6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Lama Secara Alami dengan Cepat

Cara menghilangkan bekas luka bakar lama secara alami dengan cepat.  Kulit tangan, kaki, wajah dan bagian tubuh lain berisiko mengalami luka bakar dan kemudian membekas dengan warna yang menghitam jika sudah lama atau pun menahun. Ada banyak penyebab luka bakar pada kulit tersebut seperti kena knalpot di kaki, terkena api langsung atau bahkan akibat bawang putih yang terkena kulit secara terus menerus. Untuk mengatasi bekas luka bakar ini maka perlu perawatan yang bisa dilakukan seperti penggunaan salep penghilang bekas luka bakar di apotik seperti bioplacenton atau krim dari resep dokter. Namun selain penggunaan obat tersebut, cara lain yang terbilang cukup ampuh menyamarkan bekas luka bakar yaitu dengan cara alami.

Loading...

Cara menghilangkan bekas luka bakar yang sudah lama bahkan yang sudah menahun membutuhkan ketlatenan. Hal itu juga berlaku untuk cara alami dan tradisional, Anda hanya memerlukan bahan herbal dari tanaman atau tumbuhan yang kemudian mengoleskannya secara teratur. Agar lebih jelasnya tentang cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami dan cepat. Simak ulasan tips dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Sudah Lama (Tahunan) Secara Alami

Kondisi bekas luka bakar yang hitam di kaki, tangan atau wajah memang akan mengganggu penampilan Anda. Apalagi bekas luka tersebut terlihat di kulit yang terbuka dengan warna menghitam yang mencolok. Namun jika saat ini Anda mempunyai bekas luka bakar maka tak perlu khawatir. Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar dengan cepat secara alami, antara lain:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang dipercaya mampu menyamarkan warna hitam pada bekas luka bakar. Tidak hanya untuk bekas luka saja, manfaat lain lidah buaya untuk kulit yaitu mampu mengobati luka bakar. Gel atau lendir lidah buaya dapat membantu memulihkan jaringan sel yang rusak akibat terbakar dan mengatasi bekas hitam setelahnya. Cukup mudah cara menghilangkan bekas luka bakar dengan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka hitam secara rutin hingga hilang warna hitam tersebut.

Loading...

Baca juga: 3 Obat Koreng Paling Ampuh dan Manjur dalam Sekejap Terbukti Mujarab!

2. Bawang Putih

Bawang putih bisa menjadi salah satu penyebab luka bakar yang menghitam. Penggunaan perawatan kulit dengan bawang putih yang berlebihan dan terlalu sering dalam jangka panjang maka akan menimbulkan warna hitam pada kulit. Namun perawatan yang benar malah sebaliknya, bawang putih bisa menghilangkan bekas luka bakar. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bawang putih dengan diparut kemudian tempelkan pada kulit yang memiliki bekas luka hitam tersebut dan diamkan hingga mengering kemudian bilas. lakukan 3 kali seminggu saja.

3. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun memang sudah tidak diragukan lagi untuk kulit. Minyak zaitun yang selama ini terkenal dengan manfaatnya untuk mengatasi kulit kering ternyata memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas luka bakar juga. Penggunaan minyak zaitun untuk bekas luka ini memang terbilang lambat namun demikian akan bisa memulihkan kembali ke warna semula. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka bakar dengan minyak zaitun, yaitu:

  • Oleskan pada kulit tangan, kaki atau wajah bekas luka bakar yang hitam.
  • Lakukan pijatan lembut beberapa menit agar meresap.
  • Lakukan rutin 2 sampai 3 kali setiap hari yaitu pagi, siang dan malam sebelum tidur maka lambat tapi pasti warna gelap dan hitam pada bekas luka bakar akan hilang.

4. Kunyit

Kunyit merupakan bahan herbal yang biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Namun ternyata manfaat kunyit juga bisa digunakan sebagai penghilang bekas luka bakar secara alami dengan cepat. Untuk hasil yang cepat maka kunyit diolah menjadi ramuan salep dengan dicampur yogurt. Berikut cara menghilangkan bekas luka bakar dengan kunyit, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit, madu  dan  yoghurt (jika tidak ada bisa diganti dengan susu cair)
  • Campurkan bubuk kunyit dan yogurt dan tambahkan madu secukupnya.
  • Aduk hingga menjadi kental seperti pasta.
  • Oleskan pada bekas luka bakar dan diamkan selama 3 sampai 5 menit.
  • Pijat dan gosok-gosok lembut kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari maka akan cepat menghilangkan warna hitam bekas luka tersebut.

 

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang mujarab untuk menghilangkan warna hitam menahun atau yang sudah lama pada bekas luka. Jika bekas luka bakar yang hitam tersebut di wajah maka buat menjadi masker. Jika bekas luka bakar pada kaki, tangan dan lainnya maka cukup dioleskan saja. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka bakar hitam dengan jeruk nipis, yaitu:

  • Siapkan  1 buah jeruk nips kemudian peras jeruk nipis dan ambil airnya.
  • Oleskan pada kulit yang memiliki bekas luka bakar yang sebelumnya anda bersihkan.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  • Bilas merata hingga bersih menggunakan air.

6. Lemon

Lemon juga bisa Anda gunakan sebagai penghilang bekas luka bakar yang menghitam dan lama. Supaya lebih ampuh dan cepat dalam menghilangkan warna hitam bekas luka tersebut lemon dicampur dengan tomat. Cara menghilangkan bekas luka bakar dengan lemon sangat mudah dan cepat, yaitu:

  • Oleskan air lemon dengan campuran tomat yang telah diblender halus pada kulit yang memiliki bekas luka.
  • Diamkan selama 25 sampai 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.
  • Agar hasilnya lebih cepat pada malam harinya gunakan air lemon saja kemudian oleskan kemudian biarkan mengering dan bilas.

Itulah tadi kumpulan cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam dan sudah lama secara alami dan cepat. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki yang Menghitam dengan Cepat

Loading...

Leave a Comment