Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Tradisional Alami dan Cepat

Cara mengatasi panas dalam secara  tradisional alami dan cepat. Gejala panas dalam pada umunya ditandai dengan bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan sariawan. Adapun penyebabnya antara lain kurang asupan vitamin C dan faktor cuaca yang tidak menentu. Mengatasi panas dalam bisa dilakukan dengan mudah bisa dengan obat panas dalam di apotik, dan buah-buahan. Jenis buah yang termasuk  obat panas dalam adalah  jenis buah yang mengandung tinggi vitamin C seperti pir, kiwi, jeruk dan jambu biji. Anda cukup menjadikan buah tersebut sebagai menu makanan selama panas dalam sebagai makanan pereda panas dalam.

Loading...

Cara mengatasi panas dalam juga bisa dilakukan dengan cara alami dan tradisional, yaitu dengan menggunakan bahan alami yang berkhasiat sebagai obat panas dalam yang ampuh. Seperti, campuran susu dan yogurt, air kelapa dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips cara mengobati panas dalam dan sariawan alami dengan cepat.

Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Alami dan Cepat

Pengobatan panas dalam dan sariawan dengan memenuhi  asupan vitamin C yang cukup dan meningkatkan kekebalan tubuh (IMUN). Dan berikut ini adalah jenis makanan obat panas dalam yang ampuh dengan manfaat tersebut, yaitu:

1. Susu dan Yoghurt

Dua jenis makanan ini mampu menetralkan asam di dalam tubuh. Saat panas dalam tubuh perlu menetralisir kandungan asam dan itu bisa dilakukan dengan mengkonsumsi susu dan yoghurt. Selain itu susu dan yoghurt kaya akan kalsium dan antioksidan yang membantu menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Loading...

cara mengatasi panas dalam

2. Kacang Hijau

Cara mengatasi panas dalam secara alami  berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi, dan serat tersebut berguna untuk meningkatkan sistem kekebala tubuh (imunitas), sehingga tubuh menjadi sehat dan tidak mudah mengalami panas dalam. Tidak hanya itu, kacang hijau juga bisa membantu menyehatkan pencernaan dan mengatasi sembelit. Cara membuat ramuan tradisional obat panas dalam kacang hijau sangat mudah, yaitu rebus 2 genggam kacang hijau dengan tambahan 2 ruas jahe dan tambahkan gula batu. Kemudian saring dan minum selagi hangat 2 kali sehari maka panas dalam akan sembuh dengan cepat.

Baca juga: Buah Obat Panas Dalam Yang Ampuh dan Enak Dikonsumsi

3. Air Kelapa Muda

Minum kelapa muda termasuk cara mengatasi panas dalam alami dan ampuh. Dengan meminumnya saat panas dalam bermanfaat menyembuhkannya. Manfaat air kelapa bisa meningkatkan ion dalam tubuh untuk mengatasi masalah dehidrasi, karena pada air kelapa mengandung senyawa elektrolit. Air kelapa juga efektif mencegah panas dalam dengan meminumnya seminggu sekali. Cara mengatasi panas dalam dengan air kelapa yaitu dengan menambahkan 3 sendok madu, kemudian diaduk hingga tercampur rata kemudian Anda minum.

4. Buah-buahan

Seperti yang diutarakan di atas, buah-buahan juga bermanfaat sebagai obat panas dalam yang ampuh. Jenis buah obat panas dalam adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dan kaya antioksidan. Yang termasuk buah obat panas dalam ampuh antara lain, jeruk, pir, kiwi dan jambu biji. cara mengatasi panas dalam dengan buah, bisa dilakukan dengan membuatnya menjadi jus. Jus panas dalam ini bisa dengan mencampur buah jambu biji dengan pir, atau buah jeruk dengan jambu biji. Minum jus obat panas dalam tersebut 2 kali sehari selama panas dalam terjadi. Untuk pencegahan yaitu mengkonsumsinya minimal 2 hari sekali.

5. Daun Alang-alang

Tanaman alang-alang merupakan obat panas dalam alami dan tradisional. Baik akar maupun daunnya bisa digunakan untuk menyembuhkannya. Cara mengobati panas dalam dengan alang-alang sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya, Rebus beberapa helai daun alang-alang dengan campuran gula batu. Kemudian diamkan agar dingin beberapa menit, saring dan ambil air rebusan alang-alang tersebut. Minum 2 kali sehari selama panas dalam maka dengan teratur mengkonsumsinya panas dalam akan sembuh dengan cepat.

6. Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung ternyata bisa menjadi obat tradisional panas dalam yang ampuh dan cepat. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Cara mengatasi panas dalam dengan telur ayam kampung yaitu dengan membuatnya menjadi ramuan. Campurkan satu sendok makan madu serta kunyit satu sendok teh pada satu telur ayam kampung, aduk hingga rata dan minum sampai habis.

7. Garam dan Air

Cara mengatasi panas dalam secara tradisional dengan cepat berikutnya adalah dengan air hangat dan garam. Caranya membuatnya sangat mudah, yaitu campurkan garam pada segelas air hangat, kemudian gunakan larutan garam tersebut sebagai obat kumur untuk panas dalam. Manfaat air garam ini selain ampuh mengobati panas dalam, air garam juga bisa membantu meringankan sakit pada tenggorokan yang disebabkan iritasi. Berkumur dengan air garam juga membantu mengatasi bau mulut karena air garam bersifat antibakteri.

8. Lemon dan Madu

Obat tradisional panas dalam berikutnya yang ampuh adalah campuran perasan lemon dan madu. Biasanya saat panas dalam maka tenggorokan terasa sakit, maka untuk mengatasi panas dalam tenggorokan yaitu dengan minum ramuan lemon ini. Cara membuatnya yaitu Campurkan satu sendok madu asli dan perasan lemon ke dalam satu gelas air hangat aduk hingga tercampur rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari dan panas dalam dan sariawan pun akan sembuh dengan cepat.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi panas dalam secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Panas Dalam Alami Paling Ampuh Dan Cepat Manjur

Loading...

Leave a Comment