Cara Mengatasi Wajah Berminyak Berlebih Secara Alami dan Permanen

Cara mengatasi wajah berminyak berlebih secara alami dan permanen. Bagi seorang wanita wajah merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena diperhatikan oleh setiap orang di sekelilingnya. Orang cenderung mengartikan kecantikan dari wajah wanita. Bagaimana jika kulit wajah Anda kusam, berminyak dan berkomedo tentu akan mudah timbul jerawat. Tentu Anda tak ingin memiliki wajah yang cantik namun berjerawat, bukan?

Loading...

Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam bisa Anda lakukan dengan mudah dengan cara alami. karena jika tidak segera diatasi tentu hal itu akan sangat mengganggu penampilan Anda. Semua permasalahan di wajah disebabkan oleh kulit wajah yang berminyak. Selain kulit wajah berminyak akan menjadikan timbulnya jerawat, kulit wajah juga rentan mengalami komedo. Tidak hanya itu saja, wajah berminyak juga akan mudah melunturkan make up Anda. Oleh sebab itu maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi wajah berminyak berlebih tersebut.

Penyebab Wajah Berminyak

Pada Jenis kulit berminyak, kelenjar minyak bekerja berlebihan, sehingga kulit menjadi mengkilap, tebal, tonus kuat, pori-pori besar serta mudah mendapat masalah seperti komedo dan jerawat. Cara mengatasi wajah berminyak yang paling efektif dengan perawatan kulit berminyak yaitu dengan bahan alami yang bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Anda.

Salah satu penyebabnya adalah faktor gen. Selain itu,  pola makan Anda. Seperti, terlalu banyak mengkonsumsi gula, cairan, dan garam yang masuk ke dalam tubuh. Perawatan Kulit wajah untuk  mengatasi wajah berminyak, bukan untuk menghentikan produksi minyak wajah, tetapi hanya untuk mengontrol supaya tidak berlebihan, sebab minyak pada wajah juga sangat dibutuhkan.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam dengan Bahan Alami

cara mengatasi wajah berminyak

Kulit kusam dan berminyak memerlukan perawatan yang lebih atau ekstra. Untuk mengatasinya wajah kusam perlu beberapa hal yang harus Anda lakukan. Solusinya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dilakukan secara teratur ternyata dapat mengatasinya. Menggunakan bahan alami dari tanaman tersebut akan mencerahkan wajah yang kusam dan berminyak. Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam dengan bahan alami cenderung aman dan hemat.

Loading...

Ada beberapa tips merawat kulit wajah sebagai cara untuk mengatasi wajah berminyak, adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi produksi minyak di wajah, bisa dilakukan dengan diet, yaitu dengan menjaga asupan nitrisi dan mengontrol gula, cairan dan garam agar tidak berlebihan.
  • Tidak terlalu berlebihan mencuci wajah apalagi menggunakan sabun keras, seperti sabun pemutih. Karena minyak wajah diperlukan dan juga berfungsi untuk melicinkan kulit dan membantu memelihara kelembaban kulit. Jika kelenjar yang memproduksi minyak di wajah rusak maka kulit Anda akan menjadi kering, bersisik dan menyebabkan gatal serta kusam.
  • Hindari penggunaan sabun wajah yang mengandung bahan kimia atau alkohol. Carilah sabun yang berbahan dasar alamiah.
  • Jangan terlalu sering mencuci wajah.
  • Menggunakan pelembab yang sesuai untuk kulit berminyak.

Sebagai pelengkap cara mengatasi wajah berminyak yang kusam dan berjerawat. Berikut ini adalah bahan alami sebagai obat alami wajah berminyak yaitu:

1. Masker  Putih Telur

Cara mengatasi wajah berminyak yaitu dengan masker telur. Pemakaian masker pada wajah mempunyai khasiat tersendiri bagi kesehatan wajah Anda. Diantaranya bisa sebagai obat alami wajah berminyak. Kulit yang sehat merupakan ciri dari kulit yang cantik. Manfaat masker telur untuk menyegarkan wajah , memperbaiki dan mengencangkan kulit wajah. Di samping itu, juga bisa melancarkan aliran darah, merasang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini meregenerasi sel, serta mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Hal inilah yang membuat  masker merupakan pembersih wajah yang efektif dan cara mengatasi wajah berminyak yang ampuh. Sebaiknya pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan jarak waktu tertentu. Masker yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda, sebab tiap jenis wajah memerlukan perawatan yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Agar Putih Secara Alami Dalam Waktu Singkat dan Cepat

Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya masker putih telur:

  • Anda sediakan 4 butir telur. Pisahkan putih telur dengan kuningnya, dan ambil putih telurnya saja.
  • Anda kocok putih telur hingga berwarna putih kaku.
  • Masukkan setengah sendok teh perasan jeruk nipis dan setengah sendok teh madu.
  • Aduk hingga rata dan oleskan pada kulit wajah Anda. Tunggu selama 10 menit sampai mengering.
  • Setelah itu, Anda cuci muka dengan air hangat dan bilas dengan air dingin. Selesai

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

Kulit wajah yang berjerawat timbul karena wajah yang berminyak, berkomedo kemudian muncul jerawat. Dua hal ini satu paket dan tidak bisa dipisahkan. Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak maka sangat mudah Anda akan berjerawat. Ada beberapa cara mengatasi wajah berminyak untuk mencegah terjadinya jerawat. Berikut caranya:

1. Mentimun

Cara mengatasi wajah berminyak dengan mentimun sangat mudah untuk Anda lakukan. Mentimun terbukti ampuh untuk mengatasi wajah yang berminyak. Caranya, cuci bersih 1 buah mentimun, kemudian haluskan dengan menggunakan blender atau di parut. Gunakan timun yang sudah halus tersebut sebagai masker. Oleskan merata pada kulit wajah, diamkan selama 25 sampai 30 menit dan bilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal lakukan perawatan dengan masker mentimun 2 kali dalam seminggu.

2. Bengkoang

Selain mentimun cara mengatasi wajah berminyak berikutnya dengan masker bengkoang. Selain dapat mencerahkan kulit wajah, ternyata bengkoang bisa juga untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Caranya, Cuci 1 buah bengkoang, kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Setelah halus menjadi pasta gunakan untuk maskeran. Caranya seperti pada masker mentimun di atas. Gunakan masker bengkoang sebelum tidur, dengan menggunakan secara teratur dan rutin masker bengkoang akan menghilangkan minyak berlebih pada wajah dan dapat mengecilkan pori-pori sehingga bebas komedo dan jerawat.

3. Pisang

Cara mengatasi wajah berminyak dengan pisang bisa jadi alternatif selanjutnya. Pisang merupakan buah yang banyak mengandung vitamin yaitu vitamin A, vitamin B dan E yang bermanfaat mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu saja, pisang juga ampuh untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. nah bagaimana mengatasi kulit wajah berminyak dengan pisang?. Ambil 1 buah pisang yang ukuran sedang. haluskan hingga lembut bisa menggunakan blender atau ditumbuk. Gunakan pisang tersebut untuk masker. Oleskan masker keseluruh bagian wajah secara merata dan tunggu hingga 20 sampai 25 menit. Bilas menggunakan air bersih, lakukan perawatan ini 2 kali seminggu hingga wajah bebas minyak.

4. Daun Seledri.

Manfaat daun seledri sangat banyak selain untuk kecantikan, seledri juga berkhasiat untuk kesehatan. Ternyata manfaat seledri juga bisa menghilangkan minyak berlebih pada wajah Anda. Cara mengatasi wajah berminyak yaitu dengan mengambil segenggam seledri kemudian cuci dan potong kecil-kecil. Rebus irisan tersebut dengan air sampai mendidih selama 15 hingga 20 menit. Angkat dan dinginkan, setelah dingin basuh kulit wajah Anda menggunakan rebusan daun seledri tersebut. Diamkan beberapa menit dan basuh dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan rutin ini maka minyak berlebih akan hilang.

5. Jeruk Nipis

Buah yang kaya kandungan vitamin C nya ini ternyata bisa membantu Anda untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Cara mengatasi wajah berminyak dengan jeruk nipis sangat mudah dan ampuh khasiatnya. Caranya, Ambil 1 buah jeruk nipis kemudian cuci hingga bersih. Kupas kulitnya dan gunakan daging buah jeruk nipis untuk dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit kemudian basuh menggunakan air. Dengan rutin melakukannya maka wajah menjadi bersih bebas minyak berlebih dan jerawat.

6. Air Garam

Cara mengatasi wajah berminyak berlebih selanjutnya dengan menggunakan air garam. Saat kita berada di pantai kulit akan terasa kesat dan kering. Hal itu karena kandungan garam pada udara sekitar pantai tersebut. Oleh karena itu, garam bermanfaat ampuh mengatasi kulit wajah yang berminyak. Campurkan garam pada air dan aduk hingga tercampur. Gunakan air garam tersebut untuk membasuh muka Anda. Ulangi sekali lagi dan biarkan sebentar. Bilas dengan air hingga bersih, maka minyak akan dengan cepat terkurangi.

Demikianlah pembahasan saya tentang bagaimana merawat wajah berminyak dan cara mengatasi wajah berminyak. Semoga bermanfaat bagi Anda pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih

Loading...

2 thoughts on “Cara Mengatasi Wajah Berminyak Berlebih Secara Alami dan Permanen”

  1. mantab min infonya patut di coba , Terima Kasih

    Reply

Leave a comment