Cara Mengobati Bisul Secara Alami dan Cepat dengan Ramuan Herbal

Banyak cara untuk mengobati penyakit bisul, baik dengan alami ataupun dengan obat kimia. Cara mengobati bisul secara alami bisa Anda lakukan dengan menggunakan ramuan tanaman obat. Jenis tanaman yang bisa menyembuhkan bisul antara lain daun sirih, bandotan dan lain sebagainya.

Loading...

Penyakit bisul bisa disebabkan oleh darah kotor, peradangan, makanan, infeksi bakteri yaitu Staphilococus, yang ada di dalam darah sehingga menyebabkan infeksi sistemik. infeksi ini menimbulkan benjolan pada kulit yang berisi nanah atau darah kotor.

Bisul sangat mudah menyerang pada orang yang mempunyai darah panas, gampang kegerahan, pipi merah dan mudah berkeringat. Penyebab lain penyakit bisul adalah pola makan yang kurang baik, yaitu mengkonsumsi makanan protein tinggi, seperi daging.

Cara mengobati bisul

Apa langkah mudah sebagai cara mengobati bisul adalah dengan membersihkan darah, mengurangi asupan daging atau protein yang berlebihan, dan mengurangi faktor yang menyebabkan panas pada tubuh. Ada beberapa jenis ramuan yang bisa Anda coba, untuk mengatasi bisul atau bisulan pada kulit Anda.

Loading...

Cara Mengobati Bisul Alami Dengan Ramuan Herbal

Ramuan ini sangat mudah untuk cara membuatnya dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk Anda dapatkan,  Ada 2 jenis ramuan untuk mengatasi bisulan, yaitu:

1. Ramuan Bandotan Luar

Cara yang pertama adalah dengan ramuan tanaman bandotan luar. Untuk membuatnya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara Menyembuhkan Batuk Dan Flu Dengan Obat Alami

Bahan-bahannya: 1 genggam daun bandotan, cara membuatnya cukup mudah yaitu ulek 1 genggam daun bandotan segar sampai halus, lalu tempelkan pada luka bisul. Balut dan diamkan selama minimal satu jam. Lakukan berulang sampai sembuh dengan dosis sehari sekali.

2. Daun Bandotan Dalam

Bahan-bahannya adalah dua sendok daun bendotan kering, satu gelas air panas. Cara membuatnya: Seduh dua sendok daun bendotan kering kedalam satu gelas air panas, hal ini seperti membuat teh dan mimum sehari sekali sampai sembuh.

3. Daun Sirih Dan Daun Sendok

Untuk membuat ramuan ini, Anda siapkan bahan-bahannya yaitu: satu genggam daun sendok, lima lembar daun sirih, setengah sendok  kapur sirih. Cara membuatnya, ulek sampai halus daun sendok dan daun sirih segar, boleh ditambahkan sedikit air jika perlu.

Ambil teh campuran ini dan seduh dengan satu gelas air panas selama lima menit, lalu minum. Sisanya, ulek lagi dengan kapur sirih sampai merata dan tempelkan diatas bisul. balut selama satu jam setiap hari sampai sembuh.

4. Rutin Kompres Bisul dengan Air Hangat Agar Cepat Sembuh

Tak perlu bersusah payah ke dokter atau apotek untuk mengatasi bisul. Cara mudah yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan air panas. Lakukan hal ini saat bisul baru saja tumbuh untuk menyingkirkan bakteri penyebab timbulnya infeksi.

Selain itu, kalian juga dapat melakukannya bisul hampir pecah. Cara tersebut akan membantu bisul lebih cepat sembuh karena nanah di dalamnya akan mudah keluar. Kalian juga tidak perlu menariknya sebab nanah akan keluar dengan sendirinya. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin, ya.

5. Gunakan Bawang Putih dan Bawang Merah untuk Mengatasi Bisul

Banyak bahan dapur yang digunakan sebagai bahan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah bawang putih dan bawah merah yang mampu menyembuhkan bisul. Kedua bumbu dapur ini dikenal memiliki sifat antibiotik cukup tinggi yang baik untuk mengatasi penyakit tersebut.

