan secara rutin setiap hari selama keputihan. Manfaat makan pisang saat keputihan berlebihan mampu mengobati gangguan reproduksi dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh wanita.

9. Bawang Putih

Cara mengatasi keputihan secara alami dan ampuh dengan cepat selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Dan cara alami ini sudah dilakukan orang sejak lama dan terbukti mengobatinya dengan cepat. Mengobati keputihan yang berbau tak sedap dan gatal dengan bawang putih bisa dilakukan dengan menyediakan 1 siung bawang putih kemudian potong menjadi 2 bagian. Letakkan bawang putih tersebut di area kewanitaan semalaman. Dan keesokan harinya dibersihkan dengan air sampai bersih.

10. Biji Ketumbar

Bahan alami untuk mengobati keputihan abnormal yang ampuh lainnya yaitu ketumbar. Dengan menggunakan bijinya mampu mengatasi keputihan yang gatal dan berlebihan. Anda cukup meramunya secara tradisional biji ketumbar dan meminumnya. Berikut ini cara mengatasi keputihan dengan biji ketumbar, yaitu:

  • Siapkan setengah gelas biji ketumbar, kemudian rendam semalaman.
  • Keesokan harinya minum rendaman biji ketumbar tersebut sebelum makan.
  • Lakukan setiap pagi selama keputihan maka akan membantu mengobatinya secara alami.

11. Cuka Apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Diantara khasiatnya bisa membantu mengobati keputihan yang berlebihan dan berbau tak sedap. Anda bisa memanfaatkan cuka apel dan madu untuk minuman tradisional keputihan yang mujarab. Berikut ini cara mengatasi keputihan dengan cuka apel, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok cuka apel dan 1 sendok makan madu.
  • Campurkan ke dalam 1 gelas air hangat kemudian aduk hingga tercampur rata.
  • Minum 1 gelas setiap hari saat mengalami keputihan yang gatal dan berbau tak sedap, maka rasakan khasiatnya.

Sebagai informasi tambahan cara mengatasi keputihan yang berlebihan gatal dan berbau. Berikut ini beberapa tips atau langkah-langkah yang benar untuk mengobati keputihan selain menggunakan bahan alami diatas.

  • Pastikan semua pakaian luar maupun pakaian dalam selalu bersih.
  • Banyak makan sayuran hijau.
  • Hindari stres atau depresi.
  • Hindari makanan yang meningkatkan suhu tubuh, seperti nanas, lemak, daging dan ikan laut.
  • Perbanyak minum air putih dengan lebih dari 8 gelas per hari.
  • Gunakan panty liner atau pembalut yang tipis.
  • Hindari makanan berlemak dan minuman kopi.
  • Hindari memakai celana yang terlalu ketat.
  • Kenakan celana dalam yang berbahan katun dan tidak mengenakan celana dalam saat tidur.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi keputihan yang gatal berlebihan dan berbau tak sedap secara alami. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda pembaca semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 3 Jus Buah Untuk Menghilangkan Keputihan dan Cara Membuatnya

Loading...

Leave a Comment