8 Cara Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh yang Ampuh Secara Alami

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang ampuh secara alami. Pengertian kolesterol adalah metabolik yang mengandung sterol yang ditemukan pada membran sel dan disalurkan atau disirkulasikan dalam plasma darah (menurut wikipedia). Dengan tingginya kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat memicu risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke dan serangan jantung meningkat. Kadar kolesterol yang tinggi tidak hanya dimiliki oleh orang yang gemuk saja, tapi bisa juga dialami oleh orang yang kurus. Kolesterol tinggi atau dislipidemia dialami juga pada orang yang berusia muda. Agar terhindar dari kolesterol tinggi tersebut maka memerlukan upaya yang benar untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Loading...

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh harus dilakukan dengan tepat, tidak semua jenis kolesterol berdampak buruk pada tubuh. Hanya kolesterol jahat atau LDL saja yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Untuk kolesterol baik atau HDL dapat membantu tubuh untuk melarutkan kolesterol jahat tersebut. Batas normal kadar kolesterol dalam darah yaitu 160-200 mg, jika melebihi batas tersebut maka bisa disebut kolesterol tinggi. Mengobati kolesterol atau menurunkan kadar kolesterol jahat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dan salah satunya yaitu dengan cara menurunkan kolesterol secara alami, seperti pola makan yang sehat. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang ampuh, simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh  Secara Alami

cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh

Dalam tubuh kita Terdapat dua jenis kolesterol. Lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang kita kenal dengan LDL (Low Density Lipoprotein). Lemak ini menempel pada pembuluh darah. Sedangkan Kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) adalah lemak yang melarutkan kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Ukuran normal kolesterol dalam darah adalah 160-200 mg, maka penumpukan kadar kolesterol LDL dalam jumlah yang banyak harus kita cegah, agar tetap dalam kondisi kolesterol yang normal. Berikut ini cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh secara alami, yaitu:

1. Teh Hitam

Loading...

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang ampuh pertama yaitu dengan minum teh hitam. Kandungan theaflavin pada teh hitam adalah paling tinggi dibandingkan jenis teh lainnya, bahkan lebih tinggi dari teh hijau. Theaflavin tersebut berguna sebagai antioksidan yang tinggi yang mampu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Minum 2 cangkir sehari mampu mengurangi sebanyak 40 persen kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menyehatkan jantung. Manfaat teh hitam bisa mencegah penumpukan kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah penyebab stroke dan penyakit jantung.

Baca juga: 4 Resep Tradisional Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Ampuh

2. Stroberi

Selain minum teh hitam, cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang ampuh yaitu dengan mengkonsumsi buah. Jenis buah yang bagus untuk mengobati kolesterol adalah stroberi. Dengan mengkonsumsinya selama sebulan dengan rutin setiap hari akan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Stroberi mengandung antioksidan yang tinggi karena kandungan vitamin C nya. Selain itu kandungan anthocyanin pada stroberi mampu mencegah dari penyakit kardiovaskular, yang salah satunya yaitu kolesterol.

3. Konsumsi Makanan Berserat.

Pola makan sehat merupakan cara menurunkan kolesterol secara alami yang paling efektif. Dengan Anda banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Mengkonsumsi makanan penurun kolesterol secara rutin dan teratur adalah cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Jenis makanan penurun kolesterol tersebut karena berguna untuk menyerap kolesterol yang ada pada darah Anda dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.

4. Konsumsi Antioksidan.

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh selanjutnya dengan cara mengkonsumsi secara teratur makanan penurun kolesterol yang memiliki antioksidan tinggi . Antioksidan banyak terdapat pada  makanan jenis buah-buahan, antara lain jeruk, stroberi, pepaya, wortel, dan labu. Antioksidan juga terkandung pada bawang putih, maka dengan mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Jahat di Dalam Darah Secara Alami

5. Diet.

Diet di sini tidak sama dengan diet untuk menurunkan berat badan. Diet untuk mengontrol kolesterol dilakukan dengan konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh dengan diet ini misalnya, dengan Anda mengurangi konsumsi daging dan mengkonsumsi susu. Untuk susu yang rendah lemak masih boleh. Pilihlah makanan yang mengandung kandungan lemak tak jenuh. Minyak yang biasa gunakan berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan gorengan.

6. Hindari Rokok Dan Alkohol.

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang ampuh yaitu dengan menghindarkan Alkohol dan rokok adalah salah satu pemicu menumpuknya kolesterol dalam darah Anda. Dengan menghindari dua kebiasaan yang tidak sehat ini, Anda akan lebih bisa mengontrol kolesterol. Jadi untuk Menurunkan kolesterol dalam tubuh,yaitu dengan berhenti merokok atau minum minuman beralkohol, dan biasakan pola hidup sehat.

7. Berolahraga.

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang satu ini memang wajib Anda lakukan. Olahraga memang berpengaruh besar pada kesehatan dan pencegahan terhadap masalah-masalah penyakit. Salah satunya pada kolesterol. Berolahraga dengan teratur yang disesuaikan dengan umur dan kemampuan dapat menjaga kadar kolesterol normal dan berat badan ideal. Untuk mengobati kolesterol maka jadwalkan kegiatan olahraga secara rutin, yaitu 3 kali dalam seminggu, dan lakukan 30 sampai 60 menit. Jenis olahraga yang disarankan untuk mengobati kolesterol seperti berlari, berenang, bersepeda yang bisa dilakukan bersama teman-teman agar aktivitas olahraga lebih menyenangkan.

8. Menjaga Berat Badan

Cara mengendalikan kolesterol dalam tubuh yang tepat dan aman yaitu dengan memperhatikan berat badan Anda. Usahakan untuk tidak memiliki berat badan yang berlebihan. Mulailah memperhatikan pola makan sehat, dan kebiasaan-kebiasaan yang sehat juga. Lakukan olahraga secara rutin dan hindari makanan yang menyebabkan badan menjadi gemuk.

Demikianlah bahasan tentang bagaimana mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya, dan salam sehat!!

Baca juga: 13 Buah dan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Paling Ampuh

Loading...

1 thought on “8 Cara Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh yang Ampuh Secara Alami”

  1. Tips yang bagus untuk hadapi kolestrol jahat..

Leave a Comment