[Terbukti] 4 Cara Mengatasi Ketidaksuburan Wanita Agar Cepat Hamil

Ketidaksuburan atau kemandulan  (infertilitas) merupakan  penyebab utama seorang wanita lama atau tidak hamil, sehingga sangat sulit untuk memiliki anak.

Loading...

Ketidaksuburan dapat diatasi antara lain dengan perubahan gaya hidup. Kebiasaan merokok, minum alkohol, narkoba, dan kebiasaan lainnya. Cara mengatasi ketidaksuburan wanita dapat diatasi dengan memperbanyak aktivitas, seperti membaca, berolahraga, belajar agama dan sebagainya.

Konsumsi buah dan sayur segar merupakan salah satu untuk mengatasi ketidaksuburan. Dengan Rutin mengkonsumsi buah dan sayuran akan meningkatkan kesuburan seorang wanita. Memang banyak cara dan metode untuk mengatasi ketidaksuburan pada wanita.

Inilah Cara Mengatasi Ketidaksuburan Wanita

Cara mengatasi ketidaksuburan  wanita, selain mengubah gaya hidup, beberapa tehnik berjimak mungkin perlu diubah. Dr. Boyke menyarankan agar wanita meletakkan bantal dibawah pantatnya saat bersenggama dengan suami.”Tentu saja dalam posisi istri dibawah,”Katanya.

Setelah itu, si wanita segera melakukan posisi seperti bersujud. Posisi ini memungkinkan airmani atau semen dapat mencapai serviks secara sempurna. Dia juga menyarankan agar suami istri tidak terlalu sering bersenggama. Setidaknya buatlah selang waktu satu hari.

Loading...

Banyak metode sebagai cara mengatasi ketidaksuburan wanita, yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih obat penyubur yang diberikan oleh dokter ahli. Misalnya dengan teknik bantu kehamilan dengan donor sel telur atau airmani, teknologi bayi tabung dan lain sebagainya.

1. ICSI

Cara mengatasi ketidaksuburan wanita yaitu ICSI adalah teknik menyuntikkan atau menanam satu airmani ke sel telur dan embrio, lalu meletakkannya dalam tuba falopi atau uterus. Beberapa metode itu membutuhkan biaya yang sangat mahal, karena perlu alat yang berteknologi tinggi dan tingkat keberhasilannya relatif rendah, misalnya bayi tabung.

cara mengatasi ketidaksuburan wanita

Secara tradisional ada juga teknik yang digunakan sebagai cara mengatasi ketidaksuburan  wanita dengan biaya tak terlalu mahal. Teknik-teknik meningkatkan kesuburan wanita yang dikutip dari Alternatif Medicine, seperti pijat maya, yoga, dan akupuntur dapat menjadi alternatif, tentu semua tergantung Anda.

2. Teknik Pijat

Ada satu pijat sebagai cara mengatasi ketidaksuburan wanita yang sempat dipopulerkan di Amerika Serikat dan Eropa oleh Dr.Rosita Arvigo, dokter ahli naprapattik. Teknik yang disebut The Arvigo Techniques of Maya Abdominal Masage (ATMAM). Teknik ini memusatkan pijatan di sekitar peranakan atau kandungan serta tidak bersifat membahayakan.

Pijatan luar ini bertujuan untuk reposisi uterus dan organ-organ perut lainnya serta mengoreksi kesalahan tulang sehingga meningkatkan aliran darah, impuls saraf, cairan limfa, dan energi ke organ-organ tersebut.

Don Elijio Panti, penyembuh dari suku shaman maya di Amerika Tengah, Guru dari Dr. Rosita menyakini bahwa pusat wanita ada di uterus. Jika uterus tidak seimbang, demikianlah yang terjadi padanya,” Ujar Elijio.

3. Atmam

Anda bisa melakukannya sendiri teknik pijat ini, begini cara latihan yang diberikan oleh Chaterine S. Gregory, praktisi pijat perut maya bersertifikat yang tinggal di Colorado, AS.

