10 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Alami yang Terbukti Ampuh

Cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan alami yang terbukti ampuh. Masalah sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang dan gusi yang bengkak memang menyakitkan. Saat sakit gigi menyerang orang akan merasa tidak nyaman karena rasa nyeri dan ngilu. Bahkan tak jarang bisa menyebabkan sakit kepala yang mengganggu. Apa sih sebenarnya penyebab sakit gigi tersebut.

Loading...

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara mengobati sakit gigi dengan alami dan mudah, sebaiknya Anda ketahui juga penyebab sakit gigi. Penyebab sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi pada bagian tengah gigi atau pulpa yang sangat peka. Selain itu juga  bisa karena berlubang atau infeksi. Nah, Kemudian apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya,  Dibawah ini ada beberapa cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan ampuh.

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Alami

cara mengobati Sakit Gigi

sebenarnya bisa dilakukan dengan pengobatan yang sering sebagian orang lakukan yaitu dengan membeli obat sakit gigi apoti. Namun, jika Anda lebih menyukai cara alami ada bahan herbal yang bisa dibuat menjadi obat sakit gigi paling ampuh. Ternyata ada bahan alami yang banyak terdapat di sekitar kita yang bisa dibuat menjadi obat tradisional untuk sakit gigi,  seperti jambu biji, garam dan lain sebagainya. Nah, agar lebih jelasnya bahan apa saja yang bisa dibuat menjadi obat sakit gigi paling ampuh dan bagaimana cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan alami, adalah sebagai berikut:

1. Garam

Loading...

Cara mengobati sakit gigi dengan alami dan cepat bisa dilakukan dengan memanfaatkan garam dapur. Garam ternyata bisa menjadi obat sakit gigi berlubang dan ngilu yang mujarab karena kandungan yodium. Berikut ini cara mengobati sakit gigi berlubang dengan garam. Caranya:

  • Siapkan 1 gelas air putih hangat lalu campur 1 sampai 2 sendok garam dan aduk.
  • Selanjutnya Anda buat kumur selama 10 sampai 15 menit.
  • Lakukan saat merasakan sakit dan ngilu selama sakit gigi menyerang.

2. Blimbing wuluh

Blimbing wuluh termasuk obat sakit gigi berlubang tradisional yang ampuh. Blimbing ini rasanya memang kecut tapi jangan khawatir Anda bisa menambahkannya dengan garam. Cara mengobati sakit gigi dengan blimbing wuluh yaitu kunyah blimbing wuluh dengan garam pada gigi yang sakit. Cukup dengan mengunyahnya pelan-pelan saja.

Baca juga: 7 Manfaat Garam Untuk Gigi dan Mulut Serta Cara Menggunakannya

3. Jeruk nipis

Obat sakit gigi paling ampuh selanjutnya yaitu jeruk nipis. Cara mengobati sakit gigi dengan jeruk nipis telah terbukti dan sudah banyak yang merasakan khasiatnya. Jeruk nipis bisa mengatasi sakit gigi berlubang parah karena kandungan vitamin C yang meredakan sakit. Berikut cara mengatasi sakit gigi berlubang parah dengan jeruk nipis. Caranya cukup yaitu dengan teteskan perasan jeruk nipis di bagian gigi berlubang yang sakit. Lakukan berulang ulang sampai mereda rasa nyeri pada gigi yang sakit tersebut.

4. Minyak cengkeh

Cara mengobati sakit gigi yang ampuh selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh selain untuk aroma terapi dan bahan obat herbal. Minyak cengkeh juga bisa menjadi obat sakit gigi berlubang dan ngilu. Caranya, teteskan minyak cengkeh pada kapas lalu tempelkan pada gigi yang sakit . Diamkan selama 10 sampai 15 menit berulang-ulang dan hasilnya sakit gigi  akan sembuh.

 5. Bawang putih

Salah satu obat sakit gigi paling ampuh adalah bawang putih. Bawang putih mengandung antibiotik dan menambah daya kebal terhadap serangan kuman. Nah, dengan bawang putih membuatnya menjadi ramuan tradisional akan dapat menyembuhkan sakit gigi karena infeksi kuman. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih yaitu dengan menumbuk bawang putih sampai halus, lalu tambahkan sedikit garam lalu tempelkan pada gigi yang sakit, maka rasa nyeri karena sakit gigi akan mereda.

 6. Bawang merah

Selain bawang putih, Bawang merah juga memiliki manfaat yang sama yaitu bisa dimanfaatkan untuk obat sakit gigi dan gusi bengkak yang disebabkan oleh kuman. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah sangat mudah yaitu dengan menumbuk sampai halus campurkan sedikit garam dan tempelkan pada gigi dan gusi yang sakit.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji ternyata bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami yang ampuh. Mungkin selama ini yang terkenal bahwa jambu biji bisa untuk meringankan mencret atau diare saja. Nah, berikut ini adalah cara mengobati sakit gigi secara alami dengan daun jambu biji. Caranya sangat mudah, Anda Siapkan 1 atau 2 lembar daun jambu biji yang diberi sedikit garam, kemudian kunyah. Lakukan perlahan dan pelan selama 10 sampai 15 menit

8. Lada

Lada adalah bumbu dapur yang bisa digunakan untuk obat sakit gigi yang ampuh. Penggunaan lada untuk mengatasi sakit gigi bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Cara mengobati sakit gigi dengan lada yaitu dengan menyiapkan sedikit lada kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit maka sakit gigi berangsur angsur akan sembuh.

9. Biji asam jawa

Obat sakit gigi paling ampuh berikutnya yaitu biji asam jawa. Ternyata Biji asam jawa tidak hanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi saja. biji asam jawa juga bisa menyembuhkan sakit gigi dan ngilu . Cara mengobati sakit gigi dengan garam cukup mudah yaitu, Sangrai biji asam jawa lalu tumbuk sampai halus campurkan air hangat, lalu berkumur dengan air biji asam tersebut.

10. Minyak kelapa

Bahan alami yang bisa menjadi obat sakit gigi paling ampuh yang terakhir yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi. Dengan memanfaatkannya bisa mengatasi sakit gigi yang disebabkan oleh kuman. Cara mengobati sakit gigi dengan minyak kelapa yaitu  dengan mencampur 1 sendok minyak kelapa ke dalam segelas air hangat kemudian gunakan untuk kumur. Berkumur dengan minyak kelapa mampu mengobati sakit gigi dan menghilangkan kuman-kuman di mulut.

Sebagai tambahan informasi mengenai cara mengobati sakit gigi dengan cepat dan alami yaitu mengenai pertolongan pertama untuk menangani sakit gigi. Pertolongan pertama untuk mengatasi  sakit gigi yaitu dengan mengompres pipi dengan air dingin atau es. Berikut ini cara mengobati sakit gigi dengan es, yaitu:

  • Masukkan es ke kantong plastik dan balut dengan kain
  • Tempelkan dekat dengan gigi yang sakit. Lakukan 10 sampai 15 menit
  • Dengan cara ini Anda akan meredakan sementara sakit gigi Anda.
  • Perlu Anda ingat jangan menempelkan es langsung ke gigi atau gusi yang sakit,  karena gigi yang sakit sangat peka pada suhu dingin atau panas.

Demikianlah pembahasan bagaimana cara mengobati sakit gigi. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Tanpa Obat Secara Alami

Loading...

Leave a comment