Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Hitam dan Membandel Secara Alami

Cara menghilangkan kerak gigi yang hitam dan membandel secara alami. Keberadaan kerak gigi atau karang gigi (karies gigi) bisa mengganggu kesehatan gigi. Selain itu, kerak gigi yang lama dan menghitam akan lebih sulit untuk dihilangkan. Hal ini mengganggu penampilan Anda tentunya. Oleh karena itu, jangan biarkan karang gigi tersebut sampai mengeras, tebal dan berwarna hitam karena bisa menjadi salah satu penyebab sakit gigi. Jika saat ini Anda terlanjur memiliki kerak gigi yang hitam maka tak perlu khawatir. Ada beberapa bahan alami yang terkenal ampuh untuk mengatasi kerak gigi dengan alami dan cepat.

Loading...

Ada beberapa cara menghilangkan kerak gigi yang sudah parah dan hitam diantaranya dengan memanfaatkan bahan alami seperti garam, soda kue dan kulit jeruk. Tiga bahan alami tersebut terkenal dengan manfaatnya untuk merontokkan karang gigi. Lalu bagaimana cara menghilangkan kerak gigi dengan alami tersebut?. Untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Kerak Gigi dengan Alami

cara menghilangkan kerak gigi

Kerak gigi atau karang gigi bisa menjadi penyebab gigi berlubang dan sakit gigi. Disamping itu keberadaan kerak gigi yang hitam, tebal dan mengeras akan menjadi sarang bakteri dan kuman di dalam mulut. Akibatnya timbul masalah bau mulut yang bisa mengganggu orang lain saat Anda berbicara. Bau tak sedap pada mulut bisa diatasi dengan membersihkan karang gigi tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan kerak gigi yang hitam dan parah dengan alami, yaitu:

1. Garam

Loading...

Garam dapur ternyata tidak hanya sebagai bahan untuk masakan saja tapi garam bisa membantu membersihkan kerak gigi hitam dan membandel. Penggunaan garam untuk karang gigi bisa merontokkan karang gigi secara alami dan cepat. Namun penting untuk Anda perhatikan tentang penggunaannya. Hindari melakukan cara ini secara berlebihan dan terlalu sering karena dapat menimbulkan efek samping pada gigi seperti gigi menjadi sensitif. Berikut adalah cara menghilangkan kerak gigi dengan garam yang benar, yaitu:

  • Haluskan 1 sendok makan garam dapur dengan ditumbuk sampai hancur dan lembut atau Anda juga bisa memakai bubuk garam yang bisa dibeli di toko terdekat
  • Campurkan dengan 1 sendok makan soda kue dan tambahkan sedikit air kemudian aduk agar tercampur rata.
  • Oleskan campuran tersebut diatas bulu sikat gigi yang telah dibasahi air sebelumnya.
  • Gosok pada kerak gigi dengan pelan, dan berkumur setelahnya. Anda bisa ulangi sekali lagi, kumur dan selesai.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dalam Sekejap

2. Soda Kue

Baking soda dikenal dengan soda kue memiliki manfaat untuk merontokkan karang gigi yang mengeras dan tebal. Selain penggunaannya bersama garam seperti diatas, Anda juga bisa menggunakannya dengan cara lain. yaitu dengan menambahkan air jeruk nipis. Campuran soda kue dan air jeruk nipis mampu membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dan hitam. Berikut langkah-langkah cara menghilangkan kerak gigi dengan soda kue, yaitu:

  • Sediakan 1 sendok makan perasan jeruk nipis dan 1 sendok makan baking soda kemudian campurkan dan aduk hingga rata sampai seperti pasta gigi
  • Celupkan bulu sikat gigi pada campuran tersebut yang sebelumnya dibasahi terlebih dahulu.
  • Sikat pelan bagian kerak gigi secara pelan dan merata selama 1 sampai 2 menit jangan terlalu lama.
  • Setelah itu berkumur, ulangi berkumur sekali lagi.

3. Kulit Jeruk

Selama ini kulit jeruk yang sepintas tidak punya manfaat ternyata bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit. Selain itu kulit jeruk juga berguna untuk membersihkan karang gigi yang sudah lama dan membandel. Hal ini dikarenakan pada kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari buahnya. Berikut ini cara menghilangkan kerak gigi dengan kulit jeruk, yaitu:

  • Ambil beberapa kulit jeruk dan kerok bagian dalamnya.
  • Lumatkan dengan menambahkan soda kue dengan sedikit air. Anda juga bisa menambahkan¬† sedikit garam.
  • Setelah menjadi lembut, oleskan campuran tersebut di atas bulu sikat gigi yang dibasahi terlebih dulu.
  • Gosok kerak gigi pelan selama 2 sampai 3 menit kemudian berkumur sampai bersih.
  • Lakukan secara teratur seminggu 2 sampai 3 kali untuk hasil yang maksimal.

Demikianlah cara menghilangkan kerak gigi secara alami. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda dalam Sekejap

Loading...

Leave a Comment