Cara Mengobati Penyakit dengan PengobatanTradisional, Apa Kelebihannya?

Kelebihan cara mengobati penyakit dengan obat tradisional. Pengobatan tradisional merupakan salah satu cara penyembuhan penyakit yang masih banyak dilakukan di masyarakat indonesia. Dipilihnya cara alami ini karena lebih aman dari efek samping dibandingkan dengan pemakaian obat-obatan kimia. Selain itu, dengan menggunakan cara tradisional lebih murah karena bahan yang digunakan sebagai obat biasanya dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita.

Loading...

Namun tidak semua orang memilih cara-cara mengobati penyakit dengan menggunakan obat tradisional. Dan salah satu penyebabnya adalah adanya kekeliruan tentang pandangan tentang obat tradisional tersebut. Mereka berpikir bahwa sesuatu yang berasal dari barat itu lebih modern dan paling benar. Ketika mereka merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhnya atau sakit maka langsung buru-buru minum obat obat penangkal sakit.

Penyebab Pengobatan Penyakit Secara Alami Ditinggalkan

cara mengobati penyakit

Disamping pandangan tentang obat-obatan medis lebih manjur dan modern, ada penyebab lain ditinggalkannya pengobatan tradisional yaitu cara instan. Mereka beranggapan kenapa harus repot dengan meramu sendiri obat, tinggal beli dan minum saja kelar urusannya. Tak jarang juga ada pernyataan bahwa pengobatan alami itu naif, kampungan atau tidak realistis. Nah, jika Anda termasuk orang yang memiliki pikiran seperti itu maka baca sampai selesai agar lebih memahami yang sebenarnya tentang pengobatan alami dan tradisional.

Baca juga: Kelebihan Pengobatan Herbal Alami Dengan Ramuan Tradisional

Loading...

Memahami Proses Terjadinya Penyakit

Sebelum kita membahas tentang apa saja keunggulan cara mengobati penyakit dengan obat tradisional. Sebaiknya terlebih dahulu untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat merasa sakit. Penyakit itu akibat dari proses bertahap, tidak ada penyakit yang terjadi dengan spontan. hal itu sering disebut sebagai evuolusi penyakit. Berikut adalah tahapan proses tubuh hingga terjadinya penyakit.

Merasa tidak Enak.

Pada tahap ini belum ada gejala yang jelas terlihat hanya merasakan ada yang tidak beres dengan tubuh kita tapi sulit menjelaskannya. Kebanyakan pada tahapan ini seseorang akan cenderung menganggapnya itu hal kecil dan mengabaikannya.

Ada Gejala. 

Pada tahap selanjutnya terjadi perubahan pada tubuh yang tidak seperti biasanya, seperti mengalami sinusitis, maag atau sembelit. Pada tahap ini masih bisa disembuhkan dengan mudah bahkan dengan mengubah pola makan saja sudah bisa mengatasinya. Jika ingin menggunakan obat pun masih bisa disembuhkan dengan memanfaatkan tanaman dan tumbuhan herbal yang diramu secara tradisional.

Terlihat Nyata Penyakitnya.

Pada tahapan ini akhirnya penyakit muncul seperti infeksi saluran kencing, radang tenggorokan, kolesterol tinggi dan fungsi hati yang kurang baik. Pada tahap ini pun masih bisa diatasi dengan menggunakan bahan herbal alami yang diolah menjadi obat tradisional namun tentunya harus lebih teratur dalam meminumnya.

Perubahan Struktur Organ. 

Contoh pada tahapan ini misalnya, awalnya hepatitis. Jika terus berlanjut akan menjadi serosis atau vertiliver. Dari kolesterol tinggi akan menjadi Arteriosklerosis, Dari hipertensi atau darah tinggi menjadi gagal jantung sebelah, stroke dan serangan jantung. Batu ginjal pada awalnya karena terjadi radang dan infeksi maka menjadi Glomerulonephritis atau perubahan bentuk ginjal. Dari peningkatan gula darah menjadi diabetes mellitus.

Jika sudah pada tahapan nomer 4 ini maka harapan untuk mengatasi dengan obat tradisional maupun medis berpeluang tipis untuk sembuh. Namun apapun yang terjadi harus tetap memiliki harapan, bukan?.

Kelebihan Cara Mengobati Penyakit dengan Pengobatan Tradisional

Jadi intinya baik pengobatan tradisional dan medis memiliki efek penyembuhan yang sama. Jika ingin sehat ma solusi terbaik adalah pencegahan dengan pola hidup sehat. Saat penyakit itu bisa dicegah dan diatasi diawal tahapan maka pengobatan terbaik adalah dengan cara alami dan tradisional. Berikut ini adalah kelebihan cara mengobati penyalit dengan pengobatan tradisional, antara lain:

1. Kesehatan Jangka Panjang

Seperti diketahui bahwa obat alami mengandung senyawa-senyawa yang masih lengkap. Senyawa-senyawa tersebut akan bereaksi secara berlahan dalam tubuh kita dengan interaksi yang lebih ramah dengan organ-organ tubuh kita. Oleh karena itu, jika kita lebih proaktif mengobati penyakit dengan cara alami maka  untuk jangka yang panjang kesehatan akan jauh lebih baik.

2. Mengembalikan Keseimbangan Tubuh

Obat herbal sebagai pengobatan yang alami berinteraksi dengan vital force atau tenaga dalam kita, sehingga dapat memacu tubuh kita untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Jika tubuh kita panas tinggi, obat alami akan menyeimbangkan tubuh untuk menurunkan panas secara berlahan dan sesuai dengan reaksi sistem kekebalan tubuh kita. Jika kita terkena infeksi obat alami akan memacu untuk memproduksi sel-sel kekebalan agar menghabiskan infeksi tersebut dengan memacu upaya tubuh kita. Respon tubuh akan mengeluarkan infeksi tersebut dalam bentuk diare dan muntah sesaat.

3. Tidak Menekan Penyakit

Kata menekan atau suppressant diatas tidak dikenal dalam pengobatan alami. Berdasarkan pengalaman berabad-abad para penyembuh alami, jika suatu penyakit itu ditekan, dia akan keluar di tempat yang lain dan biasanya akan lebih parah. Contoh penekanan penyakit biasanya dilakukan oleh obat-obatan kimia. Penyakit ditubuh kita itu bagaikan air dalam wadah yang berlubang dua. Jika salah satu lubang ditekan, maka akan keluar dari lubang satunya.

4. Lebih Menyehatkan

Semua penyakit jika diketahui sedini mungkin maka bisa diobati cukup dengan cara alami. Cara mengobati penyakit pada tahap ringan bisa menggunakan obat alami, perubahan pola makan, pola gaya hidup yang baik sesuai kondisi pasien dan  serta niat yang positif dan kuat.

Para peneliti CAM (Complementary and Alternative Medicine) diberbagai negara maju telah mengadakan penelitian. Mereka menemukan bahwa masyarakat yang masih sering menggunakan obat alam, memiliki tingkat kesehatan yang lebih tinggi dan jarang terkena penyakit kronis dan degeneratif seperti, penyakit jantung, diabetes dan penyakit kanker.

5. Biaya Murah

Selain lebih menyehatkan cara mengobati penyakit dengan tradisional lebih hemat. Masyarakat memiliki jumlah pengeluaran biaya jauh lebih rendah daripada masyarakat yang tidak memakai cara alami dan tradisional.

6. Pencegahan Terbaik

Seperti yang telah disampaikan diatas proses penyakit parah itu bukan spontan maka penting melakukan mendahulukan cara mengobati penyakit dengan obat tradisional. Dengan obat alami tersebut mampu mengatasi penyakit-penyakit ringan agar tidak menjadi parah atau kronis. Dengan mengobati penyakit yang ringan yang dialami sedari dini maka tidak menjadi parah.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan cara mengobati penyakit dengan obat tradisional dan alami. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Comment