Cara Menghilangkan Mata Bengkak Dengan Cepat Sesuai Penyebabnya

Cara menghilangkan mata bengkak dengan cepat sesuai penyebabnya.  Saat Anda mengalami mata bengkak, hal tersebut akan membuat Anda tidak nyaman, baik secara fisik maupun mental. Pada masalah mata bengkak ada yang terasa sakit dan tidak. Namun, hal yang pasti adalah bisa mengurangi rasa percaya diri dan merusak penampilan Anda. Sampai-sampai ada penderita mata bengkak izin tidak masuk kerja atau sekolah karena hal ini.

Loading...

Mengetahui penyebab masalah mata bengkak sangat penting, agar kita tahu  dengan mudah mengobatinya atau mencegahnya. Sehingga kejadian serupa terjadi lagi. Pada masalah mata bengkak memiliki banyak penyebab, diantaranya mata bengkak setelah menangis, terkena pukul, debu, atau karena penyebab tidak jelas yang menjadikan mata Anda tiba-tiba bengkak.

Pembahasan waras sehat kali ini, yaitu bengkak yang terjadi pada kelopak mata. Hal ini terjadi karena adanya peradangan (Inflamasi) atau kelebihan cairan (edema) pada jaringan ikat sekitar mata. Pembengkakan yang terjadi dapat disebabkan oleh kondisi ringan seperti setelah menangis atau alergi. Ada juga disebabkan oleh masalah yang serius seperti Selulitis, orbital, penyakit graves dan harpes okular.

Penyebab Mata Bengkak

Untuk lebih jelasnya, kita akan bahas satu persatu penyebab mata bengkak, antara lain:

Kurang Tidur.

Loading...

Waktu tidur yang singkat karena lembur kerja atau begadang dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan mata lelah.  Kelelahan mata ini dapat menyebabkan mata bengkak.

Menangis.

Menangis termasuk salah satu penyebab mata menjadi bengkak. Biasanya seseorang yang menangis dalam waktu yang lama akan membuat mata bengkak. Hal ini disebabkan oleh retensi pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata.

Flu dan Sinusitis.

Beberapa masalah bengkak disebabkan oleh masalah kesehatan seperti flu atau pilek dan penyakit sinusitis. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi di dalam rongga hidung, yang ditandai dengan pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada wajah. Pada saat mengalami pilek atau flu dan sinusitis maka akan mengakibatkan retensi cairan pada kelenjar mata. Hal ini menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata Anda.

Genetik.

Dalam kasus mata bengkak ada jenis bengkak yang terjadi bukan disebabkan oleh pilek atau setelah menangis, atau pun bukan karena kurang tidur. Hal ini dimungkinkan penyebab pembengkakan yang dialami karena faktor genetik atau keturunan. Dimana salah satu keluarga atau pada umumnya pada keluarga Anda memiliki bentuk mata yang seperti bengkak.

Diet

Mengkonsumsi dengan kandungan garam tinggi mengakibatkan tubuh menahan banyak cairan, dan hal itulah yang bisa menyebabkan mata bengkak.

Usia

Bertambahnya umur, maka keadaan kulit menjadi tipis di sekitar mata. Mata akan kehilangan elastisitasnya dan akan membentuk kantung mata sehingga terlihat seperti bengkak.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang terjadi pada wanita saat menstruasi atau pada saat hamil dapat menyebabkan mata bengkak. Begitu pula pada masa menopause yang mengakibatkan retensi cairan  dibawah mata.

Konsumsi Narkoba Dan Alkohol

Pemakaian narkoba dan minum alkohol yang banyak akan membuat mata menjadi merah dan dapat menyebabkan mata bengkak.

Cedera Mata

Terjadinya cedera pada area mata seperti lebam dan membuat bengkak mata. Cedera mata bisa karena kecelakaan atau terkena pukul atau bisa juga karena benturan.

Tergigit Serangga

Ada beberapa jenis serangga jika menggigit area mata maka menimbulkan terjadinya bengkak. Bengkak yang terjadi biasanya bentol dan gatal.

