Cara Mengobati Gusi Bengkak Paling Ampuh dengan Obat Tradisional

Mengobati gus bengkak bisa menggunakan metode alami, yaitu dengan memanfaatkan tumbuhan yang berkhasiat mampu menyembuhkan gusi bengkak.

Loading...

Gusi Bengkak atau Gingivitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi pada gusi sehingga menimbulkan rasa sakit pada gusi. Gusi bengkak ditandai  dengan gusi yang memerah dan terjadi inflamasi atau pembengkakan pada jaringan gusi.

Biasanya penyebab yang sering dialami adalah karena gigi berlubang, tumbuh gigi geraham dan bisa juga disebabkan oleh faktor dari luar, seperti menyikat gigi terlalu keras dan masih banyak lagi.

Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan menggunakan daun sirih dan lada hitam.

Tips Agar Gusi tidak Bengkak

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Loading...

Menyembuhkan gusi bengkak bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah yang benar. Berikut ini adalah tips cara mengatasi gusi bengkak, yaitu:

  • Menyikat gigi dengan lembut sehingga tidak menjadikan iritasi gusi
  • Berkumur dengan air garam untuk membersihkan gusi, gigi, dan rongga mulut dari bakteri
  • Minum banyak air untuk membersihkan mulut. Hal ini akan menyiram mulut dari bakteri. Selain itu, air juga bermanfaat membantu merangsang produksi air liur sehingga dapat membunuh bakteri pada gusi bengkak
  • Mengompres air hangat pada pipi tempat gusi yang sakit karena bengkak untuk mengurangi sakitnya
  • menghindari iritasi pada gusi termasuk berkumur dengan obat kumur keras, merokok dan minum alkohol
  • Berkumur dengan baking soda yang dicampur air

Baca juga: Cara Mengatasi Gigi Sensitif Secara Alami Dan Mudah

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Selain Anda melakukan langkah-langkah untuk mengatasi gusi bengkak diatas, Anda juga bisa membuat obat alami gusi bengkak sendiri di rumah . Berikut adalah obat tradisional gusi bengkak, yaitu:

1. Daun Sirih

Daun sirih adalah tanaman herbal yang bisa untuk menyembuhkan gusi bengkak Anda. Anda bisa membuat daun sirih ini menjadi ramuan dengan tambahan kunyit, dan garam.

Oke, langsung saja ambil 8-10 lembar daun sirih rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan 1 ruas kunyit dan garam secukupnya. Biarkan hingga air rebusan tersisa 1 gelas, setelah itu saring dan dinginkan. Gunakan ramuan ini untuk berkumur dan bisa juga diminum.

2. Lada Hitam

Bahan alami untuk obat gusi bengkak yang lain adalah lada hitam. Dengan menambahkan minyak cengkeh ramuan lada hitam ini efektif mengatasi sakit gusi bengkak.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoles minyak cengkeh yang ditambahi lada hitam pada gusi yang bengkak. Hal ini akan mengurangi rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan.

Loading...

2 thoughts on “Cara Mengobati Gusi Bengkak Paling Ampuh dengan Obat Tradisional”

  1. Banggg ..
    Biasanya tetep aja sakit , saya pernah pake solusi itu gk mempan..
    Ada yang lainya gak ?

    Reply
    • Penyebab gusi bengkak memang sangat banyak mas silvan. bisa juga inflamasi atau pembengkakan tersebut disebabkan oleh virus. cara mengobati gusi bengkak alami bisa kurang efektif, jika pembengkakan tersebut karena virus. Disarankan coba mas periksakan ke dokter jika dengan cara alami tidak bisa menyembuhkan. Terimakasih

      Reply

Leave a comment