Cara mengobati sakit kepala tradisional

19+ Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami dan Obat Tradisional

Cara mengobati sakit kepala secara alami. Pengobatan sakit kepala dengan cepat dan mudah, bisa Anda lakukan dengan tanpa obat sakit kepala di apotik atau yang beredar di pasaran. Ramuan tradisional merupakan solusi terbaik untuk mengatasinya karena tanpa efeksamping. Obat sakit kepala alami ini, Anda buat sendiri di rumah. Bahan-bahan ramuan banyak kita jumpai disekitar kita, Apa saja bahan dan bagaimana cara mengobati sakit kepala alami?,yuk simak lebih lanjut disini.

Loading...

Penyebab Sakit Kepala

Sakit Kepala merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena beberapa sebab. Penyebab sakit kepala Diantaranya stres dan tekanan pikiran. Obat kepala sangat mudah didapat di toko-toko atau pun apotik, Namun banyak efeksamping yang tertera pada label obat tersebut.

  • Sakit kepala bagian belakang dan terasa senat-senut, penyebabnya adalah fungsi liver yang kurang baik.
  • Sakit kepala bagian depan atau atas, sakit kepala ini membuat penderitanya pusing tujuh keliling alias vertigo, penyebabnya adalah fungsi ginjal yang kurang baik.
  • Sakit kepala sebelah atau migrain, penyebab migrain ini sangat komplek, bisa karena peredaran darah yang terganggu atau penyempitan pembuluh darah.

Jenis Sakit Kepala

Ada berbagai macam sakit kepala, ada sakit kepala bagian depan dan belakang. Rasa senat-senut seperti ditusuk-tusuk jarum, atau bisa juga terasa seperti mau meledak dan penuh serta berasa berat. Dari jenis yang beragam maka penyebabnya pun berbeda-beda. Jadi, harus lihat kasus penyebabnya untuk mengobatinya.

Loading...

Cara mengobati sakit kepala

Cara Mengobati Sakit Kepala Belakang

Obat sakit kepala belakang dengan menggunakan ramuan tradisional alami, yang mudah Anda buat sendiri. Sakit kepala bagian belakang yang disebabkan oleh adanya gangguan pada liver, maka penyembuhannya menggunakan ramuan yang bisa menyeimbangkan liver, sekaligus melancarkan aliran darah ke otak Anda.

Ramuan ini dengan bahan-bahannya adalah: 1 genggam daun pegagan, 1 ruas jari kunyit yang dikupas dan diparut, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan madu asli dan setengah gelas air hangat.

Cara meramunya yaitu, dengan mencuci bersih daun pegagan, kemudian ditumbuk dengan tambahan sedikit air hingga halus. Masukkan ke dalam gelas bersama parutan kunyit, madu dan perasan jeruk nipis, campur dengan setengah gelas air hangat, lalu saring. Minum sehari sekali sampai sembuh. Perlu Anda ketahui pegagan dan kunyit merupakan tanaman obat sakit kepala yang paling dipercaya.

Baca juga: Obat Tradisional Sakit Kepala yang Ampuh Cepat Sembuh

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah/Migrain

Obat sakit kepala sebelah tentu berbeda dengan obat sakit kepala belakang karena penyebabnya pun berbeda. Sakit kepala sebelah atau pun bagian depan yang disebabkan oleh fungsi ginjal yang terganggu, yang menimbulkan sakit kepala terasa muter-muter karena vertigo. Ramuan ini juga bisa mengobati jenis kepala migrain. Ramuan yang digunakan untuk penyakit kepala jenis ini yaitu dengan ramuan yang berkhasiat melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga mengurangi rasa pusing yang disebabkan alirah darah yang lemah.

Ramuan untuk sakit kepala bagian depan dan atas yaitu dengan bahan-bahan: 1 batang kayu manis, 1 ruas jempol jahe atau lebih bagus dengan jahe merah, yang dikupas dan diiris, 10 bunga cengkeh, 1 biji pala yang diremuk, 10 butir lada hitam, 1 sendok teh biji adas dan 1 sendok makan madu asli.

