3 Cara Menggunakan Eyeliner Untuk Pemula Menurut Jenisnya dengan Mudah

Cara menggunakan eyeliner untuk pemula menurut jenisnya dengan mudah. Eyeliner yang digunakan wanita untuk berhias memiliki bentuk yang macam-macam seperti eyeliner cair, spidol, dan pensil. cara memakainya pun tentu tidak sama antara jenis satu dengan yang lainnya. Untuk pemula biasanya lebih menyukai eyeliner pensil karena cara pakainya lebih mudah. Sebenarnya cara pemakaian eyeliner seperti cair dan spidol pun tidak sulit dilakukan bagi pemula, tinggal mengetahui caranya dan mencoba berulang-ulang maka akan bisa.

Loading...

Cara menggunakan eyeliner yang benar akan membuat penampilan semakin segar dan tegas, khususnya dalam mempercantik tampilan pada area mata. Apalagi mata merupakan memiliki manfaat khusus saat kita berkomunikasi dan untuk menarik perhatian orang lain. Biar lebih jelas tentang cara memakai eyeliner untuk pemula, Ada baiknya Anda mengetahui penggunaan yang tepat jenis eyeliner tersebut. Simak yang berikut ini tentang cara menggunakan eyeliner yang benar menurut jenis dan macamnya.

Cara Menggunakan Eyeliner yang Benar dan Tepat Sesuai Jenisnya

cara menggunakan eyeliner

Eyeliner memiliki macam-macam jenis dan harganya. Untuk jenis eyeliner yang cocok untuk pemula, disarankan menggunakan eyeliner pensil. Namun tidak ada salahnya Anda juga mencoba menggunakan jenis lain seperti eyeliner cair, spidol dan lainnya agar bisa memilih jenis apa yang paling bagus dan cocok untuk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memakai eyeliner berdasarkan jenisnya. Eyeliner memiliki 3 kategori, masing-masing mempunyai bentuk yang unik dan tingkat kesulitan pemakaian yang berbeda. Berikut ini cara menggunakan eyeliner sesuai jenis dan macamnya, yaitu:

Eyeliner Berbentuk Pensil

Loading...

Eyeliner berbentuk pensil menjadi pilihan mudah dan cepat dalam cara menggunakan eyeliner, sehingga lebih dapat sering dipakai untuk make-up sehari-hari. Untuk cara menggunakan eyeliner jenis pensil agar mendapatkan hasil yang baik dan tidak luntur, yaitu dengan memakai ujung pensil tersebut selalu dalam keadaan tajam sebelum digunakan. cara menggunakan eyeliner pensil yang benar untuk pemula, yaitu:

  • Pertama-tama, rautlah ujung pensil pada eyeliner secara memutar, sehingga ujung pensilnya menjadi tajam dan siap untuk Anda gunakan. Namun sebelum itu, bersihkan terlebih dahulu ujung pensil dari sisa-sisa rautan.
  • Mulailah menarik garis menyamping pada mata bagian atas tepat di atas bulu mata dari sudut dalam hingga sudut luar mata dengan satu garis yang menyambung, dan usahakan sedekat mungkin dengan bulu mata atas. Lebar dari garis tersebut tergantung dari tekanan yang Anda berikan.
  • Ulangi pada bagian bawah mata, mulailah dari bagian tengah dan tarik garis hingga sudut luar mata.

Baca juga: Cara Memakai Eyeliner Pensil Untuk Pemula yang Benar dan Mudah

Eyeliner Berbentuk Padat

Eyeliner bentuk ini lebih terlihat natural dan mudah digunakan. Beberapa perias dan pe make up artis banyak yang menggunakan jenis eyeliner ini. Biasanya digunakan dengan kuas yang memiliki ujung bulu pendek dan permukaannya datar. Cara menggunakan eyeliner yang berbentuk padat atau bedak, memerlukan kuas yang harus sudah dibasahi terlebih dahulu. Namun  ada juga beberapa orang yang menggunakan kuas kering.

Untuk menjaga agar eyeliner padat tidak mudah memudar atau luntur saat digunakan ada tipsnya. Tips agar eyeliner padat tidak luntur dan tahan lama, yaitu dengan  dioleskan sedikit foundation yang bebas minyak pada sekitar kelopak mata sebelum menggunakannya. Berikut cara menggunakan eyeliner berbentuk padat atau bedak sebagai berikut:

  • Bersihkan terlebih dahulu kuas yang akan digunakan. Sebaiknya sebelum memulai, beri setetes air atau krim mata di atas punggung tangan kiri Anda, dan mulai basahkan kuas tersebut.
  • Oleskan kuas yang telah dibasahi tersebut ke dalam eyeliner padat, dan mulailah membuat garis menyamping tepat di atas bulu mata.
  • Ulangi beberapa kali pada bagian tersebut, apabila Anda ingin memperjelas garis tersebut, namun harus mulai dilakukan pada bagian tengah bukan pada sudut bagian dalam mata. Hal ini bertujuan agar membuat mata Anda terkesan lebih lebar.
  • Lalu gunakan cotton bud yang sudah dibasahi, usapkan secara berlahan pada bagian mata yang telah diberi eyeliner dan buat garis tadi, sehingga make up wajah terlihat menjadi lebih lembut.

Eyeliner Berbentuk Cair

Dari ketiga bentuk atau jenis eyeliner, eyeliner berbentuk cair adalah jenis yang mampu bertahan lama dan mempunyai tingkat kepekatan paling mencolok. Setiap orang yang pernah menggunakan eyeliner ini percaya bahwa cara menggunakan eyeliner cair lebih sulit dibandingkan dengan jenis eyeliner lainnya. Hal ini karena biasanya eyeliner ini sudah dikemas bersama kuas kecil dengan ujung yang sangat baik untuk membuat garis make up wajah, sehingga sangat cocok digunakan bagi pemula. Cara memakai eyeliner cair sendiri sesuai bentuk mata yang benar yaitu:

  • Tarik bagian sudut mata bagian luar dengan tangan yang lain, kemudian buatlah garis di atas bulu mata secara menyamping, usahakan membuat garis tersebut setipis mungkin.
  • Jika Anda menginginkan kesan berkabut “smoky”, tambahkan garis di atas garis yang telah dibuat sebelumnya dengan kuas, namun tunggu sampai garis eyeliner pertama mengering.
  • Untuk mempertegas garis pada ujung sudut luar mata, lanjutkan dengan menambah bayangan pada ujung mata dan beri kesan sedikit menaik.

Sebagai tambahan dalam memakai eyeliner penting untuk diperhatikan bentuk mata. Bentuk mata pada wanita beda-beda ada yang mata sipit dan mata besar. Oleh karena itu cara memakai eyelinernya pun tentu membutuhkan teknik yang berbeda juga. Tapi satu yang paling penting dalam memakai eyeliner yaitu dengan terus mencoba dan latih tangan Anda cara menggaris dan menebalkannya hingga mahir.

Demikianlah pembahasan tentang cara menggunakan eyeliner sesuai  jenis dan macamnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Cek Masa Kadaluarsa Produk Kosmetik Anda

Loading...

Leave a Comment