Efeksamping Obat

Pemakaian obat dalam menyembuhkan penyakit bisa berakibat pada terjadinya mata bengkak dan bintik-bintik merah yang juga mempengaruhi mata sehingga mata menjadi bengkak.

Penyebab dan Cara menghilangkan mata bengkak

Cara menghilangkan mata bengkak
Sumber Gambar: Kompasiana  Cara menghilangkan mata bengkak

Ada penyebab lain yang bisa membuat mata Anda menjadi bengkak. Selain penyebab di atas masih banyak faktor pemicu bengkak lainnya, yaitu:

1. Alergi

Bengkak pada mata yang disebabkan karena alergi biasanya ditandai dengan pembengkakan pada kelompak mata yang disertai dengan rasa gatal dan berair. Hal ini bisa disebabkan oleh serbuk, bulu hewan, debu, tetes mata tertentu, cairan kontak lensa. Bengkak pada mata karena alergi ini akan terjadi pada orang yang lebih sensitif.

2. Konjungtivitis.

Konjungtivitis atau disebut juga dengan sakit mata.  Selaput bening yang meliputi bola mata dan kelopak mata bagian dalam. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan alergi.  Pada kasus ini mata bengkak akan disertai gejala lain, yaitu, mata merah, berair dan gatal.

3. Bintitan.

Bintitan dalam bahasa medisnya disebut hordeolum. Bintitan ditandai dengan benjolan pada kelopak mata baik di atas maupun di bawah kelopak mata Anda. Hal ini disebabkan infeksi bakteri. Bintitan biasanya terasa gatal, nyeri dan bengkak yang meluas pada kelopak mata.

4. Cidera.

Cidera yang terjadi pada mata, dapat mengakibatkan memar dan pembengkakan pada mata. Cidera ini bisa disebabkan karena benturan benda keras pada area mata.

5. Memakai Lensa kontak.

Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak pada mata dan tidak memperhatikan cara pakai yang benar dan kebersihannya, akan menyebabkan bengkak pada mata, seperti lensa kontak yang kotor, berenang dengan menggunakan lensa kontak tanpa melepaskannya. Hal ini akan menyebabkan iritasi mata yang memicu pembengkakan mata.

6. Blepharitis.

Blepharitis adalah peradangan yang terjadi pada area mata, yang ditandai dengan pembengkakan mata yang disertai dengan rasa sakit. kadang terlihat serpihan ketombe di dekat bulu mata.

7. Selulitis Orbita

Selulitis Orbita adalah infeksi bakteri yang jarang terjadi namun masalah ini serius karena menginfeksi jaringan mata dan sekitarnya. Sehingga mata menjadi bengkak dan sangat menyakitkan. Gejala lain pada masalah ini, mata akan terlihat menonjol, penurunan penglihatan, demam dan sakit pada saat melihat ke samping. Selulitis orbita merupakan keadaan yang serius dan darurat medis. Diperlukan pengobatan antibiotik untuk mencegah kerusakan jaringan saraf optik. Kehilangan penglihatan permanen atau kebutaan dan masalah serius lainnya.

8. Herpes Okular.

Penyakit ini disebabkan oleh herpes simplex virus yang menyebabkan peradangan pada kornea. Selain itu, masalah ini menyebabkan mata bengkak. Herpes okular hampir mirip dengan Konjungtivitis. Namun perbedaannya dapat dilihat dari adanya lepuhan yang menyakitkan pada kelopak mata. Disamping itu, dapat mengakibatkan pandangan kabur, karena kornea berawan dan mata bengkak yang mungkin bersifat ekstrim yang menghalangi penglihatan.

9. Penyakit Graves

Penyakit ini disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif, dan ditandai dengan adanya mata menonjol atau melotot, sehingga kelopak mata seolah-olah menjadi membengkak.

