11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan (Parah) Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan (parah) secara alami dan cepat. Selain rambut kering dan berketombe, masalah pada rambut yang sering dialami oleh pria dan wanita adalah rambut rontok. Semua orang pasti pernah mengalami rambut rontok. Merupakan hal yang normal kehilangan 100 helai rambut per hari. Namun, jika berlebihan tentu berbahaya karena bisa menjadi kebotakan. Ada beberapa cara untuk menyembuhkan rambut rontok tersebut, diantaranya dengan memakai shampo rambut rontok yang banyak dijual di pasaran, atau bisa dengan menggunakan vitamin untuk rambut rontok.

Loading...

Namun pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara mengatasi rambut rontok parah secara alami yang bisa menjadi pilihan ampuh untuk pengobatannya. Ternyata ada beberapa bahan alami dari tumbuh-tumbuhan atau herbal yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat rambut rontok parah antara lain, kemiri, daun seledri, lidah buaya dan lainnya. Dengan meramunya akan menjadi obat tradisional rambut rontok yang ampuh. Nah, bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami dan cepat, simak berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Pada Pria dan Wanita

cara mengatasi rambut rontok

Rambut rontok berlebihan tersebut bisa terjadi karena berbagai penyebab. Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara mengatasi rambut rontok berlebihan, ada baiknya Anda mengetahui juga faktor penyebabnya. Penyebab rambut rontok pada wanita atau pria biasanya disebabkan beberapa faktor. Faktor hormon yang biasanya terjadi, kerontokan rambut banyak sering dialami oleh wanita.

Selain itu, perlu anda ketahui juga bahwa pertumbuhan rambut kita dibagi dalam 3 fase yakni fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan. Nah setelah fase kerontokan tersebut maka rambut kita akan kembali tumbuh karena rambut rontok hanya sampai pada umbi, sedangkan papil atau bibit rambut dibawahnya sudah menyiapkan rambut baru sebagai  penggantinya.

Loading...

Faktor lain yang mengakibatkan rambut anda rontok diantaranya kurang nutrisi, paparan sinar matahari, faktor hormon, stres, pemakaian bahan kimia, dan masih banyak lagi. Jadi apabila anda mengalami kerontokan ada baiknya tetap diwaspadai dan cobalah mencari penyebabnya. Pasalnya rambut rontok juga dapat menjadi sebuah tanda adanya penyakit tertentu pada tubuh Anda. Nah, berikut ini cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami dan cepat pada pria dan wanita, yaitu:


1. lidah buaya

Mengobati rambut rontok berlebihan dan parah bisa dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala Anda. Berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan lidah buaya, yaitu:

  • Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut anda dan tunggu sampai setengah kering.
  • Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya.
  • Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: 16 Cara Mudah Merawat Rambut Wanita Berhijab Agar Tetap Sehat

2. Kemiri

Mengobati rambut rontok parah dan berlebihan yang ampuh yaitu dengan kemiri. Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Selain itu, Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala anda. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan kemiri, yakni:

  • Sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar.
  • Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak.
  • Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut anda.
  • Langkah terakhir yakni keramas dengan shampo agar rambut anda bersih.

3. Daun Seledri

Daun seledri atau daun sop terkenal manfaatnya untuk kesehatan rambut. Dengan meramu daun seledri dengan teh hijau mampu menjadi kombinasi obat alami rambut rontok yang ampuh. Hal itu karena kandungan dua bahan alami tersebut tinggi nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti vitamin A, vitamin B dan Zat besi yang terbukti ampuh menguatkan akar rambut. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan daun seledri, yaitu:

  • Seduh teh dan daun seledri dalam gelas.
  • Oleskan seduhan teh dan daun seledri tersebut menyeluruh pada rambut, sambil dilakukan pemijatan lembut agar meresap.
  • Tutupi kepala atau rambut dengan handuk yang sebelumnya telah direndam air lemon hangat.
  • Biarkan selama setengah jam, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Buah alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu bahan alami yang bisa dibuat menjadi obat rambut rontok parah. Cara mengatasi rambut rontok dan kering dengan alpukat sangat mudah, yaitu dengan membuatnya menjadi masker rambut.  Manfaat masker alpukat untuk rambut antara lain menguatkan rambut dan memberi nutrisi pada rambut rontok sehingga mencegah kerontokan makin parah. Selain itu, mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut. Cara membuat masker alpukat untuk mengobati rambut rontok dan kering sangat mudah, yaitu cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.

Baca juga:8 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Baik dan Benar dengan Mudah

5. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengobati masalah kerontokan rambut yang parah dan berlebihan. Kandungan pada yogurt memiliki nutrisi yang baik untuk memulihkan rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok dengan yogurt tidak sulit, yaitu dengan mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

6. Minyak esensial

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang ampuh lainnya yaitu dengan memakai jenis minyak essensial. Beberapa minyak esensial yang terbukti dapat mengatasi rambut rontok yakni seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa. Anda dapat membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya dan lakukan juga pemijatan. Penerapan secara rutin 2 kali dalam seminggu dapat memberikan hasil yang maksimal.

7. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang bisa berguna sebagai obat rambut rontok parah. Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang putih bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang putih dan gunakan sebagai masker rambut. Setelah dibalurkan tunggu selama beberapa menit dan langkah terakhir yakni keramas menggunakan shampo agar rambut anda bersih.

8. Teh hijau

Teh hijau terkenal dengan tinggi antioksidannya yang mampu melancarkan sirkulasi darah pada bagian kepala. Dengan menggunakan teh hijau sebagai obat rambut rontok parah mampu menyembuhkan kerontokannya dengan cepat. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok yang parah dengan teh hijau, yaitu:

  • buatlah teh panas seperti biasa dan tunggu sampai dingin.
  • Setelah dingin basuhkan air teh tersebut keseluruh rambut anda.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam dan bilas rambut anda dengan shampo.

Baca juga: 6 Manfaat Teh Basi Untuk Kulit Wajah dan Rambut Serta Cara Perawatannya

9. Mangga

Buah yang termasuk jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi ini ternyata bisa membantu menyembuhkan kerontokan rambut. Menggunakan buah mangga sebagai obat rambut rontok parah yang alami yaitu dengan meramu atau mencampur bahan-bahan lain seperti yogurt dan kuning telur menjadi masker rambut. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok berlebihan dan parah dengan masker mangga serta cara membuatnya, yaitu:

  • Siapkan potongan buah mangga secukupnya, 1 sendok makan yogurt dan 2 butir kuning telur.
  • Blender semua bahan dan saring agar terpisah dari serat kasar mangga
  • Oleskan masker mangga tersebut ke rambut secara merata dengan melakukan pijatan ringan.
  • Diamkan selam 10 sampai 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

10. Kentang

Kentang yang dibuat menjadi masker bisa mengobati kerontokan rambut yang parah. Dengan menggunakan masker kentang yang dibuat sendiri bisa menjadi solusi yang ampuh masalah rambut rontok. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan masker kentang dan cara membuatnya, yaitu:

  • Siapkan 1 buah kentang, lalu cuci dan kupas.
  • Potong kecil-kecil dan haluskan dengan menggunakan blender.
  • Oleskan masker kentang tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata dengan memijat lembut.
  • Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.
  • Untuk hasil yang cepat  oleskan juga minyak zaitun atau dengan minyak kelapa setelah perawatan.
  • Lakukan perawatan masker kentang ini satu kali dalam seminggu.

11. Bawang Bombay

Bawang bombay memiliki kandungan sulfur yang tinggi yang bermanfaat untuk rambut salah satunya mengobati kerontokan rambut yang parah. Kandungan Methysulfonylmethane, kandungan ini merupakan sumber belerang yang membantu pertumbuhan rambut dan memperbaiki keratin rambut yang rusak. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bawang bombay, yaitu:

  • Siapkan beberapa siung bawang bombay, kupas dan bersihkan.
  • Lembutkan dengan menggunakan blender.
  • Balurkan ke seluruh bagian rambut dengan dipijat pelan.
  • Diamkan selama 30 sampai 35 menit, kemudian bilas menggunakan shampo seperti biasa.
  • Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu maka rambut rontok akan teratasi.

Demikianlah cara mengatasi rambut rontok berlebihan atau parah secara alami dan cepat. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya yang sedang mengalami kerontokan rambut. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Dengan Cara Alami

Loading...

Leave a Comment