Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Akibat Gatal Secara Alami & Cepat

Cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal secara alami & cepat. Menggaruk kulit yang gatal karena koreng, alergi dan gigitan nyamuk dapat menyebabkan luka. Luka tersebut seiring waktu bisa membuat warna kulit yang tadinya gatal tersebut menjadi hitam. Bekas luka yang menghitam karena gatal bisa terjadi dimana-mana seperti tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Nah, jika dibagian kulit terbuka seperti kaki misalnya maka akan sangat mengggangu penampilan Anda. Kulit menjadi tidak mulus dan ada noda hitam yang membuat kulit kaki menjadi belang-belang. Lantas, adakah cara menghilangkan bekas hitam di kaki karena gatal tersebut?.

Loading...

Ada banyak cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal yang bisa dilakukan seperti dengan membeli krim penghilang bekas luka yang ada di apotik. Namun jika Anda ingin menggunakan cara yang alami dan cepat maka beberapa bahan alami dapat Anda buat menjadi obat penghilang bekas luka hitam alami yang efektif. Nah, apa saja bahan alami yang bisa menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal dan cara pemakaiannya. Simak jawaban lengkapnya dibawah ini.

Kumpulan Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Akibat Gatal

Memang bekas luka gatal dikaki bisa menjadi hitam dan susah untuk dihilangkan jika sudah lama atau sudah bertahun tahun. Namun tak perlu khawatir dengan teratur melakukan perawatan kulit secara alami bisa menghapus noda tersebut. Berikut ini macam-macam cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal antara lain:

1. Air Kelapa

Menghilangkan bekas hitam di kaki karena gatal yang sudah lama bisa dilakukan dengan menggunakan air kelapa. Kandungan vitamin dan mineral pada air kelapa ternyata mampu mengembalikan warna kulit yang menghitam akibat luka yang digaruk-garuk karena gatal. Cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal dengan air kelapa ini terbukti ampuh dan cepat. Berikut ini caranya:

Loading...
  • Siapkan air kelapa kemudian bersihkan terlebih dahulu bekas luka yang menghitam tersebut.
  • Oleskan dengan bantuan kapas dan biarkan hingga kering.
  • Lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari pagi dan malam sebelum tidur.
  • Anda juga disarankan minum air kelapa secara rutin untuk pengobatan dari dalam.

Baca juga:  3 Obat Koreng Paling Ampuh dan Manjur dalam Sekejap Terbukti Mujarab!

2. Madu

Madu memiliki manfaat yang banyak untuk kecantikan dan salah satunya yaitu dapat membantu menghilangkan bekas gatal yang menghitam bertahun-tahun. Memang tidak bisa secara instan untuk hasilnya namun dengan merutinkan pemakaiannya akan dapat mengembalikan warna kulit yang memiliki bekas hitam karena gatal tersebut normal kembali. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal dengan madu, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok madu dan 1 sendok oatmeal
  • Campur hingga menjadi adonan seperti pasta
  • Bersihkan terlebih dahulu kulit kaki yang memiliki bekas luka hitam.
  • Oleskan campuran madu dan oatmeal tadi pada kulit kaki tersebut.
  • Diamkan selama 1 jam atau lebih kemudian bilas hingga bersih.
  • Lakukan secara rutin 2 kali sehari pada pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur.

3. Lidah Buaya

Untuk menghilangkan bekas luka di kaki yang sudah lama bisa juga dilakukan dengan memakai lidah buaya. Seperti diketahui bahwa manfaat lidah buaya untuk kulit sangat banyak diantaranya dapat melembabkan kulit dan mencerahkan kembali bekas luka yang menghitam. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan asam amino dan antioksidan yang mampu mengembalikan kulit menjadi normal akibat kerusakan. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal, yaitu:

  • Siapkan 1 batang lidah buaya kemudian potong dan ambil bagian gelnya.
  • Anda bisa mengambil gel tersebut dengan menggunakan sendok kemudian masukkan dalam mangkuk atau sejenisnya.
  • Oleskan gel lidah buaya tadi pada kulit kaki yang memiliki bekas luka hitam akibat koreng, alergi atau gatal lainnya.
  • Setelah dioleskan merata pada kulit kaki selanjutnya diamkan hingga kering sendiri.
  • Lakukan 2 sampai 3 kali setelah mandi dan malam menjelang tidur.

