cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun

5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak Usia 2 Tahun dengan Cepat

Cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun dengan cepat alami. Sembelit atau susah buang air besar (BAB) merupakan masalah umum yang sering terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan bayi. Pada masalah anak mengalami sulit BAB tentu membuat khawatir karena biasanya anak akan menangis karena tinja susah dikeluarkan karena mengeras. Sebenarnya penanganan sembelit pada anak-anak khususnya 2 tahun dan 3 tahun bisa dilakukan dengan memakai obat pencahar seperti microlax untuk dan dulcolax anak.

Loading...

Cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun dan 3 tahun bisa aman menggunakan obat pencahar  atau susu sembelit. Namun,  kebanyakan mereka takut dengan efek samping yang timbul dikemudian hari. Oleh karena itu, cara alami mungkin alternatif yang tepat untuk menyembuhkannya. Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun secara alami.

Cara Mengatasi Sembelit pada Anak Usia 2 tahun dengan Cepat

Mengatasi sembelit dengan cepat tidak harus dengan memberi anak dengan obat-obatan. Cara alami yang mudah ternyata bisa dijadikan obat yang dipercaya menyembuhkan dengan cepat. Namun sebelum membahas tentang cara mengatasi sembelit pada anak 2 tahun secara alami, ada baiknya Anda perhatikan penyebab dan gejalanya.

Ada banyak penyebab anak kecil mengalami sembelit diantaranya minum susu terlalu banyak, makan dengan porsi berlebihan, kurang minum air putih  dan kurang asupan seratnya. Selain itu kondisi cemas pada anak, dan kebiasaan menahan buang air besar. Setelah Anda mengetahui penyebab sembelit maka selanjutnya yaitu cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun secara alami dan cepat, yaitu:

1. Banyak Konsumsi Air Putih

Loading...

Seperti diketahui bahwa salah satu penyebab susah BAB pada anak 2 tahun yaitu dehidrasi. Anak kurang memenuhi kebutuhan air minum sehingga berakibat sembelit. Nah, cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun yang dipercaya akan membantu mengobatinya yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Sebaiknya untuk anak usia 1 tahun, 2 tahun hingga 3 tahun harus memenuhi 1,3 liter per harinya.

Baca juga: 3 Obat Susah Buang Air Besar Tradisional Untuk Balita yang paling Ampuh

2. Bergerak Aktif

Cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun selanjutnya dengan mengajak anak tersebut untuk aktif bergerak. Caranya ajak anak bermain keluar dan biarkan bermain sesuka hati. Dengan banyak gerak tersebut makan akan membantu mengurangi dan sekaligus menyembuhkan susah buang air besar nya.

3. Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang kaya serat. Dengan membiasakan atau memenuhi kebutuhan serat setiap hari saat sembelit bisa menyembuhkannya. Ada banyak buah yang bisa bermanfaat untuk mengobati susah buang air besar anak seperti mangga, alpukat, papaya dan lainnya. Anda bisa memberikannya dengan memotong kecil kecil agar mudah memakannya atau bisa juga dibuat menjadi minuman jus. Disamping itu, cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun yaitu dengan memperhatikan asupan sayurnya. Anda bisa membuatkannya sup sayuran hangat untuk menu makanan hariannya.

4. Hindari Makanan Padat

Pola makan anak yang sedang mengalami susah buang air besar harus diperhatikan khususnya dari yang dikonsumsi. Termasuk cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun yaitu menghindari makanan padat. Selain itu, usahakan untuk memberikan nasi yang lembut atau bubur dengan sayuran. Atau bisa juga hanya mengkonsumsi sup sayur yang hangat dengan buah sesudah makan dan makan bubur sebagai pengganti nasi padat pada makan malamnya.

5. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun yang dipercaya mampu menyembuhkan dengan alami yaitu dengan mandi air hangat. Lakukan mandi 2 kali sehari dengan menggunakan air hangat karena air hangat diyakini mampu menjadi obat alami susah buang air besar anak.

Jika Anda telah melakukan tips diatas namun kondisi tetap sama dan mengalami gejala gejala seperti demam, muntah-muntah, penurunan berat badan, luka pada kulit sekitar anus, dan terlihat darah saat buang air besar. Hal ini menandakan sembelit pada anak perlu diwaspadai maka segera hubungi dokter untuk pengobatan yang lebih intensif.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sembelit pada anak usia 2 tahun. Semoga info tadi bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Anak Bayi dan Balita yang Aman

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Comments

    Terimakasih tipsnya, apa ada obat yang aman untuk anak usia dibawah 1 tahun ?? mohon infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *