Cara Mengobati Mata Bengkak Merah dan Berair (Belekan) Secara Alami

Cara mengobati mata bengkak merah dan berair secara alami. Ada banyak penyebab kelopak mata menjadi bengkak dan bengkak tersebut bisa terjadi hanya sebelah kanan atau kiri saja bahkan keduanya. Umumnya penyebab mata bengkak bisa karena iritasi, digigit serangga, akibat menangis dan belekan (Konjungtivitis). Mata bengkak karena belekan bisa terjadi pada orang dewasa dan anak serta bayi. Gejala umum yang dirasakan penderitanya yaitu kelopak mata bengkak, mata merah, keluar kotoran mata, berair, gatal, mata lengket / sulit dibuka,  dan penurunan tajam penglihatan.

Loading...

Cara mengobati mata bengkak dan merah karena belekan tersebut bisa dilakukan dengan cara alami selain pengobatan oleh dokter. Mata bengkak karena konjungtivitis harus segera ditangani dengan tepat agar tidak menjadi semakin parah. Keadaan belekan yang parah bisa menyebabkan pandangan semakin kabur dan rasa pegal pada mata. Lantas bagaimana cara mengobati mata bengkak merah dan berair karena belekan tersebut?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Belekan Secara Alami

Ada beberapa penyebab seseorang terkena mata belekan, bisa karena alergi, bakteri, iritasi bahkan virus. Pada umumnya penanganan belekan ini dengan mengoleskan obat tetes mata dan salep antibiotik oleh dokter. Namun jika Anda ingin melakukankan pengobatan sendiri bisa dilakukan cara cara yang alami. Berikut ini beberapa langkah cara mengobati mata bengkak merah dan berair karena belekan, yaitu:

1. Kain Bersih dan Air Hangat

Pada saat belekan terjadi mata sering mengeluarkan air dan kotoran sehingga menjadi lengket. Untuk cara mengobati mata bengkak karena belekan yang pertama yaitu dengan membersihkannya dengan menggunakan kain bersih dan air hangat. Cara yang benar membersihkan mata belekan tersebut adalah sebagai berikut:

Loading...
  • Siapkan kain bersih dan air hangat.
  • Basahi kain tersebut dengan air hangat kemudian peras.
  • Tempelkan pada mata selama 5 menit (Perhatikan keadaan mata harus tertutup saat dikompres).
  • Basahi kembali dan peras tempelkan kembali dan lap berlahan untuk menghilangkan kotoran belekan yang mengering dan keras serta kotoran berminyak yang menempel pada bulu mata.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Merah dan Bengkak Secara Alami Cepat dengan Tradisional

2. Air Daun Sirih

Setelah dibersihkan dengan cara diatas, selanjutnya cara mengobati bengkak karena belekan dilakukan dengan menggunakan air daun sirih. Mengobati belekan alami dengan daun sirih terbukti ampuh menghilangkan bakteri dan mengurangi kotoran yang keluar dari ujung mata. Hal ini dikarenakan pada daun sirih mengandung antikuman dan antibakteri yang membantu menyembuhkan infeksi dan meringankan lelah dan pegal pada mata. Selain itu, daun sirih dapat membantu menghilangkan bengkak pada kelopak mata. Berikut adalah cara mengatasi mata bengkak karena belekan dengan daun sirih, yaitu:

  • Siapkan beberapa daun sirih, cuci bersih dan rebus hingga mendidih.
  • Saring rebusan daun sirih dan gunakan air tersebut untuk membasuh area mata.
  • Lakukan secara teratur 2 kali pagi dan sore hari hingga sembuh.

3. Air Seledri

Cara mengobati mata bengkak dan merah karena belekan selanjutnya yaitu dengan menggunakan obat tradisional yaitu air seledri. Seperti diketahui air seledri memiliki antioksidan yang tinggi yang bisa dimanfaatkan sebagai obat belekan alami. Berikut ini cara mengatasi mata bengkak karena belekan dengan air seledri, yaitu:

  • Siapkan air dalam mangkuk dan letakkan beberapa daun seledri didalamnya.
  • Gunakan air seledri tersebut untuk mencuci mata dan membasuhnya.
  • Lakukan cara tersebut berulang dan lakukan dengan teratur hingga bengkaknya hilang.

Selain menggunakan tiga cara diatas, cara mengobati mata bengkak, merah dan berair karena belekan agar cepat sembuh maka lakukan tips berikut ini.

  • Jangan mengucek mata yang bengkak
  • Dianjurkan mencuci tangan sebelum melakukan pengobatan alami diatas.
  • Hindari penggunaan make up bagi wanita agar iritasi tidak semakin parah.
  • Perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan.

Demikianlah cara mengobati mata bengkak, merah dan berair karena penyakit belekan. Semoga info tadi bisa bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Bengkak Dengan Cepat Sesuai Penyebabnya

 

 

 

Loading...

Leave a comment