8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dengan Cepat dan Pencegahannya

Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan cepat dan pencegahannya. Gusi bengkak merupakan masalah gusi yang mengalami peradangan dan infeksi sehingga menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa penderitanya. Penyebab gusi bengkak pada umumnya terjadi karena gigi berlubang, atau saat tumbuh gigi geraham yang menjadikan gusi belakang bengkak, dan sebab lainnya. Gejala yang sering muncul saat gusi bengkak antara lain pendarahan sementara saat menyikat gigi, rasa nyeri pada gusi, warna gusi menjadi merah muda, dan bahkan pembentukan nanah diantara gusi dan gigi.

Loading...

Cara mengobati gusi bengkak bisa dilakukan dengan membeli jenis obat apotik gusi bengkak untuk penanganan gangguan ringan. Selain itu, cara mengatasi gusi bengkak ringan bisa dilakukan dengan memberi perhatian lebih pada kebersihan mulut seperti menyikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi berbahan lembut seperti nilon. Disamping itu, menggunakan benang gigi sebagai penyempurna pembersihan gigi. Untuk info lebih lengkapnya tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Mengobati Gusi Bengkak dengan Bahan Alami yang Ampuh

cara mengobati gusi bengkak

Penyebab lain gusi bengkak yang paling umum terjadi yaitu akibat timbunan plak pada gigi, plak yang membentuk karang gigi banyak mengandung bakteri yang bisa menginfeksi gusi. Akibatnya gusi mudah berdarah dan bernanah. Maka penting usaha pencegahan gusi bengkak karena karang gigi tersebut dengan cara menghilangkan karang gigi yang menumpuk tersebut.

Gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh kondisi gigi sensitif terhadap pasta gigi. Cara mengobati gusi bengkak karena pasta gigi bisa dilakukan dengan mengganti pasta gigi dengan produk lain. dan langkah pencegahan gusi bengkak karena penggunaan pasta gigi yaitu dengan menghindari pemakaian produk pasta gigi lain. Gunakan pasta gigi yang telah biasa Anda gunakan. Gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh obat kumur, maka untuk mengatasinya yaitu dengan menghentikan penggunaannya. Lalu bagaimana cara mengatasi gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham dan gigi berlubang?

Loading...

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Agar Sehat dengan Kebiasaan Sederhana

Cara mengobati gusi berlubang yang disebabkan oleh tumbuh gigi dan gigi berlubang bisa menggunakan bahan-bahan alami yang diramu menjadi obat tradisional gusi bengkak. Bahan alami tersebut sangat mudah didapatkan dan kemudian Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, bagaimana caranya?. Berikut ini cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami yang ampuh, yaitu:

1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu obat tradisional gusi bengkak karena tumbuh gigi. cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham dengan minyak cengkeh sangat mudah yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas dan kemudian oleskan pada gusi yang bengkak tersebut, maka akan mengatasi rasa nyeri dan mengempiskan bengkaknya.

2. Daun Sirih

Daun sirih terkenal dengan manfaatnya untuk pengobatan tradisional. Ternyata daun sirih juga bisa digunakan untuk obat tradisional gusi bengkak karena gigi berlubang. Dan berikut ini cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dengan daun sirih, yaitu:

  • Siapkan 10 helai daun sirih kemudian cuci bersih dengan air, sediakan juga 1 ruas kunyit yang ditumbuk kasar dan garam secukupnya
  • Rebus tiga bahan tersebut dengan air sebanyak 2 setengah gelas hingga menjadi setengahnya
  • Tuangkan ke dalam gelas, lalu gunakan untuk berkumur dan kemudian diminum
  • Lakukan pengobatan ini selama mengalami gusi bengkak hingga sembuh. Penggunaan obat tradisional gusi bengkak karena gigi berlubang dengan ramuan sirih terbukti cepat mengatasinya.

3. Lada Hitam dan Minyak Cengkeh

Pengunaan minyak cengkeh untuk mengatasi gusi bengkak bisa menambahkan bahan lain yaitu lada hitam agar lebih maksimal khasiatnya. Cara mengobati gusi bengkak dengan lada hitam dan minyak cengkeh yaitu dengan mencampur dua bahan tersebut kemudian mengoleskannya pada gusi yang bengkak dengan menggunakan kapas.

