4 Cara Mengobati Jamur Kulit yang Membandel Secara Alami dan Tradisional

Cara mengobati jamur kulit yang membandel secara alami dan tradisional. Infeksi jamur kulit bisa dialami oleh siapa saja, dari orang dewasa pria dan wanita bahkan anak-anak. Biasanya jamur kulit seperti panu, kudis dan semacamnya dalam keadaan infeksi ringan akan menjadikan ruam yang gatal pada kulit. Infeksi jamur kulit juga menjadikan warna belang seperti warna putih karena panu, atau merah karena ruam sehingga menjadikan penampilan menjadi terganggu. Sebenarnya penyakit jamur kulit ini tidak berbahaya namun dianjurkan untuk segera diobati agar tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh dengan rasa gatal yang menyiksa.

Ada banyak cara mengobati jamur kulit seperti menggunakan obat salep jamur kulit di apotik. Selain itu, pengobatan jamur kulit pada tangan, kaki, wajah, badan  dan kulit bagian tubuh yang lain bisa dilakukan dengan menggunakan cara alami dan tradisional. Cara yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang terbukti bisa menjadi obat jamur kulit yang bagus dan ampuh. Nah, untuk lebih lengkap tentang bagaimana cara mengobati jamur kulit yang paling ampuh. Simak ulasan berikut ini.

Cara Mengobati Jamur Kulit dengan Bahan Alami

Penyebaran infeksi jamur kulit sangat cepat, karena penyebaran jamur bisa terjadi lewat udara dan keadaan lembab pada kulit menjadikan infeksi akan meluas dalam waktu singkat. Infeksi jamur ini bisa timbul pada seluruh kulit bagian luar dari mulai kepala, wajah, tangan, kaki, punggung dan bagian badan lainnya. Bahkan pada kulit area selangkangan yang selalu lembab. Nah, jika saat ini Anda tengah mengalami penyakit jamur kulit seperti panu atau kudis maka segeralah untuk diobati sebelum menjadi parah dan sangat mengganggu. Berikut ini beberapa cara mengobati jamur kulit yang membandel dengan bahan alami, yaitu:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang memiliki banyak manfaat untuk kulit salah satunya bisa menghilangkan jamur, virus dan bakteri pada kulit. Hal ini dikarenakan  kandungan asam lemak pada minyak kelapa sehingga ampuh membantu menghentikan pertumbuhan jamur kulit dan penyebarannya. Cara mengobati jamur kulit dengan minyak kelapa sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada kulit yang terkena jamur dan diamkan sampai kering lakukan berulang-ulang hingga sembuh.

Baca juga: 3 Obat Jamur Kulit Tradisional yang Bagus dan Ampuh Untuk Infeksi Gatal

2. Cuka Apel

Bahan alami yang ampuh mengobati jamur kulit seperti panu dan lainnya yaitu cuka apel. Cuka apel terbukti bagus untuk obat jamur kulit alami. Hal ini tidak terlepas dari kandungannya yang berguna untuk membasmi mikroba. Anti mikroba tersebut mampu menghentikan pertumbuhan jamur di area kulit yang lembab seperti selangkangan dan kulit lain yang terbuka seperti tangan dan kaki. Penggunaan cuka apel ini sama seperti menggunakan salep yaitu cukup dioleskan saja. Berikut adalah cara mengobati jamur kulit dengan cuka apel, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok makan cuka apel dan kapas, basahi kapas dengan cuka apel kemudian oleskan pada kulit yang berjamur.
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit sampai 20 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat.
  • Lakukan secara rutin sampai jamur kulit hilang.

3. Belimbing Wuluh

Cara mengobati jamur kulit secara alami selanjutnya yaitu menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki manfaat untuk kulit yaitu menghilangkan jamur kulit dengan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan belimbing wuluh kaya akan sulfur, perioksida dan asam. Dengan kandungannya tersebut belimbing yang asam ini memiliki sifat anti jamur yang membantu menghilangkan jamur kulit seperti panu dan lainnya. Cara mengobati jamur kulit dengan belimbing wuluh sangat mudah. Begini caranya:

  • Siapkan 1 buah belimbing wuluh kemudian cuci hingga bersih.
  • Potong-potong menjadi 4 bagian atau bisa juga dengan membuatnya menjadi lembut dengan diblender.
  • Oleskan dengan diusap-usapkan pada bagian kulit yang terkena infeksi jamur selama 5 menit.
  • Diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

4. Kunyit

Kunyit merupakan bahan tradisional yang bisa digunakan untuk obat jamur kulit yang bagus yang penggunaannya seperti salep. Cara menyembuhkan jamur kulit dengan kunyit terbukti ampuh dengan langkah awal dengan membuatnya ramuan secara tradisional. Kandungan kunyit seperti minyak volatile berguna sebagai anti peradangan dan kandungan kurkuminnya merupakan antioksidan yang membantu menetralkan kulit dari radikal bebas. Perpaduan dua sifat tersebut menjadikan kunyit menjadi salah satu obat jamur kulit paling ampuh. Berikut ini cara membuat obat jamur kulit alami dengan kunyit dan cara menggunakannya, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas kunyit dan cuci hingga bersih.
  • Kupas kulitnya kemudian iris menjadi beberapa bagian.
  • Usap-usapkan kan kunyit tersebut pada kulit yang terkena infeksi jamur kulit selama 5 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan berulang-ulang 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.
  • Cara lain mengobati jamur kulit dengan kunyit yaitu membuatnya lembut dengan ditumbuk, siapkan 2 ruas kunyit haluskan dan oleskan kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

Demikianlah kumpulan cara mengobati jamur kulit secara alami dan tradisional yang ampuh. Semoga info tips tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Aman dan Mujarab

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali