13 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Cepat

Cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami dengan cepat. Penyebab kolesterol tinggi salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan tinggi kadar gula dan berlemak. Selain itu, penyebab kolesterol juga dipicu oleh kegemukan (obesitas), kurang olahraga, mengkonsumsi alkohol dan merokok.

Loading...

Cara mengatasi kolesterol pada umumnya dengan menghindari makanan sumber kolesterol, olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Kolesterol diketahui sebagai pemicu penyakit ganas seperti hipertensi, gangguan jantung, dan stroke. Sebenarnya kolesterol merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadar kolesterol tinggi maka akan membahayakan kesehatan Anda. Jika Anda mengalami atau mengidap kolesterol tinggi dan mencegahnya, berikut ini penjelasan tentang cara mengatasi kolesterol yang ampuh.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Alami dan Mudah

cara mengatasi kolesterol

Ada Beberapa langkah yang diketahui bisa mengatasi kadar kolesterol dalam darah. Anda bisa lakukan dengan cara yang mudah namun terbukti hasilnya.  Berikut adalah cara mengatasi kolesterol tinggi, yaitu:

1. Mengetahui Kadar Kolesterol

Loading...

Cara mengatasi kolesterol yang pertama yaitu dengan mengecek kadar kolesterol. Hal itu bisa dilakukan dengan memeriksakan ke dokter terdekat. Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol berada dibawah 200 mg/dL, dengan LDL (kolesterol jahat) di bawah jumlah 130, dan HDL (kolesterol baik) berada di atas 40. Dengan Anda mengetahui kadar kolesterol Anda, maka bisa Anda lakukan pengecekan sebagai cara mengatasi kolesterol.

Baca juga: Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dan Kadar Asam Urat dengan Cepat

2. Menjaga Berat Badan

Cara mengatasi kolesterol yang tinggi selanjutnya yaitu dengan mengurangi berat badan yang berlebih. Penelitian menunjukkan bahwa kegemukan atau orang yang mempunyai berat badan berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Dan obesitas merupakan pemicu seseorang mengalami kolesterol tinggi terbanyak saat ini selain pola hidup yang kurang sehat. Meski pun kita mencoba untuk memakan sedikit lemak, namun itu bukan berarti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengurangi berat badan 23 sampai 45kg berat badan, diduga akan menurunkan kadar kolesterol Anda.

3. Aktivitas Fisik Rutin

Berolahraga merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Jalan kaki atau jenis olahraga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin, akan membantu Anda meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sangat disarankan untuk melakukan olahraga 3o menit setiap hari dan lima hari selama 1 minggu.

4. Mengkonsumsi Lemak Baik

Cara mengatasi kolesterol  lainnya yaitu dengan makan makanan yang mengandung lemak baik. Jika didiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka disarankan agar kita menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang alpukat, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan. Penelitian menunjukkan dan membuktikan bahwa jenis lemak tersebut membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam  darah, serta meningkatkan kolesterol baik.

5. Mengkonsumsi Multivitamin.

bagaimana mengatasi kolesterol dengan multivitamin?, Meski pun telah mengkonsumsi makanan yang sehat, tetap saja kemungkinan tubuh kita kekurangan unsur nutrisi tertentu. Untuk cara mengatasi kolesterol tersebut, Kita disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen makanan untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya Anda pilih multivitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12. Karena ketiganya memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung.

6. Pola Hidup Sehat

Mengubah pola hidup merupakan cara mengatasi kolesterol yang jitu. Lakukan pola hidup segar dan bugar yang terdiri dengan 4 S, yaitu makanan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat dan aktivitas sehat. Ini adalah rumus mengatasi kolesterol yang cerdas.

7. Menghindari Mengkonsumsi Makanan Berkolesterol

Cara mengatasi kolesterol bisa dilakukan dengan menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh. Dengan makanan sehat dapat diartikan dengan Anda menghindari makanan yang tinggi lemak dan sumber kolesterol, alkohol dan makanan tinggi kadar gulanya.

8. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi

Selain Anda menghindari makanan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol menjadi bertambah. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi makanan yang berserat sebagai cara mengatasi kolesterol Anda. Makanlah makanan tinggi serat, gunakan minyak mufa dan pufa, suplemen minyak ikan, vitamin antioksidan dan mempertahankan berat badan yang ideal.

9. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Minyak atau lemak nabati masih dapat Anda konsumsi asalkan tidak berlebihan, sebab lemak tumbuhan ini tidak mengandung kolesterol dan sedikit kandungan lemak jenuhnya. Sebagai cara mengatasi kolesterol Anda. Senyawan lemak yang banyak terdapat dalam lemak nabati adalah lemak tak jenuh, yang tidak mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dalam darah Anda, bahkan dalam penelitian ini juga bisa sebagai cara mengatasi kolesterol LDL.

10. Mengkonsumsi Omega-3, Asam Lemak 9 dan Omega 6

Cara mengatasi kolesterol berikutnya dengan memperbanyak asupan Asam lemak omega 3. Omega-3 banyak terdapat pada ikan laut, seperti ikan salmon, ikan tuna, asam lemak omega 6 yang terdapat pada minyak jagung, dan minyak kedelai, sedangkan asam lemak 9 yang terdapat pada alpukat, minyak zaitun dan canola oil adalah lemak yang baik untuk kolesterol, dan sebagai cara mengatasi kolesterol. Perlu diingat minyak tersebut bukan untuk menggoreng. banyak orang keliru dengan dibuat untuk menggoreng. Padahal jika digoreng akan membuat nya menjadi lemak jelek, sebaiknya diminum atau langsung dimakan sebagai penambah menu makanan, seperti dresing salad.

11. berpikir sehat.

Mengontrol emosi dan stres merupakan cara mengatasi kolesterol yang ampuh. Diperlukan pengontrolan stres dengan baik. Jika anda hidup dan bekerja di kota besar, dapat dipastikan akan sangat sukar untuk terbebas dari stres. Namun, Anda bisa mengelola stres Anda dengan baik. Hal ini akan membuat Anda menjadi kreatif dan semangat Anda. Sehingga akan meningkatkan kesehatan Anda.

12. istirahat yang Cukup

Cara mengatasi kolesterol yang tinggi, dibutuhkan juga pola istirahat yang sehat. Dalam hal ini tentang tidur yang sehat. Manusia butuh istirahat yang baik, karena akan membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jika pengelolaan tidur atau jam istirahat Anda bisa optimal maka kesehatan pun akan menjadi lebih baik.

13. aktivitas sehat.

Ini berhubungan dengan berolahraga secara teratur. Sudah dibuktikan juga bahwa aktivitas olahraga yang rutin cara mengatasi kolesterol yang manjur. Olahraga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Olahraga juga bermanfaat untuk membakar kolesterol dalam tubuh menjadi energi.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Resep Ramuan Tradisional

Selain menggunakan cara-cara sehat diatas, Anda juga bisa menurunkan kolesterol yang tinggi dengan obat alami penurun kolesterol. Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan cara alami ini yaitu dengan membuat ramuan tradisional dari bahan tanaman herbal. Tanaman yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol yang digunakan adalah kunyit.

Cara mengatasi kolesterol tinggi dengan obat tradisional kunyit sangat mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat obat kolesterol alami dari kunyit, yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan 1 gelas jus cranberi
  • Campurkan bubuk kunyit tersebut ke dalam 1 gelas jus cranberi kemudian aduk hingga tercampur rata
  • Minum obat ramuan tersebut 1 kali sehari selama 2 bulan secara rutin dan teratur
  • Selama mengkonsumsi obat tradisional kolesterol ini disarankan imbangi dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat seperti yang telah dijelaskan di atas.

Jus Cranberi tersebut kaya akan kandungan asam fenolik yang dapat mengikis dan menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam arteri dan mengurangi kolesterol jahat. Begitu juga manfaat kunyit sebagai campurannya yang terbukti ampuh mengurangi kadar kolesterol Anda. Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi kolesterol, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. selamat mencoba Salam sehat!!

Baca juga: Obat Ramuan Penurun Kolesterol Tradisional Alami Dan Ampuh

Loading...

Leave a Comment