6 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Parah dan Patah Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi rambut bercabang parah dan patah secara alami dan cepat. Rambut bercabang merupakan masalah kesehatan rambut yang umum dan sering terjadi pada pria atau wanita. Mengalami rambut bercabang, patah dan kering tergolong masalah rambut yang ringan dibandingkan dengan masalah kebotakan atau kerontokan berlebihan, dan bisa diatasi dengan cepat. Meskipun tergolong ringan tapi sebaiknya segera diatasi dengan benar agar tidak mengganggu penampilan Anda.

Loading...

Cara mengatasi rambut bercabang yang parah bisa diatasi dengan cara alami, yaitu menggunakan bahan alami dari tumbuhan, buah dan lainnya. Memang saat ini banyak shampo dan obat untuk mengobati rambut bercabang, namun cara alami bisa menjadi pilihan yang hemat dan aman. Sebelum kita membahas tentang penanganan rambut bercabang dan patah lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui apa sebenarnya penyebab rambut bercabang dan patah?.

Penyebab rambut bercabang sangat banyak diantaranya, kebiasaan buruk pola makan, olahraga, kebiasaan hairstyling, sampai kerusakan rambut yang disebabkan oleh penyakit. Selain itu, penyebab rambut bercabang juga bisa karena rambut terlalu sering terkena paparan matahari, pemakaian gel rambut secara berlebihan, mandi sering mandi dengan air panas, mengeringkan rambut dengan hair dryer. Bahkan perawatan rambut seperti rebonding, catok rambut, mewarnai rambut, smoothing bisa juga menjadi penyebab rambut bercabang parah pada rambut. Nah, jika saat ini Anda sedang mengalaminya, tak usah khawatir ada cara mengatasi rambut bercabang secara alami dengan cepat.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami dan Cepat

cara mengatasi rambut bercabang

Ada banyak jenis bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat mengatasi rambut bercabang seperti lidah buaya, minyak zaitun, telur dan lainnya. Nah, agar tidak penasaran langsung saja kita bahas cara mengatasi rambut bercabang dengan bahan alami, yaitu:

Loading...

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan herbal alami yang berkhasiat sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya untuk kulit, pemakaian minyak zaitun ternyata bisa digunakan sebagai obat mengatasi rambut bercabang. Manfaat minyak zaitun untuk rambut lainnya yaitu bisa membantu melembutkan rambut dan mencegah kerontokan. Berikut ini cara mengatasi rambut bercabang dengan minyak zaitun, yaitu:

  • Sediakan 1 sendok makan minyak zaitun kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut secara merata sebelum keramas.
  • Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan shampo untuk rambut bercabang tradisional yaitu campuran  1 sendok makan minyak zaitun, minyak almond dan minyak jarak secukupnya.
  • Pijat rambut dengan campuran  ramuan tradisional tersebut lalu bungkus dengan handuk selama 10 menit.
  • Bilas dengan air sampai bersih, lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali seminggu.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami yang Benar dan Cepat

2. Pepaya

Pepaya merupakan jenis buah yang bisa berguna untuk cara mengatasi rambut bercabang dan rontok. Pada buah pepaya memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Berikut ini cara mengatasi rambut bercabang dan rontok dengan pepaya, yaitu:

  • Sediakan potongan buah pepaya secukupnya dan 1 atau 2 sendok yoghurt
  • Campurkan dua bahan alami tersebut dengan memblendernya sampai halus
  • Oleskan merata ke seluruh rambut dengan memijat-mijat lembut dan pelan.
  • Ddiamkan minimal 30 menit kemudian bersihkan rambut dan bilas dengan air sampai bersih.

3. Lidah buaya (Aloe Vera)

cara menghilangkan rambut bercabang dan pecah-pecah bisa dilakukan dengan menggunakan lidah buaya. Memang tanaman yang satu ini terkenal dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan kulit saja, lidah buaya ternyata bisa menjadi salah satu cara tradisional merawat rambut bercabang. Manfaat lidah buaya untuk rambut lainnya antara lain bisa mengatasi rambut kering dan rambut berminyak. Selain itu bisa digunakan untuk mencegah kebotakan atau rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya sangat mudah. Caranya cukup dengan ,mengambil gel rumput laut secukupnya, kemudian dioleskan ke rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit, baru keramasi rambut seperti biasa hingga bersih.

4. Alpukat

Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini, rasanya semua orang mengenal buah alpukat khususnya bagi wanita. Buah yang bagus untuk kecantikan kulit dan mengatasi masalah kulit ini, ternyata memiliki manfaat untuk mengobati masalah rambut bercabang dan pecah-pecah. Cara mengatasi rambut bercabang dengan alpukat cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan 1 buah alpukat yang diambil daging buahnya dan 2 telur yang diambil putihnya
  • Masukkan dua bahan tersebut ke dalam blender hingga halus dan tercampur rata.
  • Oleskan secara merata pada rambut bercabang dan kering
  • Diamkan selama 20 sampai 25 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

Cara lain penggunaan  buah alpukat sebagai masker untuk rambut bercabang alami.  Campurkan alpukat dengan minyak zaitun ke dalam satu wadah kecil. Kemudian Aduk dan lumatkan hingga menjadi pasta. Lakukan proses pemakaian seperti penggunaan masker rambut alami. Setelah itu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga termasuk bahan alami yang bisa dibuat menjadi obat rambut bercabang secara alami dengan cepat. Dengan memakai minyak kelapa pada rambut akan berguna juga untuk melembutkan rambut yang kasar dan mengembang. Cara mengatasi rambut bercabang dan rontok dengan minyak kelapa tidak sulit. Caranya, Oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara rutin, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan dengan minyak kelapa untuk rambut bercabang secara teratur yaitu 2 sampai 3 kali seminggu.

6. Madu

Madu adalah obat alami dan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan termasuk kesehatan rambut. Pemakaian madu secara benar dapat membantu menangani masalah rambut bercabang dan kering. Hal ini tak lepas dari kandungannya yang kaya antioksidan sehingga bisa membantu mencegah kerusakan dan memperlambat penuaan sel rambut. Cara mengatasi rambut bercabang dengan madu cukup muda, yaitu dengan campurkan 2 sendok teh  madu dengan air secukupnya. Oleskan ke rambut secara merata. Diamkan 30 menit lalu keramas rambut seperti biasa.

Sebagai tambahan tentang cara mengatasi rambut bercabang. Anda juga penting memperhatikan perawatan rambut yang benar seperti menghindari penggunaan air panas terlalu sering pada rambut termasuk mandi, tidak melakukan keramas yang terlalu sering, menghindari penggunaan bahan kimia seperti mewarnai rambut, rebonding yang berlebihan dan sering. Penuhi minum air putih 8 gelas per hari, banyak makan buah dan sayuran.

Demikianlah beberapa cara mengatasi rambut bercabang dan patah dengan cepat secara alami. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalaminya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan (Parah) Secara Alami dan Cepat

Loading...

Leave a Comment