6 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami dengan Ramuan Herbal Alami

Cara mengobati asam urat secara alami dengan ramuan herbal alami (tradisional). Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh menumpuknya kristal dari  zat purin. Saat kadar asam urat atau asam urea dalam tubuh tinggi dan menumpuk pada sendi dan jaringan, maka sendi dan jaringan terasa nyeri bahkan menjadi bengkak dan nyeri akan makin menyiksa saat bergerak. Penyakit asam urat tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari, oleh karena itu perlu pengobatan yang tepat untuk dilakukan.

Loading...

Apakah saat ini Anda menderita asam urat dan nyeri yang sering menyiksa karenanya. Jangan khawatir, ternyata ada beberapa bahan herbal alami dari tumbuhan yang bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan asam urat secara total yaitu dengan meramu tumbuhan herbal tersebut menjadi obat tradisional asam urat yang ampuh. Apa saja tumbuhan obat asam urat dan bagaimana cara mengobati asam urat dengan cepat?. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Cepat Secara Tradisional

cara mengobati asam urat

Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa laki-laki berusia 40 tahun ke atas dan wanita yang sudah mengalami monopause akan rentan terserang penyakit asam urat. Kemudian asam urat akan berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan mengakibatkan masalah gagal ginjal.  Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara mengobati asam urat tersebut, Ada baiknya Anda mengetahui gejala dari asam urat tersebut.

Gejala-gejala awal yang timbul saat asam urat tinggi, seseorang akan merasakan rematik, atau arthritis pada persendian terutama di sendi kaki, lutut, tangan, dan pergelangan tangan. Rasa sakit yang dirasakan disebabkan jika persendian digerakkan, akan menyebabkan gesekan asam urea yang telah mengkristal, yang menyebabkan peradangan pada sendi. Inilah yang menjadikan sakit. Oleh karena itu penting untuk segera diatasi  dengan cara yang tepat. Salah satu cara mengatasi asam urat yang ampuh dan cepat yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional. Nah, berikut ini ada beberapa cara mengobati asam urat secara alami dengan cepat tanpa obat medis, yaitu:

Loading...

1. Daun Salam

Daun salam ternyata termasuk salah satu tumbuhan obat asam urat. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional kemudian meminumnya secara teratur bisa menjadi obat asam urat alami yang ampuh. Berikut ini cara mengobati asam urat dengan daun salam, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun salam, 4 batang serai, 5 lembar daun dewa.
  • Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas, sampai mendidih jadi 1 gelas.
  • Minum secara teratur 2 kali sehari sampai sembuh.

2. Jahe

Jahe adalah obat asam urat alami dari tumbuhan yang bisa menjadi solusi pengobatan asam urat yang alami dan ampuh. Jahe mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat asam urat. Ada beberapa cara mengobati asam urat dengan jahe yang bisa dilakukan, salah satunya dengan minum rebusan jahe. Rebus 1 ruas jahe ukuran sedang yang telah di cuci dan dikupas dengan 2 gelas air hingga sisa setengahnya. Minum secara teratur sehari 2 kali selama asam urat.

Selain itu, cara mengobati asam urat dengan jahe bisa dilakukan dengan cara dioles atau dijadikan obat asam urat oles. Caranya, lembutkan jahe dengan ditumbuk kemudian campur sedikit air dan oleskan pada daerah yang sakit karena  asam urat. Biarkan selama sekitar setengah jam. dan lakukan beberapa kali setelahnya. Untuk jenis jahe yang bagus untuk obat asam urat yaitu jahe merah.

3. Daun Kelor

Daun kelor sejak dulu dipercaya sebagai obat asam urat alami dari tumbuhan yang dibuat menjadi ramuan tradisional. Daun kelor memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan asam urat secara total jika dikonsumsi secara teratur. Cara mengobati asam urat dengan daun kelor sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya, Siapkan segenggam daun kemur kemudian cuci lalu keringkan. Setelah kering tumbuk hingga lembut untuk campuran masakan atau minuman yang biasa Anda minum.

4. Minyak Zaitun

Cara mengatasi asam urat secara alami dan cepat selanjutnya yaitu dengan membuat minyak zaitun sebagai obat tradisional asam urat yang dioles. Minyak zaitun termasuk bahan herbal yang dipercaya dari zaman dahulu memiliki khasiat menyembuhkan penyakit termasuk peradangan asam urat. Berikut ini cara mengobati asam urat dengan minyak zaitun, yaitu:

  • Sediakan minyak zaitun 500 mili liter dan kayu manis 100 gram.
  • Rendam kayu manis pada minyak zaitun selama dua pekan dan aduk setiap hari rendaman tersebut.
  • Oleskan rendaman minyak zaitun dan kayu manis pada bagian tubuh seperti kaki, tangan atau jari yang terasa nyeri karena asam urat maka dalam hitungan menit akan sembuh.

5. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan bahan herbal alami yang ampuh menyembuhkan asam urat. Bahkan khasiat daun sirsak bisa juga digunakan untuk pengobatan penyakit diabetes. Pengobatan asam urat dengan daun sirsak bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini cara mengobati asam jurat dengan daun sirsak, yaitu:

  • Rebus 6-10 lembar daun sirsak yang telah di cuci bersih dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari dengan teratur hingga sembuh.

6. Lobak

Ternyata lobak termasuk sayuran obat asam urat yang mujarab dengan membuatnya menjadi minuman jus yang dicampur dengan dengan buah nanas mampu mengobati asam urat dengan cepat. Cara mengobati asam urat dengan lobak sangat mudah, masukkan buah tomat dan lobak secukupnya ke dalam blender kemudian haluskan. Saring airnya dan minum secara teratur.

Itulah tadi beberapa cara mengobati asam urat secara alami dan cepat dengan ramuan tradisional. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 7 Tanaman Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Loading...

Leave a Comment