Cara Menghilangkan Bekas Luka Gatal yang Menghitam Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan bekas luka gatal yang menghitam secara alami dan cepat. Memiliki bekas luka pada kaki, paha, leher, bokong, selangkangan memang membuat seseorang tidak nyaman. Apalagi bekas luka tersebut terjadi pada kulit yang terbuka seperti di kaki dan tangan maka akan membuat percaya diri berkurang. Setiap orang meski memiliki bekas luka entah karena luka bakar, luka lecet oleh benda tumpul dan lainnya. Biasanya bekas luka yang mulai mengering tersebut akan terasa gatal sehingga tak jarang kita tak sadar menggaruknya dan akhirnya menimbulkan luka.

Loading...

Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka gatal yang umum dilakukan yaitu menggunakan salep atau obat penghilang bekas luka gatal di apotik. Sebetulnya dengan menggunakan bahan alami bisa juga membantu menghilangkan bekas luka gatal tersebut dengan cepat. Nah, bagaimana cara menghilangkan bekas luka gatal tersebut. Simak beberapa cara alami di bawah ini.

Kumpulan Cara Menghilangkan Luka Bekas Gatal dengan Alami dan Cepat

Cara alami tidak hanya bisa membantu menghilangkan bekas luka gatal karena digaruk saja bahkan ampuh juga untuk menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam dan bekas gatal alergi pada kulit. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas luka gatal secara alami, yaitu:

1. Madu

Madu adalah bahan alami yang berkhasiat menghilangkan bekas gatal yang disebabkan oleh alergi pada kulit, koreng dan bekas luka gatal lainnya. Manfaat madu untuk penghilang bekas luka tersebut karena memang madu mengandung antioksidan yang tinggi yang berguna mengangkat sel kulit mati. Cara menghilangkan bekas luka gatal dengan madu sangat mudah yaitu cukup Anda siapkan 1 sendok makan madu kemudian oleskan pada kulit yang memiliki bekas luka seperti kaki dan lainnya. Diamkan selama 25 sampai 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan dengan madu ini setiap hari.

Loading...

Baca juga: 3 Obat Koreng Paling Ampuh dan Manjur dalam Sekejap Terbukti Mujarab!

2. Lidah Buaya

Penggunaan dan manfaat lidah buaya memang sudah terkenal sejak dulu. Begitu juga dengan manfaatnya sebagai penghilang bekas gatal yang menghitam. Lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kulit seperti melembabkan dan mengatasi kulit kering selain itu juga biasa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah sebagai masker. Cara menghilangkan bekas luka gatal dengan lidah buaya cukup mudah dilakukan. Siapkan gel lidah buaya kemudian oleskan pada kulit yang mempunyai bekas gatal secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas. Lakukan perawatan ini secara rutinĀ  dan teratur setiap hari.

3. Minyak Zaitun

Minyak dari biji zaitun ini memang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Diantara manfaat minyak zaitun untuk kulit yaitu bisa menghilangkan bekas gatal yang menghitam dengan cepat. Bahkan pemakaian yang teratur dan rutin setiap hari khasiatnya lebih ampuh dibanding penggunaan obat penghilang bekas luka gatal di apotik. Cara menghilangkan bekas luka gatal dengan minyak zaitun sangat mudah. Siapkan 1 sendok makan minyak zaitun kemudian campur dengan 1 sendok teh madu lalu oleskan pada kulit. Dengan penggunaan secara teratur setiap hari akan menghapus warna hitam bekas gatal dengan cepat.

4. Putih Telur

Putih telur merupakan bahan alami yang banyak manfaatnya untuk kulit seperti mengencangkan kulit wajah dan mencerahkan. Disamping itu mengoleskan putih telur pada kulit yang memiliki bekas gatal yang hitam bisa menghilangkannya dengan cepat. Hal ini dikarenakan pada putih telur memiliki kandungan protein tinggi dan merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kulit. Cara menghilangkan luka bekas gatal dengan putih telur cukup mudah yaitu dengan mencampur putih telur dengan 1 sendok makan jeruk manis kemudian dioleskan pada kulit. Diamkan beberapa menit dan bilas.

Cara menghilangkan Bekas Luka Gatal Secara Tradisional

Selain cara-cara di atas ada cara lain dengan membuat ramuan tradisional yang dipakai sebagai salep. Bahan herbal yang dibuat untuk obat penghilang bekas gatal tradisional yaitu kencur dan daun jarak. Dua ramuan tadi dipercaya sangat ampuh memutihkan bekas luka gatal yang menghitam dan susah untuk diatasi. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka luka gatal secara tradisional yaitu:

1. Kencur

Seperti diketahui bahwa kencur merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat pengobatan. Sering penggunaan kencur ini dibuat menjadi obat atau jamu tradisional untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Namun ternyata manfaat kencur ini bisa dijadikan penghilang bekas gatal yang lama. Bagaimana caranya?. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka gatal dengan kencur, yaitu:

  • Siapkan segenggam beras yang sudah direndam selama sehari semalam.
  • Tumbuk beras dengan 4 ruasĀ  kencur tambahkan sedikit air hingga seperti salep.
  • Oleskan salep penghilang bekas gatal tersebut pada kulit dan biarkan hingga kering.
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 2 hari sekali.

2. Daun Jarak

Daun jarak selain memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit ternyata bisa digunakan sebagai obat tradisional menghilangkan bekas luka hitam yang ampuh. Cara menghilangkan bekas luka gatal dengan daun jarak terlebih dahulu dengan meramunya. Rebus beberapa lembar daun jarak kemudian basuhkan pada kulit yang memiliki bekas hitam tersebut.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bekas luka gatal yang menghitam secara alami ampuh dan cepat. Semoga tips tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Lama Secara Alami dengan Cepat

Loading...

Leave a Comment