10. Gangguan Ginjal

Penyakit gangguan ginjal juga bisa menyebabkan mata bengkak. Penyakit ginjal seperti sindroma nefrotik atau ginjal bocor. Penyakit ini menyerang kedua mata terutama terjadi saat bangun tidur pada pagi hari. Tidak terasa sakit, tak jarang disertai pula dengan bengkak yang terjadi pada hampir seluruh tubuh.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Cara mengobati mata bengkak untuk mengatasi masalah ini dengan tuntas dan cepat, maka harus disesuaikan dengan penyebabnya.

1. Mata Bengkak Karena Alergi

Cara menghilangkan mata bengkak karena alergi mka harus mengetahui penyebabnya. Kompres dengan air dingin membantu meringankan gatal pada mata dan pembekakannya. Obat bebas golongan antihistamin seperti diphenhydramine (benadril) akan mengurangi kelopak mata yang bengkak.

Alergi merupakan penyebab mata bengkak yang paling umum dialami banyak orang. Masalah alergi bisa dikatakan serius, jika dampak yang ditimbulkan cukup riskan. Pada kasus ini, penderitanya mengalami pembengkakan oleh alergi ringan seperti reaksi alergi karena debu, kosmetik atau bahkan karena serbuk sari.

Selain itu ada pula pembengkakan yang terjadi karena gigitan serangga, sehingga kelopak mata menjadi bengkak. Pada masalah alergi ada pula yang alerginya disebabkan oleh bulu binatang peliharaan seperti kucing. hal ini juga akan menyebabkan bengkak pada kelopak mata. Alergi akan mengenai pada orang yang memiliki sensitif.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Karena Alergi

Mengatasi bengkak akibat alergi bisa dilakukan dengan cara berikut, yaitu:

Baca juga: Cara Mengobati Alergi dan Asma Secara Alami

Pertama, hindari yang menyebabkan alerginya. Untuk membantu mengempiskannya, dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Caranya kompres mata Anda dengan kain yang dicelupkan ke dalam air yang dingin.

Kedua, menggunakan obat seperti Benadryl atau diphenhydramine yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal alergi. Dengan obat ini tidak membuat bengkak Anda kempis, untuk mengempiskan bengkaknya dengan kompres seperti di atas.

2. Mata Bengkak Karena Konjungtivitis

Untuk cara mengobati konjungtivis adalah dengan mengompres menggunakan air hangat. Kompres selam 10 menit empat kali sehari, dan selalu menjaga kebersihan mata. Jika dalam beberapa hari belum ada kemajuan maka cara menghilangkan mata bengkak hubungi dokter.

Konjungtivitis merupakan peradangan mata bagian depan atau konjungtiva yang menyebabkan mata kemerahan. Kondisi ini biasa di sebut oleh masyarakat awam adalah sakit mata yang memiliki banyak jenisnya jika dilihat dari segi medisnya.

Konjungtivitis menjadi salah satu penyebab mata bengkak yang dalam hal ini masih ada keterkaitannya dengan alergi terhadap tungau, debu, iritasi karena sampo misalnya. dan disebabkan juga oleh infeksi virus atau bakteri. Konjungtivitis merupakan penyakit mata yang menular. Maka penyembuhannya harus sesegera mungkin.

Cara Mengobati Bengkak Akibat Konjungtivitis

Pertama, Jauhi penyebab alerginya. Gunakan obat Antihistamin untuk menghilangkan alerginya supaya hilang. Selama proses penyembuhannya, hindari pemakaian handuk dan bantal. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularannya. dan lakukan cuci tangan secara rajin.

Kedua, Bersihkan kelopak dan bulu mata dengan lapisan yang bersifat lengket dan berserat, seperti kapas dengan dicelupkan ke dalam air dingin. Catatan sebelum mata sembuh jangan menggunakan lensa kontak bagi yang biasa memakainya.

3. Mata Bengkak Karena Bintitan

Bintitan adalah kondisi dimana terjadi tumbuh sebuah bintil serupa dengan jerawat kecil pada tepi kelopak mata, bisa terjadi pada bagian luar atau dalamnya. Namun bintitan pada tepi jauh lebih menyakitkan dibandingkan yang terjadi pada area luar.Kondisi bintitan ini mempengaruhi pada penglihatan yang buruk.

Penyebab bintitan ini terjadi karena bakteri stafilokokus. bakteri ini menumpang hidup pada manusia tanpa memberi efek buruk menjadi penyakit. Bintitan yang sering dialami pada umumnya disebabkan oleh kecerobohan atau pola kebersihan seseorang. Misalnya, dengan keseringan mengucek mata dengan kondisi tangan yang kotor.

Cara Menghilangkan Bengkak Akibat Bintitan

Sebenarnya tanpa perawatan pun bintitan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Masalah bintitan akan hilang sendiri dalam waktu satu sampai tiga minggu. Penyembuhan bintitan juga bisa Anda lakukan dengan setelah bintitan mengeluarkan nanah dan pecah. Perlu Anda ketahui, bahwa bintitan ini hampir serupa dengan jerawat. Jadi jangan lakukan pemencetan atau mengeluarkan paksa keluarnya nanah. Biarkan pecah sendiri dan mengeluarkan nanahnya.

Inilah tips cara menyembuhkan bintitan yang bisa Anda lakukan sendiri, yaitu:

  • dengan menjaga kebersihan dan hindari pemakaian make up sebelum sembuh.
  • Lakukan pengompresan dengan air hangat, 3 sampai 6 kali sehari, untuk mengurangi rasa sakit akibat nanah yang terkumpul.
  • Jangan melakukan lensa kontak sebelum bintitan sembuh total, bagi Anda yang suka memakai lensa kontak.

Cara Mencegah Bintitan

  • Jagalah kebersihan mata dan jangan suka atau sering mengucek mata karena kan mengakibatkan iritasi serta sebagai sarana pindahnya bakteri stalifokokus dari tangan ke mata.
  • Cucilah tangan jika ingin menyentuh mata atau menguceknya.
  • Gunakan pelindung mata saat Anda berada di luar rumah. Hal ini untuk mencegah debu terkena mata yang akhirnya akan menimbulkan iritasi bahkan menimbulkan alergi.
  • Jika Anda termasuk orang yang memakai lensa kontak, lakukan dengan rutin untuk menyeterilkannya dan tangan Anda sebelum menggunakannya.
  • Bagi Anda yang sering memakai make up atau kosmetik, maka hindari kosmetik yang kadaluarsa, teliti tanggal kadaluarsa kosmetik Anda. Lakukan pembersihan wajah dan mata sebelum Anda tidur. jangan lupa buang kosmetik yang kadaluarsa dan ganti yang baru.

4. Mata Bengkak Karena Cedera Mata

Kelopak mata bisa mengalami trauma, seperti operasi pada kelopak mata, benturan atau kecelakaan mata yang lain. Hal itu juga menjadi pemicu mata menjadi bengkak

Cara Menghilangkan Bengkak Karena Cedera Mata

Pertama, Kompres mata dengan air dingin dengan kain yang lembut selama 10 menit, 4 kali sehari.

Kedua, Gunakan bantal lebih banyak agar lebih tinggi posisi kepala saat tidur. Hal ini akan mengatasi dan menghilangkan bengkak pada mata.

5. Mata Bengkak Karena Selulitis Orbita

Penyebab masalah bengkak pada mata ini adalah akibat bakteri. kasus ini sangat jarang terjadi, namun saat mengalaminya akan serius yang membuat mata menjadi bengkak pada bagian kelopak mata bagian dan bawah. Pada kasus ini penderita juga akan mengalami demam, mata menonjol, penglihatan berkurang dan sakit saat mata melihat ke samping. Untuk menghilangkan dan mengobati bengkak karena selulitis orbita, segera hubungi dokter.