Cara meramunya, Rebus semua bahan, kecuali madu asli, dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. Saring dan diamkan selama 10 menit. Masukkan madu dan minum satu gelas, sehari dua kali pagi dan sore sampai sembuh.

Cara Mengobati Sakit Kepala Berkepanjangan

Untuk sakit yang sering terjadi atau berkepanjangan bisa disembuhkan dengan menggunakan obat tradisional sakit kepala berkepanjangan, yaitu dengan memilih salah satu dari ramuan tradisional tersebut diatas. Tidak cukup dengan itu, Anda juga disarankan untuk beberapa langkah-langkah meringankanya.

Beberapa tips dan saran untuk  penyembuhan sakit kepala berkepanjangan

  • Jika terserang sakit kepala dengan tiba-tiba, langkah cepat yang bisa Anda jadikan pertolongan pertamannya, yaitu dengan minum kopi pahit hangat atau menaruh sejumput garam ke lidah untuk Anda emut.
  • Jika sakit kepala Anda terjadi karena peredaran darah yang lemah, sebaiknya mulailah Anda dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika penyebabnya adalah ketegangan atau stres, sebaiknya lakukan meditasi dengan yoga misalnya. Sebagai cara untuk menenangkan pikiran dan sekaligus sistem otot Anda.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan

Pengobatan sakit kepala juga bisa dilakukan dengan melakukan pijatan. Berikut ini adalah tips cepat dan ampuh menyembuhkan sakit kepala dengan memijat titik-titik tertentu pada wajah dan tangan, dan sakit kepala pun akan hilang. Ada 4 jenis tehnik pijatan menurut titik pemijatannya:

1. Antara mata.Cara ini dengan melakukan pijatan menggunakan jari tengah dan ibu jari, lakukan pemusatan pijatan di titik di antara mata di atas hidung

2. Titik jari. Lakukan pijatan dengan  ibu jari dan telunjuk kanan, pijat diantara ibu jari dan telunjuk tangan kiri. Lakukan sebaliknya setelahnya yaitu diantara ibu jari dan telunjuk kanan.

3. Titik belakang telinga. Lakukan pemijatan dengan menggunakan ibu jari memutar di bagian bawah tulang besar di balik telinga Anda.

4. Titik temporalis. Pemijatan ini menggunakan telunjuk dan jari tengah Anda, pada area pelipis (jaraknya satu jari di atas mata bagian luar). Nah, itulah cara mengobati sakit kepala dengan pijatan, yang bisa Anda lakukan sendiri.

5. Bahan Alami Obat Sakit Kepala Terampuh

berikut 5 bahan alami yang bisa membantu Anda menyembuhkan sakit kepala saat di rumah dan pastinya tanpa efek samping.

1. Jus daun mint

Menthone dan menthol adalah komponen utama mint yang terbukti sangat membantu menyembuhkan sakit kepala. Ambil segenggam daun mint, ekstrak sari buahnya dan aplikasikan lembaran itu di pelipis dan dahi Anda. Selain daun mint, bisa juga mengompres dengan teh daun mint.

2. Jahe

Jahe dikenal bisa membantu mengurangi peradangan pembuluh darah di kepala. Dengan demikian ampuh menawarkan rasa sakit di kepala. Campurkan jahe dan jus lemon, lalu minum ramuannya satu sampai dua kali sehari. Anda juga dapat mencampur satu sendok teh bubuk jahe dengan dua sendok makan air, lalu bubuhkan di dahi dan biarkan beberapa menit untuk merasakan efeknya.

