Cara Mengatasi Serangan Panik dan Gangguan Kepanikan yang Berlebihan

Cara mengatasi serangan panik dan gangguan kepanikan yang berlebihan. Pengertian Kepanikan adalah Suatu kondisi Kecemasan yang sangat berat yang disertai dengan keinginan, dorongan untuk lari atau bersembunyi saat menghadapi sesuatu yang dirasakan mengancam atau berbahaya. Rasa takut yang secara tiba-tiba ini dapat menghilangkan kemampuan berpikir dan mempengaruhi seseorang cenderung untuk bersikap diam tanpa melakukan apa-apa.

Loading...

Serangan kepanikan atau panik ini lebih banyak menyerang wanita berusia remaja dan dewasa dibandingkan dengan pria, anak-anak dan lansia. Serangan ini dapat hilang dan hanya dialami 1 sampai 2 kali sepanjang hidup seseorang. Namun bisa juga dapat terjadi secara berulang-ulang sehingga menyebabkan aktivitas seseorang menjadi terganggu dan patut untuk diwaspadai. Karena hal tersebut bisa menyebabkan gangguan panik yang parah yang akhirnya mengalami agoraphobia atau fobia berada di tengah-tengah keramaian.

Penyebab serangan kepanikan  karena persepsi seseorang yang berlebihan. Persepsi berlebihan itu terjadi karena ketidaksiapan seseorang dalam menghadapi suatu kondisi atau keadaan serta kurangnya rasa percaya diri. Bisa juga disebabkan oleh trauma kegagalan pada masa lalunya. Seseorang yang memiliki kepribadian prefeksionis biasanya lebih rentan terhadap serangan panik atau kepanikan. Selain itu, disebabkan oleh faktor-faktor fisik seperti genetik dan kesehatan fisik ikut berperan. Mereka yang memiliki riwayat depresi atau Panik Disorder dalam keluarga akan beresiko lebih besar mengalami serangan panik.

Cara Mengatasi Serangan panik dengan Terapi Panik Musik Klasik

Serangan panik dapat muncul sekali saja atau lebih sering. Gejala serangan kepanikan biasanya muncul secara spontan atau tiba-tiba dan mencapai puncaknya hanya dalam hitungan menit. Umumnya Sebuah serangan panik dapat berlangsung antara 5 sampai 20 menit, bahkan ada yang satu jam.

cara mengatasi serangan panik
Cara Mengatasi Serangan Panik dan Gangguan Kepanikan yang Berlebihan

Gejala serangan panik, penderita cenderung merasakan atau mengalami kelelahan setelah serangan terjadi. Gejalanya, berkeringat berlebihan, merasakan adanya bahaya atau malapetaka akan datang, merasa takut kegagalan, takut kehilangan kendali, gemetaran, merasa sesak di tenggorokan dan sulit bernapas, detak jantung cepat, kram perut, sakit pada dada, pusing bahkan pingsan, mual mati rasa, hingga mengalami terlepas dari tubuh dan merasa halusinasi.

Loading...

Bisakah serangan panik diatasi?. Rasa panik bisa diatasi dengan cara terapi musik klasik. Terapi musik adalah proses interpersonal yang menggunakan musik untuk terapi.  Manfaat terapi musik ini untuk membantu penderita serangan panik  dalam meningkatkan kesehatan atau mempertahankan kesehatan mereka. Dalam beberapa kasus, kebutuhan penderita bisa ditangani  secara langsung melalui musik. Terapi musik bisa digunakan untuk segala usia dengan berbagai kondisi. Termasuk untuk penderita gangguan jiwa, masalah medis, cacat fisik, gangguan sensorik, cacat perkembangan, penyalahgunaan obat seperti narkoba, gangguan komunikasi dan penuaan.

Manfaat terapi musik juga bisa untuk meningkatkan konsentrasi belajar, meningkatkan harga diri, mengurangi stres dan membantu kegiatan kesehatan lainnya. Terapi musik juga dapat menurunkan hormon andrenokortikotropik. Hormon ini merupakan hormon stres, penurunan hormon stres ini menyebabkan orang akan merasa rileks dan tenang.

Baca juga: Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam Dengan Talbinah

Cara mengatasi serangan panik dengan terapi musik, dibagi menjadi dua metode, yaitu terapi musik aktif dan terapi musik pasif. Terapi musik aktif yaitu suatu terapi yang melibatkan langsung seseorang penderita tanpa perantara. Misalnya penderita serangan panik diajak bernyanyi, bermain alat-alat musik, menirukan nada-nada musik klasik. Sedang Terapi musik pasif, yaitu penderita melakukan terapi musik dengan bantuan perantara seperti mp3 player, kaset CD dan handphone. Cara mengatasi serangan panik dengan terapi musik klasik merupakan pengobatan yang baik untuk mengatasi rasa panik atau serangan panik karena selain efektif dan efisien juga mudah dilakukan.

Cara Mengatasi Serangan Panik dengan Relaksasi Pikiran

Serangan panik atau Panic Disorder dapat mengarah gangguan kejiwaan jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat. gangguan yang umum terjadi yaitu agoraphobia, yaitu merasa takut tanpa alasan yang jelas, terutama saat berada ditengah-tengah banyak orang. Bahkan pada kondisi yang parah, penderita akan takut keluar rumah.

Seperti yang disinggungkan di atas serangan panik banyak penyebabnya. Hal ini juga bisa di sebabkan oleh riwayat masa lalu. Pengaruh masa lalu, orang yang mengalami masalah serangan panik akan cenderung mempersepsikan sesuatu dengan berlebihan. Orang yang mempunyai kepribadian sempurna atau prefeksionis, kaku dan ingin selalu mengontrol sesuatu juga rentan menderita panic disorter.

Selain terapi musik klasik, untuk cara mengatasi serangan panik bisa dilakukan dengan melakukan terapi kognitif, yang biasanya dilakukan oleh psikolog. Psikolog akan menggali informasi dari pasien untuk mengetahui penyebab kepanikannya dan menemukan  jalan keluar dari masalah yang dialami.Tapi, jangan berpikir setelah melakukan terapi kognitif maka akan hilang serangan paniknya. satu yang diperlukan dalam terapi ini yaitu konsisten. Jika tidak, maka tak sedikit pasien mengalaminya kembali.

cara mengatasi serangan panik
Cara Mengatasi Serangan Panik dan Gangguan Kepanikan yang Berlebihan

Perlu ada kesadaran dalam proses terapi ini, kesadaran pasien bahwa dirinya mengalami serangan panik atau panic disorder. Dengan begitu pasien akan berinisiatif sendiri untuk tekun atau konsisten menjalani terapinya. Karena penyakit ini bisa sembuh tergantung dari si penderitanya. Tapi yang biasa terjadi, mereka merasa takut terlebih dahulu jika mendengar psikolog. karena mereka berpikir takut nanti dicap sebagai orang yang mengalami gangguan kejiwaan.

Nah, solusi selanjutnya untuk cara mengatasi serangan panik yang ampuh adalah relaksasi pikiran.  Relaksasi ini bisa dilakukan dengan mengolah napas, pada hitungan kelima saat menarik napas, tahan perut terlebih dahulu, lalu hembuskan secara berlahan-lahan. Tidak hanya itu saja, usahakan mengkonsumsi banyak air putih. Hal itu merupakan cara untuk relaksasi juga. Dengan melakukan relaksasi tersebut maka akan memberi ruang pada otak untuk beristirahat, pada saat itulah kita bisa melupakan masalah dan beban dan pikiran bisa fresh kembali.

Tips Cara Mencegah Serangan panik dan Gangguan Kepanikan

Untuk menghindari serangan panik atau panic disorter, yaitu dengan cara pola hidup teratur, selesaikan pekerjaan satu per satu dan hindari multitasking atau mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Dengan begitu, tekanan pikiran seperti stres dan depresi bisa lebih terkendali. Dengan hidup teratur juga sebagai pengobatan stres dan depresi yang mujarab juga. Demikianlah pembahasan tentang penyebab, gejala dan Cara mengatasi serangan panik dan gangguan kepanikan yang berlebihan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Anda Sedang Stres? Inilah Cara Mudah Menghilangkan Stres Anda

Loading...

Leave a Comment