3 Cara Mengobati Flu dengan Cepat Secara Alami Menggunakan Ramuan Herbal

Cara mengobati flu dengan cepat secara alami menggunakan ramuan herbal. Flu atau pilek merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang semua usia mulai anak-anak hingga dewasa. Flu adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, dimana orang akan mudah terserang flu saat kondisi daya tahan tubuh menurun. Dalam keadaan tersebut virus flu akan mudah masuk dan menginfeksinya.

Ada banyak cara mengobati flu atau pilek, diantaranya dengan minum obat pilek di apotik. Selain itu ada pula Obat alami atau obat tradisonal sebagai solusi alternatif dari obat medis yang biasa diresepkan oleh dokter. Lalu, apa saja obat sakit flu alami yang bisa digunakan untuk mengobatinya? Dan bagaimana cara mengobati flu secara alami?. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Flu dengan Cepat Secara Tradisional

cara mengobati flu

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang obat flu (pilek) tradisional untuk dewasa dan anak, Ada baiknya  mengetahui juga apa gejala dan penyebab flu tersebut. Gejala flu yang umum terjadi yaitu mengalami demam, pegal-pegal, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala dan batuk batuk. Saat bayi, anak dan orang dewasa mengalami kondisi itu maka menandakan telah mengalami flu atau pilek.

Baca juga: Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional

Sedangkan penyebab flu atau pilek pada anak dan orang dewasa adalah sama yaitu virus. Flu atau pilek yang terjadi akibat infeksi oleh beberapa jenis virus influenza sesuai musim. Mereka menyebar melalui ludah dan ingus saat penderita berbicara, bersin dan batuk. Virus akan menginfeksi mulai dari saluran pernafasan bagian atas seperti hidung dan rongga mulut, lalu masuk menyebar keseluruh tubuh. Lantas, bagaimana cara mengobati flu dengan cepat secara tradisional?.

Berikut ini ada beberapa ramuan alami yang diramu secara tradisional yang dipercaya menjadi cara menyembuhkan pilek dalam sehari. Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri ramuan tradisional flu di rumah, dan berikut langkah-langkah cara mengobati flu dengan cepat menggunakan ramuan herbal tradisional, yaitu:

cara mengobati flu dengan cepat

1. Ramuan Jahe dan Daun Bawang Putih

Salah satu jenis obat flu tradisional untuk dewasa dan anak yaitu jahe. Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Disamping itu, penggunaan jahe untuk obat tradisional flu atau pilek telah dipercaya ampuh sejak dulu. Untuk membuat ramuan tradisional obat pilek dengan jahe membutuhkan bahan tambahan lain yaitu daun bawang dan bunga melati. Berikut adalah cara mengobati flu dengan jahe dan daun bawang putih serta melati, yaitu:

  • Siapkan 6 gram bunga melati, 5 gram jahe, 2 batang daun bawang putih dan 400 cc air.
  • Cara membuatnya, cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan  400 cc air.
  • Saring dan diminum dalam hangat, aturan minum yaitu minum dua kali sehari, pagi dan sore setelah makan.

Baca juga: 5 Cara Menyembuhkan Batuk dan Flu dengan Cepat dan Alami Tanpa Obat

2. Ramuan Jahe dan Ketumbar

Cara mengobati flu dengan cepat selanjutnya yaitu dengan membuat ramuan tradisional dari jahe dan ketumbar. Campuran dua bahan alami yang bersifat hangat ini diyakini mampu menyembuhkan pilek dalam sehari. Anda cukup membuatnya sendiri di rumah dan meminumnya langsung. Berikut cara membuat obat pilek yg manjur dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Siapkan bahan-bahannya antara lain, 1 genggam ketumbar, 1 ruas jempol jahe merah atau bisa dengan jahe biasa.
  • Cara membuatnya yaitu rebus semua bahan kedalam 2 gelas air, hingga mendidih selama 10 menit dalam panci tertutup, bagi 2, untuk diminum 2 sampai 3 kali sehari.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Karena Flu

3. Ramuan Bawang Putih

Selain penggunaan jahe sebagai obat tradisional batuk pilek untuk orang dewasa dan anak, ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan flu secara tradisional. Dengan mengolahnya menjadi ramuan tradisional kemudian meminumnya secara teratur akan menyembuhkan flu atau pilek dengan cepat. Cara membuat obat pilek yg manjur dengan bawang putih tidaklah sulit, Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah dengan cepat dan mudah. Berikut ini cara mengobati flu dengan bawang putih dan cara membuatnya, yaitu:

  • Siapkan 250 ml cuka apel, 7 gram ketumbar, 7 gram adas, 45 gram bawang putih, 300 gram madu.
  • Masukkan cuka apel ke dalam panci, tambahkan ketumbar dan biji adas yang sudah ditumbuk sampai halus,.
  • Rebus sampai mendidih selama 15 menit, angkat dan tambahkan 45 gram bawang putih yang sudah ditumbuk lalu diamkan sampai dingin, saring dan tambahkan madu.
  • Panaskan dengan api kecil dan aduk-aduk hingga menjadi sirup.
  • Usahakan jangan panas sampai mendidih, karena enzim pada madu akan mati jika dipanaskan diatas 60 derajat celcius, kita hanya menghangatkan saja supaya madu dan cuka menyatu.
  • Cara minumnya dengan mengencerkan 1 sendok makan ramuan ini ke dalam setengah gelas air hangat, kumur sebentar dan minum sisanya.

Ramuan obat pilek yang manjur diatas kaya akan anti virus dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan ini dapat disimpan sampai sebulan di kulkas. Informasi tambahan tentang cara mengobati flu dengan cepat secara tradisional. Disamping Anda  minum obat obat pilek alami untuk anak dan dewasa diatas, maka sangat penting bagi flu adalah istirahat. Istirahatlah yang cukup dan menyendiri. Hal ini yang bertujuan supaya tidak menularkan pada orang lain

Selain itu agar flu cepat sembuh sebaiknya makan dan minum yang hangat. Seperti, air hangat jeruk madu dan sup sayuran hangat dengan campuran ayam. Perlu diperhatikan untuk menyembuhkan flu pada anak sebaiknya menggunakan dosis orang dewasa atau disesuaikan takarannya.

Demikianlah cara mengobati flu dengan cepat secara alami dengan ramuan herbal. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Selamat mencoba, dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Bawang Putih Dalam Sekejap

 

Related Posts

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali