Cara Menghilangkan Kudis Di Kaki dengan Cepat dan Alami

Cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat dan alami. Kudis atau scabies merupakan penyakit kulit yang bisa berlangsung lama yang sering dibarengi dengan rasa gatal yang hebat yang dialami dalam waktu tertentu. Penyakit kudis disebabkan oleh tungau yang bernama sarcoptes scabiei yang memiliki sifat parasit dan mampu tumbuh secara cepat membentuk koloni pada kulit. Tungau tersebut bisa menggali ke bawah jaringan kulit yang sering menimbulkan kerusakan pada kulit penderitanya.

Loading...

Penyakit kudis ditandai oleh bintik-bintik merah atau ruam yang disertai rasa gatal sepanjang hari. Kudis bisa terjadi pada bagian tangan, punggung, kaki dan bagian lainnya. Area kaki adalah yang paling sering dan umum terkena kudis. Jika tidak segera diatasi maka kulit akan menjadi kasar dan bernanah. Semakin digaruk maka penyebaran kudis tersebut akan menjadi lebih cepat dan meluas. Nah, jika hal itu terjadi pada Anda sekarang, tak perlu khawatir. Ada cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat secara alami.

Cara Menghilangkan Kudis Di Kaki dengan Cepat Secara Alami

cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat

Rasa gatal pada kulit yang terkena penyakit kudis disebabkan oleh tungau, kotoran dan telurnya yang berada di bawah kulit sehingga membuat reaksi alergi. Kudis merupakan jenis penyakit kulit yang sangat menular, oleh karena itu membasmi tungau penyebab kudis tersebut merupakan solusinya. Mengobati kudis bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dibuat obat tradisional kudis. Anda bisa membuatnya sendiri ramuan tersebut di rumah.

Namun sebelum waras sehat membagikan cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat, ada beberapa tanda kudis yang harus Anda ketahui. Ada beberapa tanda yang bisa dilihat dan dirasakan yang menjadi ciri penyakit kudis tersebut, antara lain:

Loading...
  • Gatal hebat pada kulit yang terkena kudis yang sering dialami pada malam hari
  • Adanya bulatan seperti jerawat yang berwarna merah seperti ruam yang bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh.
  • Pada umumnya kudis menyerang kulit pada bagian pergelangan tangan, ketiak, jari, alat kelamin, kaki dan bagian lainnya.
  • Selain warna ruam yang merah, biasanya ada benjolan lain yang berwarna abu-abu dan membekak kecil.

Itulah tadi tanda yang bisa dilihat dan dirasakan seseorang yang terkena kudis. Jika sudah demikian maka penting bagi penderita kudis untuk mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat dan ampuh secara Alami, yaitu:

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan tanaman herbal yang memiliki khasiat menyembuhkan kudis secara tradisional. Bawang putih memang dikenal sebagai obat herbal yang tinggi kandungan antibakteri dan antiseptiknya. Kedua kandungan tersebut akan mematikan tungau penyebab kudis pada kaki Anda. Cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat menggunakan bawang putih tergolong mudah. Caranya:

  • Bersihkan kaki yang terkena kudis, parut beberapa siung bawang putih hingga lembut menjadi pasta.
  • Oleskan pada kudis di kaki dan biarkan menempel beberapa menit.
  • Setelah terasa kering lalu bilas menggunakan air hangat.
  • lakukan perawatan kulit untuk kudis ini setiap hari secara rutin.

Baca juga: Cara Menghilangkan Korengan di Kaki dengan Cepat dan Alami

2. Minyak Lavender

Salah satu obat alami kudis yang ampuh di kaki yaitu minyak lavender. Minyak tersebut mampu membunuh bakteri dan tungau di kulit penyebab kudis dan mengembalikan keadaan kulit kembali ke semula dengan membantu meregenerasi selnya. Cara menyembuhkan kudis di kaki dengan cepat menggunakan minyak lavender sangat mudah, yaitu:

  • Bersihkan kaki yang terdapat kudis dengan air hangat dan keringkan
  • Oleskan minyak lavender pada kulit kaki yang berkudis
  • Pijat lembut selama beberapa menit dan ratakan
  • Bilas hingga bersih menggunakan air hangat dan lakukan teratur setiap hari.

