cara mengatasi sakit kepala saat puasa

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa dan Tips Menghilangkannya

Cara mengatasi sakit kepala saat puasa dan tips menghilangkannya. Termasuk salah satu keluhan yang sering dialami orang yang sedang puasa yaitu nyeri di kepala atau sakit kepala. Bahkan menurut penelitian mengungkapkan bahwa ada sedikitnya dari 10 orang berpuasa ada 4 orang yang pernah mengalami sakit kepala. Hal ini menandakan jumlah orang yang mengalami sakit kepala saat puasa tidak sedikit, apakah Anda juga pernah mengalaminya?. Bahkan ada yang mengalami sering pusing saat berpuasa dan hampir setiap hari. Nah, sebenarnya apa penyebab sakit kepala saat puasa dan bagaimana cara mencegah dan mengatasinya dengan benar.

Loading...

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi sakit kepala saat puasa akan lebih baik jika Anda mengetahui penyebab-penyebab sakit kepala saat berpuasa. Dengan mengetahui penyebabnya maka sakit kepala mampu dicegah selama menunaikan ibadah puasa.

Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa

Apa sebenatnya yang membuat sakit kepala terjadi saat puasa ini bahkan kondisi tersebut bisa terjadi setiap hari seperti sakit kepala setelah berbuka puasa dan setelah saur. Ternyata ada banyak penyebab sakit kepala saat puasa diantaranya adalah karena penyakit. Bagi penderita penyakit tertentu akan menjadi rentan mengalami sakit kepala saat puasa seperti penderita penyakit maag, penderita hipertensi dan penderita penyakit paru. Selain itu, penyebab sakit kepala saat puasa karena kebiasaan yang kurang baik seperti merokok dan minum kopi berlebihan.

Termasuk penyebab sakit kepala saat puasa yaitu melakukan aktivitas yang berlebihan yang banyak mengeluarkan keringat. Selain itu kondisi stress dan pola makan yang salah saat sahur dan tidur dalam posisi yang kurang benar saat siang hari atau setelah sahur. Sakit kepala saat puasa juga bisa terjadi karena kurang cairan dan gula darah menurun yang disebabkan tidak sahur. Lantas bagaimana cara menghilangkan sakit kepala saat puasa tersebut?

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Puasa Paling Jitu Tanpa Obat

Saat puasa dan mengalami sakit kepala maka minum obat bukanlah satu satunya solusi yang tepat. Dengan minum obat maka puasa menjadi batal, tidak harus dengan minum obat untuk menghilangkan sakit kepala tersebut. Ada beberapa cara mengatasi sakit kepala saat puasa yang mudah dilakukan tanpa minum obat yaitu:

Loading...

1. Pijat 

Dengan memijat ringa pada bagian kepala yang sakit dapat membantu menghilangkan nyeri yang terjadi. Cara mengatasi sakit kepala saat puasa dengan memijat ini sebaiknya dilakukan dengan pelan-pelan. Jangan terlalu menekan yang bisa menyebabkan makin terasa nyeri sakitnya.

Baca juga: Cara Agar Tidak Cepat Haus dan Lapar Selama Berpuasa, Begini Tipsnya

2. Kompres

Disamping pemijatan ringan, cara mengatasi sakit kepala saat puasa dapat dilakukan juga dengan mengompres bagian kepala. Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres area kepala, leher dan bahu. Ambil sekantong es batu kemudian balut dengan kain, tempelkan pada bagian yang terasa nyeri. Diamkan beberapa detik, lalu pindah ke bagian yang lain. Lakukan hingga sakit kepala hilang atau merasa baikan.

3. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi sakit kepala saat puasa tanpa obat yaitu dengan mandi air hangat. Namun, penting untuk Anda perhatikan jangan menggunakan air yang panas karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Lakukan juga 1 kali saja pada waktu pagi atau sore hari, jika ingin lebih Anda bisa basahi saja rambut dengan air hangat ketika rasa pusing dan nyeri menyerang kapala.

4. Mencium Bau Segar

Aromaterapi ternyata termasuk salah satu cara mengatasi sakit kepala saat puasa yang efektif. Cium bau bauan yang wangi yang Anda sukai, dengan mencium bau-bauan yang segar tersebut akan memicu keluarnya hormon endorfin yang berguna untuk mengurangi sakit nyeri pada kepala.

Tips Mencegah Sakit Kepala Saat Puasa

Setelah mengetahui cara menghilangkan sakit kepala saat puasa maka akan lebih baik lagi Anda mengetahui cara pencegahan yang sebaiknya dilakukan agar tidak mengalami sakit kepala selama puasa. Berikut ini ada beberapa tips mencegah sakit kepala saat puasa antara lain:

  • Perbanyak minum air putih selama buka hingga waktu sahur. Perhatikan untuk minum 8 gelas air putih pada waktu malam hari.
  • Sebaiknya untuk tetap sahur meskipun dengan makan beberapa kurma. Termasuk penyebab sakit kepala saat puasa yaitu dengan tidak sahur.
  • Kurangi konsumsi kopi, kafein termasuk salah satu penyebab sakit kepala saat puasa. Oleh karena itu, kurangi konsumsi kafein pada malam hari.
  • Pola tidur yang benar harus dilakukan untuk upaya pencegahan sakit kepala saat puasa seperti harus tidur malam meski hanya dilakukan selama 3 sampai 4 jam. Jangan tidur setelah sahur, jika ingin tidur maka sebaiknya lakukan antara jam 11 sampai jam 1 (sebelum atau sesudah sholat dhuhur).

Itulah tadi ulasan mengenai cara mengatasi sakit kepala saat puasa yang mudah dan efektif. Semoga info-info diatas tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua, salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Paling Jitu dan Mudah

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *