7 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Anak Bayi dan Balita yang Aman

Cara mengatasi susah buang air besar pada anak bayi dan balita yang aman. Masalah susah BAB tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi Konstipasi juga bisa dialami oleh si kecil. Jangan anggap remeh masalah suli BAB pada anak kecil, sebab hal tersebut bisa berdampak buruk pada tumbuh kembangnya. Lalu, apa sebenarnya penyebab susah buang air besar pada anak bayi danĀ  balita tersebut?. Pada umunya penyebab yang menjadikan anak bayi susah BAB, diantaranya makanan padat, dehidrasi, dan susu formula. Dan untuk penyebab susah BAB pada anak pada usia 1 tahun sampai 2 tahun biasanya karena kurangnya konsumsi sayuran, kurang minum air, dan jarang konsumsi buah-buahan.

Loading...

Cara mengatasi susah buang air besar pada anak Balita tidak sama dengan pengobatan pada orang dewasa. Mengobati susah buang air besar pada orang dewasa bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang banyak di jual di apotik dan lainnya. Atau bisa juga dengan menggunakan obat tradisional dari bahan herbal. Namun cara mengobati sulit BAB yang seperti itu akan menjadi resiko jika diminumkan pada anak bayi atau balita. Dengan memperhatikan keamanan tersebut, maka penting bagi orang tua mengetahui cara mengatasi susah buang air besar pada anak kecil yang aman dan alami.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Anak Bayi dan Balita Secara Alami dan Aman

cara mengatasi susah buang air besar pada anak

Jangan biarkan masalah sulit BAB ini berlangsung lama, akibatnya bisa menyebabkan robeknya dinding rektum dan berdarah akibat feses yang telah mengeras saat BAB. Gejala susah buang air besar pada anak kecil bisa diketahui dengan, BAB tidak lancar atau tidak buang air besar selama 3 hari atau lebih, menangis dan mengeluh saat Buang air besar dengan mengangkat kakinya. Feses berwarna gelap dan keras dan kering sehingga susah untuk dikeluarkan. Nah dengan gejala-gejala tersebut maka bisa dipastikan bahwa anak Anda mengalami konstipasi. Berikut ini cara mengatasi susah buang air besar pada anak bayi dan balita secara alami, yaitu:

1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Loading...

Cara mengatasi susah buang air besar pada anak balita yang efektif adalah dengan mencukupi kebutuhan serat. Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang tinggi kandungan serat. Manfaat serat bagi anak kecil sangat penting karena bisa melancarkan buang air besar. Kekurangan serat pada anak bisa menjadi penyebab sulit BAB. Oleh karena itu penting dalam mengobati susah buang air besar pada anak untuk memberinya cukup serat dengan menjadikan sayuran dan buah-buahan menu hariannya. Ada banyak jenis buah dan sayuran yang mengandung banyak serat, diantaranya adalah apel, brokoli, oatmeal, dan alpukat (Avokad). Disamping itu jenis kacang-kacangan, beras merah dan jagung juga merupakan makanan yang tinggi serat lainnya.

Baca juga: 4 Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Yang Ampuh dan Alami

2. Perbanyak Air Minum

Kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan salah satu penyebab susah BAB pada anak kecil. Mencukupi minum merupakan salah satuĀ Cara mengatasi susah buang air besar pada anak . Peran air bagi anak balita sangat penting karena rata-rata anak balita membutuhkan sekurang-kurangnya 1 sampai 1,5 liter kebutuhan cairan per hari. Maka penuhi minum air anak untuk mengatasi sulit BAB yang terjadi.

3. Minyak Kelapa

Saat anak mengalami sulit BAB anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai obat tradisional susah buang air besar untuk bayi dan balita (2 tahun sampai 3 tahun). Cara mengatasi susah buang air besar pada anak kecil dengan minyak kelapa sangat mudah. Caranya minyak kelapa digunakan untuk pelumas alami yang dioleskan pada anus anak agar BAB menjadi lancar. Hindari penggunaan obat pencahar pada anak kecil dan bayi seperti dulcolax dan sejenisnya.

4. Air Hangat

Biasanya saat anak kecil atau bayi mengalami susah buang air besar akan disertai sakit perut. Untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan air hangat. Cara mengatasi susah buang air besar pada anak kecil yang disertai dengan sakit perut yaitu dengan mengoleskan air hangat-hangat kuku yang dimasukkan ke dalam botol. Kemudian oles-oleskan pada perut anak dengan melakukan pijat melingkar seperti arah jarum jam. Hal itu akan menghilangkan rasa sakit perut anak saat Sulit BAB dan mengatasi sembelit yang dialami.

5. Pijat Perut

Selain menggunakan air hangat dan memijat perut si kecil, cara mengatasi susah buang air besar pada anak dengan pijat perutnya. Cara memijat untuk mengobati sulit BAB anak yaitu dengan terlebih dahulu mengoleskan perut anak dengan baby oil, minyak kayu putih atau minyak telon. Pijat lembut seperti arah jarum jam dan jangan menekan terlalu keras. Dengan memijat perut anak dengan baby oil maka sulit BAB anak dan bayi akan teratasi.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera bisa Anda manfaatkan untuk obat tradisional susah buang air besar untuk balita. Anda bisa meramu sendiri obat tradisional tersebut di rumah dengan mudah. Berikut ini cara mengatasi susah buang air besar pada anak balita atau anak usia 2, 3, 4 tahun dengan lidah buaya, yaitu:

  • Siapkan 1 batang lidah buaya, cuci dan iris kecil-kecil
  • Seduh dengan air mendidih sebanyak 1 gelas dan tambahkan madu
  • Aduk hingga tercampur rata dan minumkan pada anak 2, 3, dan 4 tahun selagi hangat.
  • Minum setengah dengan perlahan untuk sekali minum.

7. Jus Pepaya

Cara mengatasi susah buang air besar selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan buah pepaya yang dibuat jus. Jus pepaya merupakan salah satu obat susah buang air besar untuk anak 2 tahun. Dengan membuatnya menjadi jus dan meminumkannya maka akan membantu mengatasi sulit BAB nya. Buah pepaya terkenal dengan kandungan serat yang tinggi. Buat satu gelas jus pepaya dan minumkan secara rutin selama anak mengalami susah BAB maka akan membantu melancarkannya. Pepaya juga sangat cocok untuk dijadikan obat susah bab untuk anak 3 tahun.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi susah buang air besar pada anak kecil dan balita. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, khususnya para orangtua yang memiliki anak susah BAB. selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Susah Buang Air Besar Secara Alami

Loading...

1 thought on “7 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Anak Bayi dan Balita yang Aman”

  1. Apa tidak ada efek berbahaya pada saat memijat perut si bayi ?? mohon penjelasannya, Terimakasih

Leave a Comment