5 Cara Mengobati Luka Bakar Tradisional yang Ampuh Secara Alami dan Cepat

Cara mengobati luka bakar tradisional yang ampuh secara alami dan cepat. Luka bakar adalah kondisi kulit yang cidera akibat bersentuhan dengan benda panas, seperti air panas, minyak panas, knalpot, setrika dan lainnya. Pada umumnya kulit terbakar tersebut akan menggelembung, melepuh dan berair. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan luka bakar tersebut. Diantaranya dengan menggunakan obat luka bakar di apotik seperti bioplacenton. Salep bioplacenton diyakini mampu mengobati luka bakar agar cepat kering. Nah, bagi Anda yang suka memilih dengan cara alami, ada beberapa obat tradisional untuk luka bakar dan bekasnya yang ampuh.

Loading...

Cara mengobati luka bakar secara alami dan cepat bisa dilakukan dengan membuat sendiri obat untuk luka bakar agar tidak berbekas. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya, madu, kulit pisang dan lainnya luka bakar bisa disembuhkan dengan cepat. Mengatasi luka bakar dengan menggunakan obat tradisional dinilai lebih aman, murah dan ampuh menghilangkannya. Menyembuhkan luka bakar secara alami agar cepat kering dan tidak membekas yaitu dengan membuat sendiri di rumah dan cara membuat obat tradisional luka bakar tidak sulit serta bahannya pun mudah di dapatkan. Untuk lebih jelasnya tentang cara mengobati luka bakar secara alami dengan obat tradisional, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengobati Luka Bakar Secara Alami Agar Cepat Kering dan Tidak Membekas

cara mengobati luka bakar

Untuk mengatasi luka bakar ringan sebenarnya bisa dengan mudah diatasi dengan guyuran air dingin yang mengalir. Hal itu cukup untuk menyembuhkannya dan mencegah agar tidak melepuh. Selain itu, pengobatan luka bakar ringan agar cepat kering bisa dilakukan dengan mengoleskan pasta gigi. Namun pada tingkat sedang yang menggelembung, melepuh dan berair membutuhkan cara yang lebih efektif. Dan berikut ini adalah cara mengobati luka bakar secara alami dan cepat, yaitu:

1. Lidah Buaya

Loading...

Cara mengatasi luka bakar yang melepuh, menggelembung dan berair bisa dihilangkan dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit. Lidah buaya atau aloe vera bisa menyembuhkan luka bakar dengan cepat dan tidak membekas. Mengoleskan getah lidah buaya pada kulit yang terbakar bermanfaat untuk menghilangkan rasa panas dan membantu mempercepat perbaikan jaringan kulit yang rusak. Berikut ini cara mengobati luka bakar dengan lidah buaya, yaitu:

  • Ambil 1 batang lidah buaya, kemudian cuci bersih dan ambil gelnya
  • Luka bakar dibersihkan terlebih dahulu dengan air
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit yang terluka
  • Lakukan secara teratur hingga luka tersebut mengering
  • Dengan penggunaan lendir lidah buaya tersebut akan mengatasi luka bakar dengan cepat dan tidak membekas.

Baca juga: Obat Luka Luar Tradisional yang Bagus dan Paling Ampuh Biar Cepat Kering

2. Madu

Madu termasuk salah satu obat untuk luka bakar agar tidak berbekas. Madu memiliki kandungan antiseptik yang tinggi yang dapat menyembuhkan luka bakar ringan dengan cepat. Penggunaan madu sangat manjur untuk luka bakar karena minyak karena setrika, air panas, knalpot dan minyak panas. Manfaat madu akan mengurangi rasa panas dan mencegah luka bakar agar tidak berbekas. Berikut ini cara mengobati luka bakar dengan madu, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun
  • Campurkan dan sedikit diaduk agar tercampur
  • Bersihkan luka bakar yang melepuh dengan air bersih
  • Oleskan campuran madu dan minyak zaitun tersebut pada kulit yang terbakar
  • Lakukan sesegera mungkin dan luka bakar akan cepat mengering dan tidak membekas nantinya.

3. Mentimun

Mentimun atau timun memang sejak lama terkenal dengan manfaatnya untuk mengatasi masalah kulit. Ternyata di dalam mentimun terdapat bahan silika alami yang dapat membantu mengatasi luka bakar agar cepat sembuh dan tidak menimbulkan bekas. Seperti yang kita tahu, silika merupakan zat yang bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Maka tak mengherankan jika selama ini timun sangat ampuh mengatasi masalah kulit seperti kulit keriput dan lainnya. Hal itu tidak terlepas dari silika yang ada pada buah mentimun. Begitu juga mentimun dipercaya merupakan obat luka bakar melepuh yang manjur. Dan berikut ini adalah cara mengobati luka bakar dengan mentimun, yaitu:

  • Ambil dan cuci mentimun ukuran sedang, kemudian parut hingga halus
  • Tuangkan parutan tersebut pada wadah dan campurkan madu kemudian aduk hingga rata
  • Untuk mencegah bekas luka bakar tambahkan juga 1 sendok gel lidah buaya
  • Oleskan Obat tradisional luka bakar tersebut pada kulit yang terluka yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Lakukan 2 kali dalam sehari maka luka bakar akan sembuh tanpa membekas.

4. Daun Pare

Siapa sangka daun dari jenis sayur yang pahit ini bisa dijadikan obat tradisional luka bakar yang ampuh. Pare atau paria bisa mengatasi luka bakar dengan cepat dan alami dengan menambahkan tepung beras sebagai bahan tambahan. Dengan perpaduan dua bahan tersebut luka bakar yang melepuh atau menggelembung dan berair akan segera sembuh dan tidak membekas. Berikut adalah cara mengobati luka bakar dengan daun pare, yaitu:

  • Sediakan beberapa lembar daun pare yang telah dicuci
  • Tumbuk hingga halus dengan menambahkan sedikit air
  • Kemudian campurkan bubuk beras atau tepung beras kemudian aduk hingga tercampur rata hingga menjadi seperti salep
  • OleskanĀ  salep untuk luka bakar alami tersebut pada kulit yang terbakar
  • Penggunaan ramuan pare dan tepung beras terbukti mengatasi luka bakar secara alami dan cepat tanpa bekas.

5. Kulit Pisang

Benda yang selama ini dianggap sebagai tak berguna atau sampah, ternyata bisa dibuat menjadi obat luka bakar knalpot dan air panas. Dengan menggunakan kulit pisang tersebut luka bakar sembuh dengan cepat dan kering. Caranya mengobati luka bakar dengan pisang cukup mudah,yaitu: Ambil kulit pisang dan oleskan pada kulit yang terluka. Atau Anda juga bisa menggunakan buah pisang yang dilumatkan dan menambahkan sedikit madu kemudian dioles pada kulit yang cidera bakar tersebut. mengoleskan dengan cepat setelah terbakar akan menghilangkan luka bakar dan bekasnya dengan cepat juga.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati luka bakar tradisional yang ampuh secara alami dan cepat. Semoga informasi tadi bisa berguna bagi pembaca semua, khususnya yang mengalami luka bakar dan ingin menyembuhkannya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Luka Luar Agar Cepat Kering Secara Alami

Loading...

Leave a Comment