Selain itu, bumbu dapur tersebut mengandung sulfur yang penting untuk membersihkan bagian bisul. Bawang merah juga dapat mempercepat proses pengeringan bisul. Untuk penggunaannya, terdapat beberapa cara yang biasanya dilakukan.

Kalian bisa memotong bawang merah atau putih yang telah dikupas dan dicuci bersih menjadi beberapa bagian. Kemudian bungkus dengan kain tipis lalu tempelkan pada bisu. Cara lainnya yakni dengan memarut kedua bumbu tersebut lalu bungkus dengan kapas atau kain. Tempelkan pada area bisul secara rutin.

6. Tepung jagung dapat mengobati bisul

Salah satu bahan untuk mengatasi bisul yang sudah lama digunakan adalah tepung jagung. Kandungan pati di dalamnya dapat membuat bagian bisul menjadi lebih dingin dan baik untuk mencegah timbulnya nanah dan infeksi pada bagian bisul.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu mencampurkan tepung jagung dengan air hangat hingga menjadi pasta lembut. Lalu oleskan pada bagian bisul dan kulit sekitarnya. Setelah dibiarkan selama beberapa saat, bilah dengan air dingin. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Minyak jarak mengandung senyawa untuk menyembuhkan bisul

Minyak jarak sangat baik untuk merawat bisul karena memiliki senyawa antiseptik di dalamnya. Kandungan tersebut baik juga untuk membuat racun keluar dari bisul. Selain itu, minyak satu ini juga membuat peradangan pada bisul lebih cepat sembuh dan kering dengan baik.

Penggunaan minyak jarak hanya dengan meneteskannya pada kapas atau kain bersih lalu letakkan pada area bisul. Awalnya mungkin tidak nyaman menggunakan metode pengobatan ini, namun minyak ini membuat luka bisul tidak terlalu parah.

8. Atasi bisul dengan kunyit

Kunyit dapat membersihkan darah secara alami dan membantu mengurangi peradangan pada bisul sehingga dapat cepat sembuh. Hal tersebut karena bumbu dapur ini memiliki senyawa khusus berupa antioksidan.

Menggunakan kunyit untuk menyembuhkan bisul dapat mencegah munculnya penyakit tersebut di tempat yang sama. Karena banyak orang yang terjangkit penyakit ini pada bagian tubuh yang sama.

6. Putih telur bermanfaat untuk mengobati bisul

Tidak hanya untuk membersihkan komedo, putih telur juga berguna menyembuhkan bisul, lho. Bagian putih telur mengandung protein khusus yang dapat membuat semua nanah dalam bisul keluar. Bakteri pada benjolan tersebut juga akan ikut mati.

Namun, penggunaannya juga tidak sembarangan. Kalian harus memilih jenis telur ayam kampung yang tidak mengandung obat kimia. Kemudian rebus hingga matang dan kupas kulit telur tersebut. Ambil bagian putihnya lalu tempelkan pada area bisul.

7. Sembuhkan benjolan bisul dengan timun

Timun memiliki kandungan anti inflamasi tinggi yang berguna mencegah peradangan kulit. Untuk menggunakannya, kalian harus mencampurkannya dengan biji pala yang mengandung anti bakterial yang dapat melawan infeksi.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan timun beserta biji dan kulitnya. Lalu campurkan dengan biji pala dan bungkus menggunakan daun pisang. Panggang bungkusan tersebut kemudian oleskan ke area bisul secara merata.

Tips Cara Mengobati Bisul atau Bisulan

Ada beberapa tips dalam mengatasi masalah bisul atau bisulan yaitu

  • Hindari makanan yang menyebabkan panas tubuh dan timbulnya penyakit bisul, seperti alkohol, kopi, telur dan daging ayam. Terutama bagi Anda yang punya golongan B yang sering tidak cocok dengan daging unggas.
  • Hindari juga penggunaan deodoran antiperpiran atau yang menghambat keluarnya keringat, hal tersebut membuat kotoran dalam tubuh tertahan dan tidak keluar.
  • Disarankan bagi orang-orang yang sering mengalami bisulan untuk berolahraga, sebagai upaya untuk keluarnya keringat setiap hari. Ini bertujuan supaya pori-pori kulit bisa mengeluarkan kotoran-kotoran yang menumpuk di atasnya.
Loading...

Leave a Comment