6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami dengan Cepat

Cara menghilangkan bekas luka lama secara alami dengan cepat. Mempunyai bekas luka lama yang menghitam akan menjadi masalah penampilan pada pria, dan menjadi perhatian lebih bagi wanita. Luka lama yang menjadi bekas hitam tersebut selain tidak sedap dipandang mata, bekas luka itu akan mengurangi penampilan Anda dan rasa percaya diri. Bahkan bekas luka yang hitam pada bagian wajah, tangan dan kaki membuat risih dan kurang pede di depan umum. Nah, jika Anda memiliki bekas luka lama yang menghitam dan membandel tak perlu khawatir, ada cara menghilangkannya dengan bahan alami.

Loading...

Cara menghilangkan bekas luka lama dengan bahan alami terbukti ampuh dan tidak memiliki efek samping selama penggunaannya. Ada beberapa bahan alami yang terkenal sebagai bahan alami penghilang bekas luka lama yang sulit untuk dihilangkan, seperti minyak kelapa, aloe vera (lidah buaya dan lainnya. Agar lebih jelasnya tentang bahan alami apa saja sebagai cara menghilangkan bekas luka lama yang ampuh dan cepat, simak lengkapnya dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka lama dengan Bahan Alami

cara menghilangkan bekas luka lama

Memang luka lama yang menghitam pada kulit bukan merupakan masalah serius seperti jenis penyakit kronis. Namun keberadaannya pada kulit di wajah, kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya menjadi masalah penampilan. Untuk mengatasinya sebenarnya bisa menggunakan obat penghilang bekas luka yang dengan mudah dibeli di apotik atau melakukan penanganan langsung ke dokter kulit. Namun jika Anda penyuka bahan alami sebagai obat bekas luka lama, berikut ini cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam dengan bahan alami, yaitu:

1. Bawang Putih

Loading...

Bawang putih merupakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang berwarna putih ini sering digunakan para ibu sebagai bumbu untuk masakan. Tahukah Anda banyak manfaat bawang putih tersebut diantaranya sebagai obat alami pilek dan batuk pada anak kecil. Ternyata tidak hanya itu saja, bawang putih sangat ampuh dalam menyamarkan warna hitam pada luka lama. Cara menghilangkan bekas luka lama dengan bawang putih tidak sulit, Anda Cukup dengan mengirisnya tipis kemudian digosokkan pada bekas hitam luka lama selama kurang lebih 1 menit, maka bekas luka hitam pun bisa hilang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Sudah Lama dan Menghitam

2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki khasiat luar biasa untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya yang belum banyak diketahui yaitu bisa dengan cepat menghilangkan bekas luka lama yang hitam dan susah dibersihkan. Hal itu dikarenakan pada kandungannya, Lidah buaya mengandung asam amino dan lignin yang berfungsi melembabkan kulit, meregenerasi sel kulit mati penyebab kusam dan menghilangkan bekas luka lama membandel. Nah, berikut ini cara menghilangkan bekas luka lama yang hitam dengan lidah buaya, yaitu:

  • Siapkan 1 batang lidah buaya dan kupas kulit luarnya dan keluarkan gelnya
  • Bersihkan kulit yang ada bekas luka lama dan keringkan
  • Oleskan gel lidah buaya pada area kulit tersebut dengan melakukan pijatan memutar beberapa detik
  • Diamkan selama 25 sampai 30 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih
  • Lakukan perawatan ini dua kali sehari agar cepat hilang bekas lukanya
  • Perlu diperhatikan jangan tercampur getahnya pada gel karena bisa menimbulkan gatal.

3. Mentimun

Satu lagi bahan alami yang banyak membantu kaum hawa dalam kecantikan dan kesehatan yaitu timun atau mentimun. Buah yang banyak mengandung air dan vitamin C ini diperkaya juga akan potassium yang ampuh menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan yang paling unik yaitu silika, mentimun mengandung silika alami yang membantu peningkatan produksi kolagen yang berguna mencegah kulit keriput. Selain itu mengoleskan mentimun pada bekas luka lama yang hitam akan hilang tanpa sisa. Cara menghilangkan bekas luka lama hitam dengan mentimun, adalah sebagai berikut:

  • Siapkan setengah buah mentimun ( sesuaikan kebutuhan) dan cuci hingga bersih
  • Potong dengan ukuran kecil-kecil, kemudian blender hingga menjadi lembut atau bisa juga dengan cara ditumbuk.
  • Oleskan mentimun pada malam hari sebelum tidur pada bekas luka lama dan biarkan semalaman, dan bersihkan saat pagi keesokan harinya.
  • Lakukan setiap malam secara rutin maka bekas luka lama akan berangsur-angsur akan hilang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam di Wajah Secara Alami dalam 1 Hari

4. Madu

Siapa yang tidak kenal dengan bahan alami ini, iya madu. Manfaat madu sangat banyak meliputi kesehatan dan kecantikan. Untuk kecantikan kulit madu bisa dimanfaatkan untuk obat penghilang bekas luka yang menghitam. Bahkan penggunaan madu untuk obat alami bekas luka atau koreng sangat direkomendasikan oleh banyak penelitian ahli kulit. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam dengan madu, yaitu:

  • Siapkan madu secukupnya disesuaikan dengan penggunaannya
  • Bersihkan kulit yang memiliki bekas luka hitam dengan air dan keringkan dengan handuk
  • Oleskan madu pada kulit tersebut dan biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air hangat
  • Lakukan 2 kali sehari pagi dan malam menjelang tidur, makin sering menggunakannya maka akan makin cepat menghilangkan bekas luka lama yang hitam tersebut.

5. Lemon

Lemon memang bisa disebut pemutih yang luar biasa. Selain mampu membersihkan gigi kuning ternyata lemon bisa digunakan untuk pemutih atau penyamar warna hitam pada bekas luka lama yang membandel. Hal itu dikarenakan pada kembaran jeruk nipis ini mengandung Alpha Hidroxy Acids yang ampuh menghilangkan warna hitam pada bekas luka menjadi putih seperti sedia kala. Selain itu mengoles lemon pada bekas luka akan mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit mati. Cara menghilangkan bekas luka lama yang hitam pada kaki, tangan dan wajah yaitu cukup dengan mengoleskannya, lalu bilas. Lakukan secara rutin dan bekas luka atau koreng akan hilang.

6. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin E pada minyak zaitun sangat baik untuk kulit. Selain ampuh mengatasi kulit kering, kandungan minyak zaitun bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka hitam dan menjaga kulit agar tetap lembut dan lembab. Untuk digunakan sebagai obat penghilang bekas luka maka pilihlah minyak zaitun yang memiliki kandungan 100 persen atau murni minyak zaitun. Nah selanjutnya mulai perawatannya. Berikut ini cara menghilangkan bekas luka lama yang membandel dengan minyak zaitun, yaitu:

  • Oleskan minyak zaitun pada kulit yang ada bekas luka hitam yang sudah lama
  • Lakukan juga dengan memijatnya secara memutar dengan perlahan selama beberapa menit
  • Lakukan setiap malam sebelum tidur dan biarkan semalaman dan bersihkan pada pagi esok harinya.

Sebagai tambahan informasi mengatasi bekas luka lama yang menghitam, selain minyak zaitun Anda bisa menggunakan juga minyak kelapa dan minyak vitamin E dengan cara seperti perawatan dengan minyak zaitun tadi. Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan bekas luka lama secara alami dan cepat. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi semua pembaca, selamat mencoba. Salam sehat!!

Baca juga: 2 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam dengan Bahan Alami

Loading...

Leave a Comment