3 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam dalam Waktu Singkat

Cara menghilangkan ketombe dengan garam dalam waktu singkat. Ketombe merupakan masalah rambut yang hampir semua orang mengalaminya, baik wanita ataupun pria. Pada dasarnya ketombe ditandai dengan serpihan putih dan kering yang ada pada kulit kepala dan membuat gatal. Bahkan keberadaan ketombe kadang membuat malu karena bintik-bintik putih atau ketombe akan jatuh saat digaruk dan mengotori pakaian hitam pada daerah bahu. Oleh karena itu masalah ketombe pada rambut harus segera diatasi. Ada cara alami untuk menghilangkan ketombe yang ampuh dan cepat yaitu dengan garam.

Loading...

Cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur atau garam halus terbukti ampuh dan dipercaya mampu mengatasi ketombe dengan alami dan cepat. Agar penggunaan garam untuk ketombe ini efektif dan hasilnya permanen tentu Anda harus mengetahui cara memakai garam untuk menghilangkan ketombe tersebut. Nah, agar lebih jelasnya tentang bagaimana cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cara memakainya yang benar, simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Garam dan Cara memakainya yang Benar

cara menghilangkan ketombe dengan garam

Sebenarnya untuk mengatasi ketombe dengan bahan alami bisa juga dilakukan dengan minyak zaitun, cuka atau lainnya. Namun pada kesempatan ini akan kita bahas terlebih dahulu tentang cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen dengan garam. Garam merupakan salah satu bahan alami ampuh membersihkan kulit kepala dan rambut dari ketombe. Orang dulu mengatasi ketombe sudah menggunakan garam dapur, yaitu dengan mencuci rambut dengan air garam dapur dan ketombe pun hilang. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cara memakainya yang benar, adalah:

1. Mencuci rambut dengan garam

Loading...

Cara menghilangkan ketombe dengan garam yang terbilang ampuh dan cepat dan caranya pun mudah yaitu mencuci rambut dengan garam. Cara ini termasuk cara lama namun masih mujarab dipakai sampai saat ini. Air garam memiliki sifat antiseptik yang berguna membantu menghilangkan jamur penyebab ketombe di kulit kepala dan membantu pengelupasannya secara alami dan cepat. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan garam dapur dan caranya, yaitu:

  • Tuangkan 2 gelas air di dalam panci dan rebus hingga hangat saja
  • Campurkan 3 sendok makan garam dapur ke dalam air tersebut
  • Diamkan beberapa menit agar dingin, kemudian cuci rambut dengan air garam dengan memijat kulit kepala dengan berlahan 2 sampai 3 menit.
  • Bilas kulit kepala dan rambut dengan air hingga bersih.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Cepat Pada Rambut

2. Garam dan jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe dengan garam selanjutnya dengan menambahkan jeruk nipis. Air perasan jeruk akan menambah khasiat garam untuk membersihkan ketombe dari rambut dan kulit kepala. Seperti kita tahu bahwa garam memiliki kandungan yang bersifat abrasif yang menjadi exfoliator alami untuk mengangkat ketombe penyebab gatal yang menempel pada kulit kepala. Berikut ini cara menghilangkan ketombe dengan garam dan jeruk nipis, yaitu:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis dan ambil airnya dengan cara diperas
  • Campurkan 3 sendok garam dan tambahkan 2 gelas air kemudian aduk hingga tercampur rata.
  • Basahi rambut dengan campuran garam dan jeruk nipis tersebut secara merata dengan memijat pelan kemudian diamkan selama 10 sampai 15menit.
  • Bersihkan rambut dan kulit kepala dengan keramas menggunakan shampo yang biasa Anda gunakan.
  • Lakukan 2 kali sehari maka ketombe akan hilang dalam waktu yang singkat.

3. Garam dan minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe dengan garam untuk rambut kering yaitu dengan menambahkan minyak zaitun. Jika Anda memiliki jenis rambut kering maka sebaiknya menambahkan minyak essensial atau minyak zaitun guna untuk melembabkan rambut. Hal ini karena penggunaan garam untuk rambut akan mengakibatkan efek kering atau mengurangi minyak pada rambut. Sehingga jika tidak menambahkan minyak zaitun maka dikhawatirkan akan membuat rambut menjadi lebih kering. Berikut ini cara menghilangkan ketombe dengan garam halus dan minyak zaitun, yaitu:

  • Siapkan 2 sendok garam halus atau yang sudah dihaluskan
  • Campurkan 2 sendok minyak zaitun ke dalam garam halus kemudian aduk hingga menjadi pasta
  • Gunakan campuran garam dan minyak zaitun tersebut sebagai shampo seperti keramas biasa.
  • Oleskan campuran garam halus dan minyak zaitun pada rambut yang telah dibasahi, pijat pelan dan diamkan 3 sampai 5 menit.
  • Bilas hingga bersih dengan keramas menggunakan shampo yang biasa Anda lakukan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan ketombe dengan garam dalam waktu singkat dan cara memakainya. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang lagi berketombe. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan (Parah) Secara Alami dan Cepat

Loading...

Leave a Comment