3. Basil

Kemangi adalah relaksan otot dikenal ampuh mengatasi sakit kepala akibat otot tegang. Daun ini memiliki efek analgesik dan menenangkan. Tambahkan 2-3 daun kemangi segar dalam satu cangkir air mendidih dan biarkan mendidih selama sekitar 5 menit. Tambahkan madu ke dalam teh ini, kemudian meminumnya selagi masih hangat.

4. Minyak peppermint

Peppermint kaya mentol yang membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat yang menyebabkan sakit kepala. Bahkan memiliki efek menenangkan dan menenangkan. Anda hanya perlu mengambil 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak almond atau air dan tambahkan 3 tetes minyak esensial peppermint di dalamnya. Oleskan campuran itu di pelipis kepala dan dahi Anda, lalu istirahat lah.

5. Es batu

Ini adalah salah satu solusi paling sederhana untuk menyembuhkan sakit kepala di rumah. Dingin dari es batu dapat mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan sakit kepala. Juga, itu memiliki efek mematikan rasa sakit. Jika Anda menderita sakit kepala migrain maka Anda dapat mengompres es ke bagian belakang leher, lakukan selama 5 menit di rumah jadi tidak perlu beli obat toko obat.

10. Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami dan Tradisional, Tanpa Obat Kimia

1. Menggunakan es batu

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab secara alami bisa menggunakan es batu. Sensasi dingin es batu akan membuat otot menjadi rileks sehingga sakit kepala hilang dengan sendirinya. Caranya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

2. Mengonsumsi kentang

Mengonsumsi kentang ternyata bisa menjadi cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat kimia. Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh. Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh sedang kekurangan kalium. Agar sakit kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lainnya. Karena kentang olahan lain seperti kentang goreng mengandung minyak jenuh.

3. Mengonsumsi pisang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Kedua bahan itu ternyata dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan secara alami. Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsi minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

4. Memperbanyak minum air mineral

Terkadang sakit kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan darah. Oleh karena itu ketika Sahabat Dream mengalami sakit kepala, cara menghilangkan sakit kepala yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan banyak minum air mineral. Ini bertujuan agar kamu tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga mengalami sakit kepala.

5. Mengonsumsi kopi secara tidak berlebihan

Mungkin terdengar aneh. Tapi cara menghilangkan sakit kepala dengan kopi terbukti mujarab. Di satu sisi, kebanyakan minum kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Kafein yang ada dalam kopi jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung. Efek kopi berlebihan juga menyebabkan sakit kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Namun di sisi lain, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang karena mengalami sakit kepala. Untuk itu cukup dengan meminum 1 gelas kopi untuk menenangkan saraf. Tentu saja bagi yang terlanjur kecanduan kopi, akan lebih bagus jika asupan kopi dikurangi.

6. Minyak kayu putih

Bau minyak kayu putih dapat membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran. Kayu putih merupakan tanaman herbal yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah.

7. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi

Cara lain untuk menghilangkan sakit kepala hingga membuat rileks saraf yang tegang adalah dengan menghirup minyak atau lilin aromaterapi. Selain itu juga dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi rileks dan sakit kepala hilang.

8. Mengonsumsi biji wijen

Biji wijen kaya akan vitamin E yang ternyata mampu digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat. Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang. Konsumsi biji wijen setiap hari agar sakit kepala hilang dan tidak kembali.

9. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Salah satu penyebab sakit kepala bisa saja karena telat makan atau karena maag. Sakit kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Salah mengonsumsi obat bisa-bisa maag semakin akut. Cara menghilangkan sakit kepala yang tepat yang disebabkan oleh maag adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Kamu bisa mengonsumsi permen mint, minum teh mint, dan lainnya.

10. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih

Cara menghilangkan sakit kepala dengan menghirup adalah menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih. Uap yang dihirup dapat membuat rileks pikiran sehingga sakit kepala mereda. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

Demikianlah pembahasan cara mengobati sakit kepala secara alami  dengan ramuan tradisional. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca  dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Sakit Kepala Herbal Paling Ampuh Secara Tradisional

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *