Cara Mengatasi Rematik Secara Alami dan Tradisional

Rematik merupakan jenis penyakit yang sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Jika Anda termasuk penderita rematik. jangan khawatir, karena ada cara mengatasi rematik secara alami dan tradisional. Membahas cara mengobati rematik dengan cara alami, yaitu menggunakan bahan-bahan herbal. Sebelum kita lanjut cara mengobati rematik ini, ada baiknya Anda mengetahui, apa itu rematik dan penyebabnya.

Loading...

Rematik adalah istilah lama untuk menjelaskan sakit dan radang pada persendian kita. Sebenarnya ada beberapa jenis radang persendian. Yaitu arthritis atau rematik  yang disebabkan gerakan, usia, dan pengapuran pada persendian disebut osteoarthritis. Arthritis yang disebabkan oleh penyakit autoimun disebut rheumatoid arthritis, dan biasanya menyerang pada persendian sisi kiri dan kanan sekaligus. Contohnya, arthritis pada tangan dan kiri. Lalu bagaimana cara mengatasi rematik ini?

Cara Mengatasi Rematik Secara Alami

cara mengatasi rematik
Cara Mengatasi Rematik Secara Alami dan Tradisional

Rematik atau Arthritis biasanya bermula dengan adanya peradangan dan pembengkakan pada persendian. Karena peradangan ini berlaku terus-menerus, sehingga terjadilah kerusakan pada lapisan tulang lunak yang melapisi persendian, atau terkikis. jika hal ini dibiarkan, akan timbul pengapuran saat tulang yang lapisannya terkikis saling bergesekan. Harapan sembuh dari rematik tetap ada, Disini saya menyarankan obat rematik yang ampuh dengan menggunakan ramuan herbal.

Menyembuhkan masalah rematik tergantung pada tindakan Anda untuk segera mengatasinya sedini mungkin. Orang yang mempunyai asam urat tinggi cenderung memiliki resiko lebih besar terkena rematik. Asam urat juga merupakan penyebab utama rematik.  cara menyembuhkan rematik yang disebabkan oleh kadar asam urat ini, bisa Anda cegah dengan rutin melakukan pengecekan kadar asam urat dan menjaga pola makannya.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat Dengan Ramuan Herbal Alami

Loading...

Cara Mengatasi Rematik Secara Tradisional

Ada beberapa ramuan yang bisa mengobati rematik. Ramuan rematik atau arthritis harus memiliki manfaat antiradang, analgesik, dan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Berikut ini adalah jenis ramuan obat rematik alami, dan cara membuatnya.

 1. Ramuan Cabe Rawit.

Ramuan ini menggunakan bahan herbal, seperti, cabe rawit, kapur sirih dan jeruk nipis. Bagaimana cara membuatnya?. Siapkan bahannya  yaitu, 10 buah cabe rawit, 1 buah jeruk nipis, dan setengah sendok teh kapur sirih.

Tumbuk cabe rawit sampai halus. Tambahkan kapur sirih dan air perasan jeruk nipis, lalu aduk sampai rata. Balurkan ramuan ini pada bagian tubuh yang terasa sakit karena rematik. Demikian mengobati rematik dengan ramuan cabe rawit, cukup mudah, bukan?.

2. Ramuan Daun Singkong.

Daun singkong ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati rematik Anda. Cara membuat ramuan ini, yaitu dengan siapkan bahan-bahannya adalah sebagai berikut: 5 lembar daun singkong, dan setengah sendok teh kapur sirih.

Cara membuatnya, Tumbuk halus kedua bahan tersebut sampai halus, lalu gunakan sebagai bedak pada bagian yang sakit karena rematik. Cara yang kedua ini pun cukup mudah Anda lakukan. Lebih efektif lagi, jika Anda menambahkan ramuan yang untuk diminum. Rebus 1 singkong dengan 5 gelas air hingga menjadi 4 gelas, saring untuk diambil airnya. Minum dua kali sehari, pagi dan sore. Dengan tambahan ramuan untuk diminum ini maka rematik akan sembuh.

3. Ramuan Daun Gandasura.

Ramuan yang terakhir untuk mengobati rematik adalah dengan menggunakan ramuan daun gandasura. Anda siapkan bahan-bahannya, yaitu 30 gram daun gandasura, 1 ruas jempol bangle, yang sudah dikupas dan diiris.

Cara membuatnya, masukkan semua bahan ke dalam 3 gelas air lalu Rebus hingga menjadi 2 gelas. Minum pagi dan sore, selama seminggu. Berhenti meminum setelah keadaan rematik Anda membaik.

Demikianlah bahasan saya kali ini tentang rematik dan bagaimana cara mengatasi rematik dengan ramuan herbal. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, salam sehat!!

Baca juga: Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat Dan Cara Mengatasinya

 

 

Loading...

Leave a Comment