6. Mata Bengkak Karena Herpes Okular.

Herpes Okular merupakan infeksi mata yang terjadi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyebab mata bengkak yang satu ini, pada umumnya tidak menimbulkan masalah yang serius. Penyakit herpes okular hampir sama dengan konjungtivitis. Namun kondisinya lebih buruk, mata yang terinfeksi biasanya terjadi luka dan melepuh. Cara mengatasi bengkak pada masalah ini, segera hubungi dokter.

7. Mata Bengkak Karena Graves

Penyakit graves adalah kondisi dimana kadar hormon tiroid yang berlebihan dan akibat produksi kelenjar yang berlebihan pula. Gejala yang dirasakan penderitanya antara lain, cemas, kelelahan, mudah emosi, penurunan berat badan, penonjolan bola mata yang dianggap sebagai pembengkakan pada mata atau mata melotot. Penyembuhannya dengan pemeriksaan ke dokter.

8. Mata Bengkak Karena Gangguan Ginjal

Sindroma Nefrotik atau ginjal bocor merupakan penyakit ginjal yang mengakibatkan mata bengkak. Biasanya penderita ginjal bocor akan mengalami mata bengkak pada saat bangun pagi. Kelopak mata tidak mengalami sakit, Namun pembengkakan terjadi hampir pada seluruh tubuhnya. Cara menghilangkan mata bengkak karena gangguan ginjal dengan periksakan dan perawatan dokter.

9. Mata Bengkak Karena Menangis

Sering Kita melihat orang menangis dan setelahnya mengalami mata bengkak. Mata mengalami bengkak setelah menangis merupakan masalah umum dan wajar. Hal ini juga akan terjadi pada Anda.

Mata bengkak setelah menangis disebut juga dengan mata sembab. Penyebab pembengkakan ini karena cairan air mata yang mengandung garam membuat mata merah. Kemudian pembuluh darah di bawah mata yang tipis akan nampak membesar. Nah itulah proses terjadinya mata bengkak pada mata setelah menangis.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Karena Menangis

Pertama, Gunakan tetes mata untuk mengatasi masalah mata yang merah dan mengurangi masalah peradangan pada pembuluh darah di bagian bawah mata.

Kedua, Kompres mata menggunakan kain halus yang direndam pada air dingin atau dibalut langsung es dengan kain kemudian menempelkannya pada mata bengkak. Lakukan hal ini beberapa menit.

Ketiga, Manfaatkan buah mentimun untuk mengurangi sembab pada mata setelah menangis. caranya sama seperti cara mengatasi mata panda dengan buah mentimun. Yaitu, dengan mengiris tipis mentimun dan menempelkannya pada kedua mata dengan posisi tidur terlentang.

Keempat, Banyak meminum air putih untuk mengatasi dehidrasi. Dengan minum banyak air putih akan mengempeskan bengkak pada mata.

Kelima, Hindari makanan yang mengandung natrium tinggi (Garam), untuk menghindari mata menjadi lebih bengkak.

Keenam, Jika lima langkah diatas tidak bisa mengatasi bengkak pada mata. Maka gunakanlah krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk mengecilkan pembuluh darah di bawah mata yang bengkak.

10 Mata Bengkak Karena Kurang Tidur

Mata bengkak yang disebabkan oleh kurang tidur atau disebut dengan mata panda. Dinamakan demikian karena bengkak yang terjadi membentuk lingkaran hitam seperti mata panda, dan terjadi bengkak di bawah mata juga.

Cara Menghilangkan Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Pertama, Mentimun. Gunakan irisan mentimun yang ditempelkan pada kedua mata dan diamkan beberapa menit dalam posisi tidur.

Kedua, Tempelkan es batu yang di balut dengan kain. lakukan beberapa menit.

Ketiga, Kantung Teh Celup yang telah dipakai, tempelkan pada kedua mata Anda beberapa menit

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan mata bengkak dengan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Masalah Mata Panda Secara Alami

 

Loading...

1 thought on “Cara Menghilangkan Mata Bengkak Dengan Cepat Sesuai Penyebabnya”

Leave a Comment