10 Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat Tuntas dan Alami

Cara menghilangkan cegukan dengan cepat tuntas dan alami. Cegukan atau yang dalam dunia medis disebut sinkron diafragma bergetar(SDF) atau singultus. Penyebab cegukan tersebut diakibatkan adanya kontraksi diafragma. Pada saat bersamaan, laring dan glotis menutup sehingga menghalangi jalannya masuk udara. Udara yang seharusnya dapat bersirkulasi dengan baik menjadi terhambat karena laring dan glotis menutup secara bersamaan.

Loading...

Masalah cegukan bisa dialami pada bayi hingga orang dewasa. Seringkali cegukan disepelekan oleh banyak orang karena hanya dianggap penyakit ringan yang akan menghilang dengan sendirinya. Meskipun begitu, apabila cegukan terjadi secara berkepanjangan atau terus menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa jadi merupakan indikasi sebuah penyakit seperti stroke dan lainnya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan cegukan yang ampuh dan cepat? Nah, berikut kami bagikan caranya. Silahkan disimak.

Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat

cara menghilangkan cegukan

Penanganan cegukan bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat. Dan berikut ini cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan alami, yakni:

1. Minum Air Putih

Loading...

Cara menghilangkan cegukan paling ampuh dan cepat dapat dilakukan dengan meminum air putih dengan posisi badan yang membungkuk. Dengan meminum air secara berulang-ulang, maka dapat melancarkan proses pernapasan dan juga diafragmanya sehingga diafragma tidak akan dalam posisi kontraksi terus menerus. Selain itu bisa juga dengan minum air putih dengan menutup kedua lubang hidung bersamaan dengan saat menelan air tersebut. Cara ini mampu menghilangkan cegukan dalam 5 detik saja. Silahkan buktikan sendiri.

Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Anak yang Perlu Anda Ketahui

2. Mengatur Pernapasan

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum salah satunya dengan mengatur pernapasan. Cobalah untuk menghembuskan napas sedalam mungkin kemudian menarik napas sepanjang mungkin. Apabila tidak membuahkan hasil maka cobalah untuk menghembuskan napas selama mungkin atau dengan menahan napas selama mungkin lalu jika cegukan mulai kambuh lagi maka cobalah untuk menelan ludah. Cara ini dipercaya efektif untuk menyembuhkan cegukan.

3. Menghirup Karbondioksida

Cara menghilangkan cegukan yang ampuh lainnya yaitu dengan menghirup karbondioksida. Ambilah sebuah balon kemudian tiup dan hembuskan secepat mungkin sebanyak 10 kali dengan cukup kuat. Pastikan balon tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk. Dengan cara ini maka udara yang terkumpul dalam balon merupakan kumpulan karbon dioksida, karbon dioksida yang tinggi dapat menghilangkan cegukan.

4. Menelan Gula Pasir Yang Kering

Cara menghilangkan cegukan dengan gula pasir termasuk cara ampuh yang bisa Anda buktikan sendiri. caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu untuk mengambill satu sendok teh gula pasir kering. Gula pasir dipercaya dapat mengirimkan sinyal saraf dalam serabut saraf sehingga akan mengganggu jalannya lengkung refleks cegukan.

5. Memakan Selai Kacang

Cara menghilangkan cegukan secara cepat selanjutnya yaitu dengan memakan selai kacang. Selai kacang disebut sebut sebagai obat cegukan paling mujarab. Caranya, Anda hanya perlu untuk mengambil satu sendok teh selai kacang kemasan. Hal ini dikarenakan selai kacang yang bertekstur lengket di mulut dapat mengubah irama pada saat bernapas.

6. Mengkonsumsi Makanan Asam

Makanan asam bisa Anda jadikan sebagai obat cegukan tradisional. Cara menghilangkan cegukan dengan makan makanan asam yaitu dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. Salah satu Jenis makanan asam yang bisa dibuat menjadi obat cegukan tradisional adalah cuka. Cuka dipercaya dapat meredakan cegukan dalam hitungan menit. Rasa masam yang terdapat pada cuka dapat merangsang pernapasan seseorang sehingga saat seseorang merasakan rasa masam maka otomatis wajah akan mengernyit. Proses inilah yang dapat menghilangkan cegukan.

7. Menahan Air Dalam Mulut

Salah satu cara menghilangkan cegukan berkepanjangan yang mengganggu adalah dengan metode menahan air dalam mulut. Cara ini sangat mudah dan ampuh mengobati cegukan dengan cepat. Pertama anda hanya perlu mengambil segelas air matang. Kemudian tahan air tersebut secukupnya di dalam mulut anda. Setelah itu bungkukkan badan pelan-pelan hingga kepala sejajar dengan lutut. Saat melakukan ini, posisi mulut masih menahan air. Kemudian secara perlahan-lahan tegakkan kembali posisi tubuh anda. Saat proses menegakkan tubuh ke atas secara perlahan diiringi dengan menelan air yang sudah ditahan dalam mulut.

8. Teknik Memijat Tenggorokan.

Diantara cara menghilangkan cegukan dengan cepat yaitu dengan melakukan metode memijat tenggorokan. Teknik memijat ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memijat bagian langit-langit tenggorokan anda  dengan perlahan ke arah depan dan belakang menggunakan tangan ataupun cotton bud. Cara menghilangkan cegukan ini sangat praktis dan cukup efisien.

9. Mengalihkan Perhatian

Fakta unik, ternyata terkejut bisa dijadikan cara menghilangkan cegukan dengan cepat. Caranya, Alihkan fokus anda seperti melamun dan meminta bantuan teman anda untuk mengejutkan anda. Hal ini dikarenakan orang yang terkejut, perhatiannya akan teralihkan sehingga dapat mengubah siklus pernafasannya.

10. Minyak Kayu Putih

Cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan alami yang terakhir yakni dengan menggunakan bantuan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dioleskan secara merata pada bagian leher hingga bagian perut. Hal ini dapat memulihkan kembali organ-organ dalam termasuk organ yang dapat memicu cegukan akan berfungsi normal kembali.

Demikianlah cara menghilangkan cegukan dengan cepat dan alami.  Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang sedang ingin mengatasi cegukan. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Comment