Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Alami Cepat dan Mudah

Cara mengatasi sesak nafas dengan alami cepat dan mudah. Seperti yang kita tahu, bernafas adalah cara bagi tubuh untuk mendapatkan oksigen, namun ketika Anda mengalami sesak nafas,  maka kondisi tersebut akan mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dan apabila dibiarkan bisa berakibat fatal dan tak menutup kemungkinan berujung kematian. Penyebab sesak nafas tersebut bisa dikarenakan rokok, maag, asam lambung, batuk berdahak, dan lainnya.

Loading...

Jika saat ini Anda mengalami dada sesak, ternyata ada beberapa cara mengatasi sesak nafas dengan cepat, salah satunya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat sesak dada di apotik dan toko obat lainnya. Namun jika Anda ingin cara yang mudah, maka beberapa metode penyembuhan alami bisa jadi pilihan yang patut untuk dicoba. Nah untuk itu, silahkan simak ulasan terkait cara mengatasi sesak nafas yang telah kami rangkum dibawah ini.

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Mudah dan Cepat

cara mengatasi sesak nafas

Penanganan sesak pada area dalam dada atau sering disebut sesak nafas memang harus dilakukan dengan tepat dan benar. Mungkin akan terasa jenuh jika memaksakan diri Anda untuk mengkonsumsi obat-obatan sesak nafas. Nah, berikut ini ada beberapa metode atau cara mengatasi sesak nafas tanpa obat, antara lain:

Mengatur Posisi Duduk

Loading...

Cara mengatasi sesak nafas yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengatur posisi duduk yang akan membuat diagframa menjadi lebih rileks dan tidak terlalu tegang. Anda dapat duduk sambil bersandar pada tempat tidur atau dinding dengan posisi kaki rata dengan tempat tidur. Kemudian busungkan dada ke bagian depan lalu letakan tangan di kedua sisi tubuh dan letakkan bantal dibagian kepala.

Posisi Berdiri Santai

Cara mengatasi sesak nafas secara cepat adalah dengan berdiri santai sambil melebarkan posisi kaki sesuai dengan lebar bahu Anda. Kemudian sandarkan pinggul ke dinding atau apa saja yang bisa digunakan sebagai tumpuan. Biarkan bagian paha dan bahu menjadi lebih santai dan posisikan dada sedikit membusung dengan posisi kedua lengan menggantung ke arah tanah setelah itu cobalah ambil nafas melalui hidung dan buang melalui mulut secara perlahan. Lakukan ini sampai nafas kembali normal.

Posisi Santai Saat Tidur

Salah satu cara mengatasi sesak nafas dengan mudah yaitu mengatur posisi santai saat tidur. Apabila Anda mengalami sesak nafas dalam posisi tidur maka cara mengatasi sesak nafas adalah berusaha agar seluruh otot menjadi lebih rileks. Kemudian ambil bantal dan letakan dibelakang kepala sehingga membuat posisi kepala lebih tinggi dari dada. Setelah itu tekuk kedua lutut dan berikan bantal dibawah lutut.

Mengendalikan Stres

Sesak nafas bisa disebabkan karena perasaan tertekan hingga mengakibatkan Anda mengalami stress. Stres secara tidak langsung akan mengurangi kapasitas paru-paru sehingga menyebabkan sesak nafas yang akan mengakibatkan pasokan oksigen dalam tubuh menjadi berkurang. Satu-satunya cara mengatasi sesak nafas yang disebabkan karena stres adalah dengan membuat pikiran menjadi rileks dengan cara bersantai, melakukan olahraga secara rutin dan masih banyak lagi.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

Melakukan Latihan Ketika Merasa Panik

Gangguan kepanikan bisa menyebabkan Anda mengalami sesak nafas yang ditandai kesulitan dalam menghirup udara, dada terasa sakit dan apabila dibiarkan akan membuat Anda kekurangan oksigen sehingga bisa menyebabkan Anda pingsan.

Cara mengatasi sesak nafas yang disebabkan karena serangan panik adalah berusaha untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks. Caranya adalah dengan membiarkan tubuh dalam posisi duduk dan biarkan bahu dan lengan dalam posisi santai. Kemudian cobalah untuk menarik napas secara perlahan kemudian hitung satu sampai lima kemudian hembuskan nafas secara perlahan.

Baca juga: Cara Mengatasi Serangan Panik dan Gangguan Kepanikan yang Berlebihan

Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan akan menyebabkan posisi paru-paru tertekan oleh timbunan lemak akibatnya paru-paru tidak dapat bekerja secara maksimal dan inilah yang menjadi penyebab mengapa oran yang mengalami obesitas sering mengalami sesak nafas. Satu-satunya cara mengatasi sesak nafas yang diakibatkan karena obesitas atau kelebihan berat badan adalah menurunkan berat badan yang awali dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan cara rutin berolahraga, menghindari makanan berlemak dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein.

Olahraga Secara Teratur

Sebagian besar orang yang mengalami sesak nafas memilih untuk tidak berolahraga karena berpikir bila olahraga hanya akan memperburuk kondisinya saja. Padahal olahraga akan membantu dalam menjaga kesehatan paru-paru. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat sebagai salah satu cara mengatasi sesah nafas, cukup dengan berjalan santai, jogging atau bersepeda saja.

Dan yang tak kalah penting untuk diketahui,  bila sesak nafas adalah salah satu cara tubuh mengatakan bila terdapat organ tubuh mengalami masalah. Sehingga idealnya segera mencari tahu penyebab pasti Anda mengalami keluhan tersebut.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi sesak nafas dengan alami cepat dan mudah. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua, salam sehat!!

Loading...

Leave a comment