3. Bratawali (Brotowali)

Cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat selanjutnya yaitu dengan menggunakan brotowali. Tanaman brotowali bisa dimanfaatkan menjadi obat kudis tradisional paling mujarab. Bahkan khasiatnya bisa melebihi jenis obat-obatan kudis di apotik. Untuk membuatnya tidaklah sulit, dengan meramu brotowali dengan cara tradisional akan ampuh mengobati kudis. Tanaman brotowali yang berkhasiat untuk kudis yaitu bagian batangnya. Dengan menumbuk batang brotowali dan menempelkannya pada area kulit yang kudisan maka akan menyembuhkan.

4. Kunyit

Kunyit juga salah satu tanaman herbal yang bisa dibuat menjadi obat kudis tradisional paling mujarab. Selain itu meramu kunyit dan mengoleskannya pada kulit akan membantu menjadi salep menghilangkan bekas kudis yang ampuh. Kunyit memiliki kandungan antiseptik dan antiinflamasi yang menjadikannya obat tradisional kudis dengan cepat. Nah, bagaimana caranya?. Berikut ini cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat menggunakan kunyit, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas kunyit dan cuci bersih dan sediakan juga 1 sendok makan perasan lemon atau jeruk nipis
  • Tumbuk kunyit sampai halus dan tambahkan perasan lemon atau air jeruk nipis dan aduk sampai rata
  • Bersihkan kaki yang kudisan dan keringkan dengan handuk
  • Oleskan ramuan tradisional kunyit tersebut pada kulit kaki yang berkudis
  • Diamkan beberapa menit yaitu 20 sampai 30 menit, kemudian bilas bersih dengan air hangat.
  • lakukan secara rutin setiap hari berturut-turut sampai sembuh kudis di kaki dan bekasnya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Koreng (Borok) Secara tradisional Alami dan Cepat

5. Daun Mimba

Menggunakan daun mimba untuk kudis merupakan cara tradisional yang dipercaya menyembuhkan kudis dan menghilangkan bekasnya dengan cepat.  Daun mimba memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang baik untuk membantu mengobati kudis di kaki. Nah, agar lebih jelasnya, cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat pakai daun mimba, yaitu cukup Anda menumbuk daun mimba hingga lembut, kemudian tempelkan pada kaki yang kudisan. Biarkan beberapa menit hingga terasa kering kemudian bilas dengan air hingga bersih. Mengoleskan daun mimba pada kaki kudisan selain meyembuhkan secara cepat. Daun mimba juga bisa menjadi salep menghilangkan bekas kudis tersebut.

6. Minyak Cengkeh

Obat herbal untuk kudis di kaki yang ampuh selanjutnya yaitu minyak cengkeh. Penelitian menyatakan kandungan minyak cengkeh mampu mengobati kudis. Minyak cengkeh memiliki sifat antiradang dan antibakteri, dan dianjurkan untuk menyembuhkan kudis sebaiknya menggunakan minyak cengkeh yang murni. Agar lebih ampuh menjadi obat kudis tradisional paling mujarab minyak cengkeh harus ditambahkan dengan minyak kelapa. Nah, berikut ini cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat dan cara membuat ramuannya, yaitu:

  • Sediakan 1 sendok makan minyak cengkeh dan campurkan 1 sendok makan minyak kelapa
  • Aduk biar tercampur rata
  • Bersihkan kulit kaki seperti betis dan bagian lainnya dengan air dan keringkan dengan handuk.
  • Oleskan campuran minyak cengkeh dan minyak kelapa sehari 1 kali sehari.
  • Gunakan minyak obat salep kudis tersebut 2 sampai 3 kali seminggu secara rutin.

7. Temu Ireng

Temu ireng termasuk obat kudis yang ampuh dan alami. Membuatnya menjadi ramuan dengan tambahan minyak kelapa maka kudis di betis dan bagian kaki lainnya akan tersembuhkan dengan cepat. Nah, cara menghilangkan bekas kudis di betis dengan menggunakan temu ireng sangat mudah. Sama seperti cara-cara menghilangkan kudis di kaki dengan bahan lainnya, yaitu dengan terlebih dahulu membuatnya menjadi ramuan tradisional. Cara membuat obat kudis yang ampuh dengan temu ireng, yaitu:

  • Sediakan 1 ruas temu ireng, kemudian cuci hingga bersih
  • Tumbuk hingga hancur dan tambahkan minyak kelapa
  • Setelah lembut maka oleskan pada betis dan bagian kaki yang kudisan secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat.
  • Lakukan penggunaan obat kudis tersebut secara rutin setiap hari.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan kudis di kaki dengan cepat dan alami. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya bagi yang memiliki kudis pada kaki. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki yang Menghitam dengan Cepat

Loading...

Leave a Comment