Baca juga: Resiko Menunda Kehamilan Pada Wanita

Berikut teknik pijat maya atau teknik ATMAM, sebagai cara mengatasi ketidaksuburan wanita:

  • Lepaskan pakaian Anda, ganti dengan pakaian yang longgar. Jangan lupa buang air kecil terlebih dahulu. Berbaringlah dengan meletakkan bantal dibawah lutut. Rileks dan ambil nafas dalam selama beberapa menit.
  • Taruh Kedua tangan pada tulang pinggang, lipat dan masukkan ibu jari ke jari-jari yang lain yang menutup rapat. Meski tergenggam, letakkan tangan secara rileks sambil membentuk cangkul.
  • Gosok atau gesekkan tangan ke tulang pinggang menuju pusar sambil menekan dalam-dalam senyaman mungkin.
  • Selanjutnya saat menghembuskan nafas, bila Anda tidak nyaman atau sedikit sakit, lakukan gerakan menggesek sepelan mungkin dan tidak perlu mencapai pusar. Bernapaslah dalam dan pelan, lalu embuskan napas saat Anda menekan perut.
  • Ulangi gerakan ini dari tulang pinggang menuju pusar, setidaknya waktu 2 menit. Kalau Anda merasa sakit atau nyeri, kurangi tekanan tapi teruskan pijatan ke atas dan dalam di sepanjang tempat yang menurut Anda terasa nyaman dan enak. Kalau Anda merasa tidak nyaman selepas pijat, iatirahatlah sejenak sebelum memulai lagi dengan sentuhan yang lebih lembut.

4. Akupuntur

Akupuntur atau tusuk jarum adalah salah satu teknik pengobatan cina atau TMC (Traditional Chinese Medicine). TMC memandang kesuburan lewat lensa energi yang menghidupi pasien (Chi).

Menurut Stephanie Gianarelli,Lac, Pemilik Acupunture Northwest The Seatle, Amerika serikat, ketidakseimbangan energi di organ limpa, liver, dan ginjal menyebabkan tidak teraturnya menstruasi.

Dengan meningkatkan kesehatan di organ-organ tersebut lewat tusuk jarum dan mengubah gaya hidup, seorang wanita dapat kembali subur dan sehat secara keseluruhan.

Jurnal Fertily and Sterily yang terbit di jerman 2002 mengungkapkan bahwa angka kehamilan meningkat sampai 42,5 persen pada wanita yang menjalani tusuk jarum di organ reproduksi dibandingkan mereka yang tidak (26,3 persen).

Tusuk jarum memiliki efek sedatif (menidurkan) bagi sist, sistem saraf, sehingga membuat orang menjadi tenang dan meredakan stres. Saat stres meningkat, hormon reproduksi tidak akan bekerja dengan baik, jadi akupuntur mampu meningkatkan fungsi kesuburan karena menyeimbangkan seluruh sistem tubuh.

Namun demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menilai masa subur seseorang, yaitu:

  • Anda dapat menghitung masa subur Anda, dengan menggunakan sistem kalender, hal ini merupakan cara natural atau alamiah yang digunakan. Bila Anda mempunyai siklus menstruasi yang teratur. Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi Anda dalam 3 bulan terakhir berturut-turut (tanggal hari pertama Haid). Dan sebaiknya pada wanita dengan siklus mentruasi yang tidak teratur akan sulit untuk menilai masa subur dengan cara ini. Perhitungkan masa subur berdasarkan masa subur atau ovulasi yang terjadi pada hari ke 14 dari menstruasi yang akan datang dan dikurangi dua hari, karena airmani dapat hidup selama 48 jam setelah ejakulasi serta ditambah 2 hari, karena sel telur bisa hidup 48 jam setelah ovulasi. jadi misalnya siklus haidnya 28 hari dan haid terakhir terjadi pada tanggal 1, tanggal haid berikutnya adalah tanggal 28. Dengan demikian perkiraan masa ovulasi Anda adalah ditengah, yakni tanggal 14. Jadi, masa subur berada pada sekitar tanggal 12 hingga 16.
  • Dengan menilai peningkatan suhu badan, biasanya suhu badan meningkat, menjelang atau sesudah masa ovulasi karena pengaruh hormon progesteron.
  • Dengan menilai lendir rahim, hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan mempengaruhi lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan dua jari membentuk benang dan berwarna bening.
  • Alat tes ovulasi. Saat ini juga sudah dijual bebas di apotik atau toko obat. Alat untuk menilai masa subur yaitu test prediksi masa subur atau ovulasi, alat ini bekerja mengukur kadar hormon LH yang dihasilkan saat subur atau ovulasi.

Dengan mengetahui masa subur Anda, dapat membantu Anda yang merencanakan mempunyai anak dan juga sekaligus sebagai metode cara mengatasi ketidaksuburan wanita.

Loading...

Leave a comment