Cara Mengobati Mata Merah dan Bengkak Secara Alami Cepat dengan Tradisional

Cara mengobati mata merah dan bengkak secara alami cepat dengan tradisional. Mengalami mata merah (konjungtivitas) memang memang mengganggu kenyamanan penglihatan. Mata merah yang terjadi karena adanya peradangan pada area putih mata dan area kelopak mata. Banyak orang mempercayai bahwa mata merah  dapat menular dengan melalui kontak mata atau saling memandang. Namun sebenarnya mata merah bisa menilar melalui saluran pernafasan yang menularkan virus dan bakteri penyebab mata merah tersebut.

Loading...

Cara mengobati mata merah yang benar harus tahu penyebabnya. Pemicu mata menjadi merah, meradang dan bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya, infeksi virus, bakteri, kuman, debu dan alergi. Selain itu, bisa karena pemakaian lensa kontak yang karena bahannya menimbulkan risiko iritasi dan infeksi. Nah, setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya bagaimana cara mengobati mata merah secara alami dan cepat?. Simak berikut lebih lanjut.

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami dan Tradisional

cara mengobati mata merah

Gejala mata merah umumnya mata terlihat keruh, merah dan bengkak. Mata merah tersebut akibat pembuluh darah di permukaan putih mata menjadi melebar yang disebabkan oleh benda asing yang masuk ke mata dan menginfeksi, atau karena gatal dan kemudian dikucek dengan tangan yang terus menerus. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari mengucek mata merah karena akan membuat lebih meradang dan membengkak makin besar. Berikut ini cara mengobati mata merah secara alami dan cepat, yaitu:

1. Es Dingin

Loading...

Cara mengobati mata merah yang terbukti ampuh yaitu mengompres mata dengan es. Manfaat es yang dingin untuk mata dapat mengatasi mata merah yang membengkak. Selain mengempiskan bengkaknya, memakai es dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan iritasi. Cara menghilangkan mata merah dan bengkak dengan es sangat mudah. Caranya jangan langsung mengompres es pada mata, tapi balut menggunakan kain halus. tempelkan pada mata sebentar-sebentar.

Baca juga: 12 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Minus Secara Alami

2. Air Hangat

Cara mengobati mata merah dan berair bisa dilakukan dengan memanfaatkan air hangat. Mengompres dengan air hangat. Penggunaan air hangat harus memperhatikan panasnya, gunakan air yang hangat bukan panas. Manfaat air hangat untuk mata ini bisa membantu meningkatkan aliran darah ke mata dan memperbanyak produksi minyak pada mata. Minyak tersebut bisa mencegah mata kering dan gatal saat mengalami konjungtivitas.

3. Kentang

Manfaat kentang mentah memang sangat banyak diantaranya bisa menghitamkan rambut dan mencegah uban kembali. Bahan makanan yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai obat mata merah alami yang mujarab. Kandungan senyawa pada kentang tersebut juga bisa mengatasi rasa gatal dan iritasi. Disamping itu, dengan cara mengobati mata merah dengan kentang mampu merilekskan mata lelah. Caranya iris tipis-tipis kentang kemudian tempelkan pada kelopak mata, biarkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

4. Mentimun

Mentimun adalah buah atau sayur yang bisa dibuat menjadi obat tradisional mata merah. Selain mata merah bisa disembuhkan dengan cepat, menggunakan mentimun juga bisa membantu menghilangkan mata panda, mata lelah dan masalah kulit keriput di sekitar mata. Cara mengobati mata merah dengan mentimun yaitu dengan mengiris tipis kemudian menempelkannya pada mata. Biarkan beberapa menit atau bisa juga dengan mengulanginya kemudian bilas hingga bersih.

5. Kunyit

Bahan alami yang satu ini banyak dimanfaatkan orang untuk obat herbal untuk menyembuhkan banyak penyakit. Dan ternyata manfaat kunyit untuk mata yaitu menghilangkan mata merah sebelah dan bengkak. Hal ini karena kunyit terkenal akan sifat anti radang dan anti bakteri pada kandungannya. Anti radang dan anti bakteri mampu menyembuhkan mata merah dan radang serta bengkak yang terjadi. Berikut cara mengobati mata merah sebelah dengan kunyit, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas kunyit dan cuci bersih
  • Potong kecil-kecil dan kemudian rebus hingga mendidih selama 10 menit.
  • Angkat dan diamkan hingga dingin
  • Gunakan air rebusan kunyit tersebut untuk obat tetes untuk mata merah sebelah atau keduanya maka akan cepat sembuh.

6. Bawang Putih

Cara mengobati mata merah yang ampuh selanjutnya yaitu dengan bawang putih. Bawang putih adalah bahan alami atau tanaman herbal yang ampuh untuk menghilangkan mata merah. Obat herbal mata merah dengan bawang putih ini mampu mengatasi mata merah dengan cepat. Mungkin dalam  menggunakannya sebagai obat mata akan terasa pedas, namun tidak akan lama dan cepat mata sembuh. Berikut ini cara menghilangkan mata merah akibat softlens dengan bawang putih yaitu:

  • Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian belah menjadi dua
  • Oleskan pada kelopak mata dan biarkan, jika panas atau pedas tahan saja karena tidak akan lama.
  • Lakukan perawatan ini pada malam hari sebelum tidur.

7. Daun Sirih

Obat herbal yang terkenal untuk kesehatan dan penyembuhan yaitu daun sirih. Manfaat daun sirih bisa dijadikan obat mata merah dan belekan. Cara mengobati mata merah dengan daun sirih yaitu dengan mencuci mata dengan ramuan rebusan daun sirih. Rebusan sirih memiliki senyawa yang ampuh mengatasi radang dan bengkak mata merah, antara lain tanin, minyak atsiri dan lainnya. Nah, berikut ini cara mengatasi mata merah dan gatal dengan daun sirih yaitu:

  • Rebus 4 sampai 5 lembar daun sirih yang masih segar atau baru petik
  • Gunakan 2 gelas air hingga menjadi setengahnya setelah perebusan
  • Gunakan air daun sirih tersebut untuk membersihkan mata.
  • Lakukan pada pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur secara teratur.

8. Air Mawar

Air mawar yang mungkin selama ini dikenal karena manfaatnya untuk mengatasi kulit kering dan kaki pecah-pecah. Ternyata air mawar ampuh untuk mengobati mata merah. Menggunakan air mawar untuk mengatasi mata merah yang bengkak terbukti ampuh, dengan air mawar iritasi akan sembuh dan warna merah akan berangsur hilang. Berikut ini cara mengobati mata merah dan bengkak dengan air mawar sangat mudah. Caranya seperti air daun sirih yaitu dengan menggunakan air mawar untuk membersihkan mata merah dan bengkak setiap hari.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati mata merah secara alami cepat dan tradisional. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua khususnya yang sedang mengalaminya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga:  12 Cara Merawat Mata dengan Baik dan Menjaganya Agar Tetap Sehat

 

Loading...

Leave a comment