4. Teh Hitam

Siapa sangka ternyata menyembuhkan gusi bengkak bisa dilakukan dengan menggunakan teh, yaitu teh hitam. Hal ini karena pada teh hitam mengandung tanin yang dipercaya ampuh mengatasi peradangan pada gusi. Cara mengobati gusi bengkak dengan teh hitam sangat mudah yaitu:

  • Seduh 1 celup teh hitam dengan menggunakan air panas dengan ukuran panas 80-85 derajat celcius (air panas dalam thermos)
  • Kemudian ambil celup teh hitam tersebut
  • Diamkan sebentar dan tempelkan pada gusi yang bengkak selama 10 sampai 15 menit
  • Setelah itu buat air garam hangat dan berkumur dengan air garam tersebut
  • Lakukan 2 kali sehari selama mengalami gusi bengkak, maka akan sembuh dengan cepat.

5. Lidah Buaya

Lendir atau gel lidah buaya mempunyai banyak khasiat untuk penyembuhan. Selain membantu menyembuhkan luka bakar dan bekasnya, ternyata gel lidah buaya bisa dijadikan obat tradisional gusi bengkak yang ampuh. Menurut hasil penelitian bahwa lendir lidah buaya dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gusi yang bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada gusi yang mengalami bengkak dan kemudian berkumur dengan air lidah buaya. Cara membuat ramuan air lidah buaya yaitu dengan mencampur lendir lidah buaya dengan air hangat, aduk hingga tercampur rata.

6. Air Garam

Air garam merupakan obat tradisional gusi bengkak  yang dipercaya sejak lama. Orang dulu menggunakan air garam sebagai cara alami menyembuhkan gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan garam yaitu dengan membuat air seduhan garam, masukkan 1 sendok garam  pada 1 gelas air hangat kemudian berkumur-kumur dengan air seduhan tersebut. Dengan berkumur air garam yang hangat akan membantu meredakan nyeri saat gusi bengkak karena gigi berlubang atau saat tumbuh gigi geraham.

7. Akar Manis

Akar manis merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di seluruh wilayah indonesia. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional akan membantu menghilangkan nyeri saat gusi bengkak dan mengatasi peradangannya. Cara mengobati gusi bengkak dengan akar manis yaitu dengan menyeduhnya bersama air hangat dan kemudian untuk kumur-kumur. Lakukan selama gusi terasa nyeri dan bengkak agar cepat sembuh.

8. Baking Soda (Hidrogen Perosida)

Ternyata baking soda tidak hanya membantu memutihkan gigi dan sebagai obat alami menghilangkan karang gigi saja. Buktinya, baking soda atau soda kue bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan baking soda, yaitu dengan mencampur bubuk baking soda dengan air hangat. Tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga tercampur rata. Gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan 2 kali sehari selama mengalami bengkak dan nyeri maka akan membantu mengatasi gusi bengkak sembuh dengan cepat.

Sebagai tambahan informasi tentang cara mengobati gusi bengkak agar tidak dialami lagi, yaitu dengan melakukan langkah-langkah pencegahannya. Cara mencegah gusi bengkak yang paling efektif yait:

  • Rajin membersihkan gigi dengan 2 kali menggosok gigi dalam sehari dan melengkapinya dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang tak terjangkau dengan menyikat gigi.
  • Gunakan pasta gigi yang cocok dengan gigi Anda dan jangan mencoba menggonta-ganti pasta gigi.
  • Pilihlah sikat gigi yang lembut seperti nilon dan memiliki ujung yang tumpul. Jangan lakukan menyikat gigi dengan secara maju mundur. Sebaiknya lakukan menyikat gigi dengan cara yang benar yaitu dengan gerakan memutar.
  • Perbanyak minum air putih
  • Memenuhi kebutuhan asupan vitamin C yang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan lainnya.
  • Hindari minum atau makan yang terlalu panas atau terlalu dingin

Demikianlah ulasan tentang cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, khususnya yang sedang mengalami sakit karena gusi bengkak. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Merawat Gigi Anak Agar Tidak Rusak dan Berlubang

Loading...

2 thoughts on “8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami dengan Cepat dan Pencegahannya”

  1. Cara – cara diatas mengobati secara permanen atau sementara admin ?? mohon penjelasannya

Leave a Comment