cara mengatasi perut kembung

7 Cara Mengatasi Perut Kembung Tradisional yang Terbukti Manjur

Cara mengatasi perut kembung tradisional yang terbukti manjur. Perut kembung terjadi karena adanya kandungan gas berlebih pada saluran pencernaan sehingga mengakibatkan perut terasa penuh, dan perasaan tidak nyaman di bagian perut. Biasanya keluhan perut kembung disebabkan oleh masuk angin dan maag. Gejala perut kembung pada umumnya disertai dengan mual dan masalah pada organ pencernaan seperti nyeri pada perut, diare dan sejenisnya. Perut kembung bisa dialami pada bayi sampai orang dewasa. Jika tidak disembuhkan dengan cepat dan cepat akan menimbulkan gangguan pada perut.

Loading...

Cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa tentu berbeda dengan penanganan perut kembung pada anak. Nah pada kesempatan ini, waras sehat akan membahas tentang mengobati perut kembung pada orang dewasa secara alami. Ada banyak jenis obat perut kembung orang dewasa yang terbukti ampuh menyembuhkan, salah satunya dengan menggunakan obat tradisional. Pengobatan tradisional tersebut sebagai solusi yang tepat selain penggunaan obat dokter untuk perut kembung. Agar lebih jelasnya tentang cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa yang ampuh, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa

cara mengatasi perut kembung

Orang dewasa lebih berisiko mengalami perut kembung, hal itu disebabkan karena aktifitasnya yang lebih dibandingkan anak-anak. Perut kembung pada orang dewasa pada umumnya disebabkan oleh masuk angin, dan maag. Jika sekarang ini Anda sedang mengalaminya, maka tak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa macam cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa secara alami, yaitu:

1. Minum Wedang Jahe

Loading...

Cara mengobati perut kembung pada orang dewasa bisa dengan memanfaatkan tanaman herbal yaitu jahe. Jahe memiliki kandungan yaitu gingerol dan shogaols sering digunakan sebagai obat perut kembung orang dewasa yang ampuh. Cara mengatasi perut kembung dengan jahe sangatlah mudah, yaitu dengan minum air rebusan jahe dan madu yang berkhasiat mengurangi jumlah gas yang terperangkap dalam usus kecil karena masuk angin. Berikut ini cara membuat obat tradisional perut kembung orang dewasa dengan jahe, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas jahe dengan ukuran sedang, cuci dengan air hingga bersih.
  • Tumbuk kasar jahe kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Diamkan sebentar agar menjadi hangat, tuangkan pada gelas dan campurkan 1 sendok madu.
  • Aduk agar tercampur rata, dan minum 2 sampai 3 kali sehari.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Perut Kembung Saat Berpuasa yang Benar dan Tepat

2. Makan Yoghurt

Cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa selanjutnya yaitu dengan Makan yoghurt. Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan probiotik. Probiotik adalah jenis mikroorganisme baik yang terdapat dalam usus yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Probiotik memiliki kandungan yang akan menjaga pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan sekaligus melindungi sistem pencernaan dari bakteri jahat. Sehingga tidak heran apabila probiotik sering digunakan sebagai obat perut kembung orang dewasa yang mujarab.

3. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda menjadi salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari terutama apabila diminum dalam keadaan dingin. Namun ternyata dibalik nikmatnya minuman bersoda ternyata menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu sering minum minuman bersoda bisa menyebabkan perut kembung dan mual. Ada anggapan yang salah yang banyak orang lakukan sebagai cara mengatasi kembung yaitu dengan minum minuman bersoda. Kenyataannya malah sebaliknya mengkonsumsi minuman bersoda akan memperparah masalah perut kembung.

Minuman soda adalah jenis minuman berkarbonasi yang memiliki kandungan gas dalam jumlah yang banyak sehingga ketika gas tersebut masuk ke dalam lambung akan mengakibatkan tubuh mengalami sendawa dan menyebabkan perut menjadi kembung. Sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan terutama pada saat perut mengalami kembung.

Baca juga: Obat Ramuan Tradisional Penyakit Maag Kronis Secara Alami Dan Cepat

4. Mengkonsumsi Jus Jeruk

Cara mengatasi perut kembung secara alami bisa dengan mengkonsumsi air jeruk. Jeruk Selain kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ternyata jeruk bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat perut kembung masuk angin. Caranya dengan membuatnya menjadi jus jeruk dan kemudian diminum dalam keadaan hangat. Jeruk segar yang diperas akan membantu dalam meningkatkan tingkat keasaman dalam lambung sehingga membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Sebagai tambahan cara mengatasi perut kembung dengan jus jeruk, Sebaiknya minum jus jeruk sebelum makan. Selanjutnya tidak menggabungkan jus jeruk dengan makanan berkarbohidrat seperti roti, pasta atau kentang karena akan menghancurkan enzim dalam jeruk. Selain itu, Anda juga dilarang untuk mengkombinasikan jus jeruk dengan protein seperti telur, susu, keju atau daging karena akan menghambat sistem pencernaan pada usus kecil sehingga akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

5. Teh Chamomile

Minum teh chamomile merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa. Teh chamomile memiliki sifat anti inflamasi dan anti spasmodic yang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih nyaman. Para ahli pengobatan alternatif merekomedasikan chamomile untuk mengatasi berbagai macam masalah pencernaan terutama masalah organ pencernaan yang disebabkan karena stres.

Cara mengatasi perut kembung dengan teh chamomile sangat mudah,  cukup dengan mengkonsumsi teh chamomile sebanyak tiga kali setiap harinya yang dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Anda diperbolehkan untuk menambahkan gula, madu atau lemon didalamnya dan sebaiknya minum teh chamomile dalam keadaan hangat.

6. Peppermint

Daun peppermint atau daun mint merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang bisa dibuat menjadi obat tradisional perut kembung dan keras. Salah satu alasan mengapa peppermint dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi perut kembung karena kandungan minyak mentol dalam peppermint yang berfungsi sebagai anti spasmoduk yang akan mengurangi perasaan tidak nyaman akibat perut kembung.

7. Daun Pepaya

Daun pepaya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat perut kembung masuk angin tradisional. Meskipun terasa pahit, ternyata rebusan air daun pepaya sangat ampuh mengatasi perut kembung karena maag dan masuk angin. Cara mengatasi perut kembung dengan daun pepaya yaitu dengan merebusnya kemudian diminum dalam keadaan hangat.

Siapkan segenggam daun pepaya kemudian rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air kemudian. Rebusan daun pepaya tersebut akan membantu dalam mengatasi perut kembung secara cepat dan alami. Apabila Anda tidak terlalu kuat dengan rasa pahit pada air rebusan daun pepaya, Anda dapat menambahkan sedikit madu ke dalamnya.

Sebagai tambahan informasi tentang cara mengatasi perut kembung disarankan untuk selalu memperhatikan setiap jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta usahakan untuk memakai baju yang hangat saat kondisi dingin.

Demikianlah beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami dan cepat. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Masuk Angin Dari Ramuan Herbal Alami Dan Ampuh

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *