Cara Menghilangkan Korengan di Kaki dengan Cepat dan Alami

Cara menghilangkan korengan di kaki dengan cepat dan alami. Korengan atau gudik (gudiken/budukan) merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi. Korengan yang memiliki nama medis krusta ini adalah timbunan dari nanah, darah, cairan dan kotoran yang mengering pada kulit di tubuh. Pada umumnya korengan biasa dialami pada tangan, kaki, kepala dan daerah lain pada tubuh. Dilihat dari penyebab korengan bisa timbul karena adanya infeksi oleh jamur ataupun bakteri. Penyebab lainnya bisa karena alergi terhadap jenis makanan, pakaian atau sesuatu zat yang bersentuhan langsung dengan penderitanya. Bisa juga penyebab korengan tersebut karena gigitan serangga dan masih banyak lainnya.

Loading...

Cara menghilangkan korengan di kaki yang sudah terlalu lama membutuhkan perawatan dengan membersihkan luka koreng tersebut. Diantaranya dengan membersihkan cairan, nanah, dan darah yang dilakukan setiap hari agar mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Menjaga kebersihan kulit kaki yang korengan sangat penting dilakukan, bisa dengan memeriksakannya ke dokter, atau dengan melakukannya sendiri di rumah. Nah, untuk lebih jelasnya tentang cara menghilangkan korengan di kaki dengan cepat. Simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Korengan di Kaki Secara Alami

cara menghilangkan korengan di kaki

Korengan di kaki biasanya terasa gatal dari luka baik itu luka gores, luka bakar atau karena luka karena kecelakaan. Pada saat mau sembuh luka tersebut akan terasa gatal, jika digaruk makin terasa gatal dan malah menimbulkan korengan yang membesar. Setelah itu, makin lama luka akan terinfeksi sehingga menimbulkan nanah yang mengeluarkan air atau cairan.  Ada banyak cara untuk mengatasi korengan di kaki, diantaranya dengan menggunakan cara alami yang memanfaatkan bahan obat tradisional. Bahan-bahan obat tradisional untuk menyembuhkan korengan seperti kunyit, air kelapa, minyak ular dan lain sebagainya. Berikut ini cara menghilangkan korengan di kaki secara alami, yaitu:

1. Kencur

Loading...

Kencur termasuk salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengobati koreng atau borok di kaki. Dengan meramunya sendiri bisa dijadikan obat tradisional korengan. Cara membuat obat alami korengan dengan kunyit tidak sulit dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini cara menghilangkan korengan di kaki dengan kencur, yaitu:

  • Siapkan kencur secukupnya kemudian tumbuk hingga lembut
  • Rendam beras selama 20 menit kemudian tumbuk hingga hancur
  • campurkan bubuk kencur dan bubuk beras dalam satu wadah dan tambahkan air, lalu aduk hingga seperti pasta
  • Oleskan merata pada kulit kaki yang korengan
  • Diamkan selama 20 sampai 25 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat
  • Dengan menggunakan ramuan kencur tersebut akan menghilangkan korengan dan bekasnya yang menghitam.

Baca juga: 3 Obat Koreng Paling Ampuh dan Manjur dalam Sekejap Terbukti Mujarab!

2. Daun Jarak

Daun jarak telah terbukti khasiatnya dalam membantu menyembuhkan koreng atau borok di kulit kaki. Selain itu, membuat daun jarak menjadi obat tradisional koreng akan membersihkan bekas luka yang membandel untuk dihilangkan. Umumnya koreng di kaki akan membuat kulit menjadi belang-belang, Nah dengan menggunakan daun jarak tersebut akan mampu mengobati koreng dan menghilangkan bekasnya yang hitam. Berikut ini cara menghilangkan korengan di kaki dengan daun jarak, yaitu:

  • Siapkan beberapa helai daun jarak, cuci hingga bersih
  • Tumbuk hingga halus dan tambahkan air sedikit saja
  • Bersihkan terlebih dahulu luka koreng atau borok dengan air hingga bersih
  • Tempelkan tumbukan daun jarak tersebut pada kulit kaki yang korengan
  • Balut dengan kain lakukan setiap hari setelah mandi sore dan buka balutan kain pada pagi hari
  • Perawatan ini sebaiknya dilakukan berturut-turut selama seminggu dan korengan pun akan sembuh.

3. Pati Singkong

Sari singkong atau pati singkong bisa membantu menghilangkan korengan pada kulit kaki secara alami dan cepat. Selain bisa menyembuhkan gatal-gatal karena koreng, ternyata pati singkong bisa menghilangkan bekas koreng yang sudah menahun. Dan berikut ini cara menghilangkan korengan di kaki dengan pati singkong, yaitu:

  • Siapkan 1 batang singkong ukuran sedang, kupas dan bersihkan dengan air
  • Parut hingga lembut, peras dan saring airnya
  • Biarkan beberapa menit agar pati singkong mengendap dan ambil endapan pati tersebut
  • Bersihkan koreng di kaki dengan air, kemudian oleskan pati singkong pada kaki tersebut
  • Lakukan pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman olesan tersebut hingga pagi hari
  • lakukan secara rutin hingga korengan di kaki dan bekasnya menghilang.

Tips Cara Menghilangkan Korengan di kaki

Untuk lebih mempercepat pengobatan korengan di kaki, Anda juga bisa melakukan beberapa tips ampuh untuk mengatasi koreng tersebut. Berikut ini tips cara menghilangkan korengan di kaki secara alami, yaitu:

  • Jaga kebersihan daerah kaki yang korengan, dengan memberi cairan antiseptik dengan campuran air hangat
  • Hindari makanan-makanan yang menyebabkan timbulnya alergi atau gatal-gatal seperti makanan laut dan telur
  • Tidak menggaruk-garuk luka koreng
  • Jika ingin menyentuh kulit yang korengan sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan korengan di kaki dengan cepat secara alami. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, khususnya yang ingin mengobati koreng dan menghilangkan bekasnya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Koreng (Borok) Secara tradisional Alami dan Cepat

Loading...

Leave a Comment