4. Minyak Kelapa

Jika tadi cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal dengan menggunakan air kelapa ternyata bisa juga dengan minyaknya. Kandungan pada minyak kelapa yang kaya asam lemak mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu penyembuhan luka pada kulit dan memperbaiki kerusakannya. Selain itu, bisa membantu mengembalikan kulit yang memiliki noda hitam membandel menjadi normal kembali. Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas luka gatal yang sudah lama sangatlah mudah. Oleskan minyak kelapa pada kulit kaki yang memiliki noda bekas luka kemudian biarkan hingga kering sendiri. Lakukan perawatan ini 3 sampai 4 kali secara rutin setiap hari setelah mandi dan sebelum tidur.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki yang Menghitam dengan Cepat

5. Air Lemon

Air lemon yang kaya kandungan vitamin C dan antioksidan sangat berguna untuk kulit. Dengan memakaikan air lemon pada kulit yang memiliki noda hitam di kaki yang sudah bertahun tahun mampu menghilangkannya. Kulit menjadi normal kembali dan warna kulit menjadi putih seperti sediakala. Tidak hanya air lemon yang bisa dijadikan obat alami penghilang bekas luka gatal, jeruk nipis juga bisa. Oleh karena itu jika Anda tidak memiliki buah lemon maka bisa diganti dengan penggunaan jeruk nipis. Berikut adalah cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal yang sudah bertahun-tahun, yaitu:

  • Siapkan 1 buah lemon yang segar kemudian potong menjadi dua bagian.
  • Peras lalu ambil airnya dan tuang pada wadah.
  • Cuci kulit kaki yang memiliki noda hitam di kaki yang sudah bertahun tahun kemudian oleskan dengan air lemon tadi.
  • Biarkan hingga kering kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.
  • Lakukan secara teratur 2 kali sehari pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur.

6. Baking Soda

Baking soda yang selama ini dikenal untuk bahan membuat kue ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka gatal yang sudah lama. Seperti diketahui bahwa soda kue atau baking soda ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan anti peradangan maka tak heran sering juga digunakan untuk menyembuhkan jerawat dan penghilang bekasnya. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal dengan baking soda, yaitu:

  • Siapkan 2 sendok bubuk baking soda dan masukkan dalam wadah.
  • Tambahkan 1 gelas air kemudian aduk hingga tercampur rata dan mengental.
  • Bersihkan terlebih dahulu kulit kaki yang memiliki bekas luka gatal dan oleskan campuran baking soda tersebut.
  • Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.
  • Lakukan perawatan kulit ini 1 kali sehari pada malam sebelum tidur.

7. Pepaya

Buah pepaya ternyata selain memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan juga bisa untuk penghilang bekas luka. Pepaya bisa dijadikan untuk menghilangkan noda hitam di kaki bekas koreng dan alergi yang ampuh. Perlu diketahui manfaat pepaya untuk kulit lainnya yaitu dapat melembabkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingg kulit menjadi lebih segar, putih dan cerah. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal dengan pepaya, yaitu:

  • Siapkan 2 sendok daging buah pepaya yang sudah matang kemudian campurkan dengan gula merah dan susu secukupnya.
  • Aduk hingga tercampur rata dan bersihkan terlebih dulu kulit yang memiliki bekas luka karena gatal tersebut.
  • Oleskan merata campuran pepaya tadi pada kulit kaki dan diamkan 20 menit lalu bilas.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari sekali.

Itulah macam-macam cara menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal karena koreng, alergi, cara air dan sejenisnya. Semoga info tadi bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama dan Menghitam

 

Loading...

Leave a Comment