cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi dengan Mudah dan Aman

Cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan mudah dan aman. Cegukan merupakan kedutan yang berlangsung secara berulan-ulang dikarenakan kontraksi otot diafragma. Pada saat cegukan, katup udara menutup yang mengakibatkan sirkulasi udara tidak lancar. Cegukan dapat terjadi pada siapapun pada orang dewasa dan anak-anak bahkan bayi. Cegukan yang terjadi pada bayi dapat terjadi karena beberapa penyebab diantaranya bayi mengalami stres ataupun tertawa sambil makan dan minum.

Loading...

Seringkali pada orang tua khawatir jika buah hatinya mengalami cegukan, terlebih buat para orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak. Namun, sebenarnya tak perlu khawatir berlebihan, karena cegukan pada bayi dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak tega melihat hal tersebut pada buah hati anda, maka sebaiknya coba cara menghilangkan cegukan pada bayi.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cegukan pada bayi yang sering terjadi pada umumnya yaitu cegukan setelah minum asi atau setelah menyusu dan hal tersebut sering dialami oleh bayi 0-6 bulan. Nah, jika bayi Anda mengalami cegukan, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan mudah dan aman, apa saja?. simak berikut ini.

 1. Posisikan Bayi Untuk Berbaring

Loading...

Cara menghilangkan cegukan pada bayi yang pertama yaitu dengan memposisikan bayi dalam keadaan berbaring. Posisi ini akan memungkinkan bayi memiliki ruang gerak yang terbatas sehingga gelembung udara yang terdapat di perut dapat disingkirkan. Kemudian ajaklah bayi anda  bermain. Membuat bayi aktif dan merasa nyaman merupakan salah satu cara menghilangkan cegukan pada bayi.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat Tuntas dan Alami

2. Berilah Makan Bayi Sedikit Demi Sedikit

Cara menghilangkan cegukan pada bayi dengan mudah yaitu menyuapi makanan. Jika bayi anda sudah mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI, maka berikan dia makanan sedikit demi sedikit agar dapat mencegah terjadinya cegukan. Serta tidak perlu terlalu sering memberikan makan bayi dalam porsi yang banyak. Cukup berikan dia makan dalam porsi yang sedikit namun sering.

3. Berikan Gula Lewat Jari atau Dot

Bila bayi anda sudah cukup usia untuk mengkonsumsi makanan pendamping ASI maka cara menghilangkan cegukan pada bayi ini boleh dilakukan. Caranya cukup mudah yakni dengan meletakkan gula pada jari ataupun dot. Pertama, Basahi jari ataupun dot bayi anda dengan cara dijilat kemudian dicelupkan pada mangkuk berisi gula. Biarkan bayi anda menghisapnya selama beberapa menit. Cara ini berpeluang besar untuk mengatasi cegukan pada bayi.

4. Pilih Botol Susu Yang Tepat

Apabila bayi anda minum menggunakan botol susu, maka periksalah botol susu yang digunakan oleh si bayi apakah memiliki regulator dan lubang yang sesuai. Usahakan untuk memilih botol yang memiliki lubang kecil pada dot sehingga bayi dapat meminumnya dengan ritme yang sesuai. Hal ini akan meminimalisir terjadinya cegukan.

5. Peluk Bayi Anda

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya yaitu dengan memeluknya. Pelukan seorang ibu dapat membuat suhu tubuh bayi menjadi hangat sehingga akan membuat bayi akan merasa tenang dan nyaman. Peluklah dan dekap bayi anda maka cegukannya berangsur-angsur akan menghilang.

6. Menggosok Punggung Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi setelah minum asi atau menyusu yaitu dengan Mengusap-usap punggungnya. Seringkali bayi terlalu bersemangat dan tidak bisa tenang saat sedang menyusu ibunya. Hal ini dapat membuat udara masuk ke dalam diafragmanya yang akan mengakibatkan cegukan. Jika hal ini terjadi makan cukup tenangkan si kecil. Gosoklah punggung bayi anda secara perlahan hingga cegukannya berangsur-angsur menghilang. Cara mengatasi cegukan pada bayi ini merupakan cara yang paling sering dilakukan.

7. Menepuk-nepuk Punggung Bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi setelah menyusu berikutnya yaitu dengan menepuk punggung perlahan. Apabila bayi anda mengalami cegukan saat proses menyusui atau setelah minum asi maka hentikan dahulu proses menyusui. Tenangkan bayi terlebih dahulu kemudian sandarkan bayi dengan posisi kepala bayi menghadap pada bahu anda. Selanjutnya tepuk-tepuk punggung si bayi dengan perlahan seperti saat anda menyendawakannya. Hal ini bertujuan agar udara pada diafragma dapat terdorong keatas lalu keluar.

8. Beri Makan Bayi Secara Teratur

Usahakan untuk selalu memberi  makan bayi sebelum bayi anda terlalu lapar. Jika bayi anda terlalu lapar maka perutnya akan mengandung banyak gas. Cegukan juga dapat digunakan sebagai indikasi bahwa perut si kecil sedang bermasalah. Apabila terdapat masalah pada lambung biasanya disertai dengan muntah (gumoh).

Demikianlah ulasan terkait cara menghilangkan cegukan pada bayi. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi para bunda dalam mengatasi cegukan buah hatinya, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Karena Flu

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *