6 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami dan Cepat

Cara mengatasi telat datang bulan secara alami dan cepat. Selain kehamilan, banyak hal yang bisa penyebab telat datang bulan, mulai dari ketidakseimbangan hormon, penurunan berat badan, tiroid, penyakit ovarium dan masih banyak lagi. Dan salah satu dampak yang terjadi apabila datang bulan mengalami keterlambatan adalah munculnya jerawat dan perasaan tidak nyaman pada perut bagian bawah. Menstruasi atau haid yang terlambat pada wanita bervariatif bisa 1 minggu, 1 minggu bahkan ada yang sampai 2 bulan.

Loading...

Cara mengatasi datang telat datang bulan bisa dilakukan dengan banyak cara antara lain, mengkonsumsi obat telat haid di apotek, dan dan minum ramuan jamu tradisional.  Nah, apabila Anda mengalaminya, jangan buru-buru untuk meminum obat atau berobat ke dokter, karena terdapat beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami dan cepat yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. Bagaimana caranya?, simak berikut ini.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Cepat

cara mengatasi telat datang bulan

Cara mempercepat datang bulan pada haid yang sering terlambat memang tidak harus langsung pergi membeli obat telat haid di apotek, ada solusi lain yang lebih mudah untuk dilakukan. Dan berikut ini beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami, yaitu:

1. Rajin Berolahraga

Loading...

Salah satu cara mengatasi telat datang bulan yang paling efektif dan membantu agar periode datang bulan datar secara teratur adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi stres sehingga keseimbangan hormon menjadi lebih terjaga. Banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan. Dan Yoga merupakan jenis olahraga terbaik yang untuk mengatasi masalah telat haid.

Baca juga: Tips Cara Mengatasi Masalah Menstruasi Pada Wanita

2. Memperhatikan Asupan Makanan

Memperhatikan asupan makanan merupakan salah satu usaha atau cara mempercepat datang bulan. Selain itu, dengan memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi adalah  cara mengatasi telat datang bulan yang dapat dilakukan dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan berkuah hangat seperti soto, sup dan sebagainya.

Disamping itu, Anda juga disarankan secara rutin mengkonsumsi sayuran hijau agar periode datang bulan menjadi lebih teratur. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi jus buah terutama jus wortel dan jus anggur. Untuk sementara waktu hindari mengkonsumsi kafein dan alkohol, sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi susu.

3. Konsumsi Daun Parsley

Salah satu cara mengatasi telat datang bulan secara alami dan cepat adalah dengan mengkonsumsi daun parsley secara teratur. Daun parsley mampu membuat rahim berkontraksi sehingga akan memperlancar pengeluaran darah menstruasi (haid) yang terhambat. Caranya adalah dengan merebus daun parsley kemudian gunakan air rebussan tersebut untuk menyeduh teh sehingga rasanya tidak terlalu pahit. Bagi Anda yang sedang hamil atau mengalami masalah dengan ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi daun parsley karena dapat mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan.

4. Jahe

Mungkin banyak yang tidak mengetahuinya bila ternyata jahe cukup ampuh sebagai salah satu cara mengatasi telat datang bulan secara alami. Jahe akan membuat rahim berkontraksi sehingga akan merangsang darah menstruasi  keluar dari dalam rahin. Selain itu, zat zingerone yang terdapat dalam jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kram perut saat datang bulan. Cara mempercepat datang bulan dengan jahe yaitu dengan menyeduhnya bersama teh. Apabila Anda ingin siklus menstruasi menjadi normal kembali, minumlah teh jahe secara rutin setiap harinya.

5. Mengonsumsi Biji Lobak

Selama ini, hanya bagian umbi dari lobak yang diambil untuk dikonsumsi. Padahal, biji lobak yang muncul setelah berbuah bisa digunakan sebagai cara mengatasi telat datang bulan secara alami. Cara mempercepat datang bulan dengan biji lobak yaitu dengan mengambil setengah genggam biji lobak kemudian haluskan. Setelah itu, campurkan biji lobak yang telah dihaluskan dengan satu gelas susu sapi. Dengan rutin mengkonsumsinya minimal selama tiga bulan secara perlahan periode datang bulan akan menjadi normal.

6. Air Hangat

Air hangat lebih banyak digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan kram yang dirasakan saat datang bulan. Padahal air hangat juga dapat digunakan untuk mengatasi siklus datang bulan yang tidak teratur. Hal ini karena pada saat suhu disekitar perut mengalami peningkatan maka aliran darah juga menjadi lancar sehingga siklus menstruasi menjadi lebih lancar. Jangan terlalu panik apabila Anda mengalami telah datang bulan. Dan sekali lagi, disarankan sebelum Anda meminta bantuan kepada dokter atau mengkonsumsi obat obat telat haid di apotek. sebaiknya melakukan cara-cara diatas terlebih dahulu.

Demikianlah beberapa cara mengatasi telat datang bulan yang bisa dicoba. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami telat haid dan ingin melancarkannya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Ciri-Ciri Orang Hamil Menurut Tanda dan Gejala Kehamilan

Loading...

Leave a Comment