Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Cara meningkatkan kecerdasan anak usia dini. Siapa yang tak ingin mempunyai anak yang cerdas. Tentu semua orang menginginkannya. Tahukah Anda, bahwa membangun kecerdasan anak adalah kewajiban orangtua. Oleh sebab itu, Anda sebagai orangtua harus mengetahui dan mempelajari hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Loading...

Ada 15 hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan intelektual dan kecerdasan berpikir pada anak Anda, antara lain:

1. Memberi Sarapan Sehat Setiap Pagi

Menurut penelitian Bahwa pelajar yang mengawali hari dengan sarapan sehat pada pagi hari setiap harinya, akan memiliki memory yang lebih kuat dan tajam serta lebih waspada di bandingkan dengan pelajar yang tidak sarapan pagi. Sarapan pagi yang diperkaya dengan kandungan karbohidrat komplek akan membantu anak mempertahankan kinerja psikis dan mental, khususnya mempengaruhi perhatian dan memori.

Siapkanlah sarapan sehat, seperi buah, sereal gandum, susu rendah lemak dan jenis makanan yang tinggi kandungan proteinnya, seperti kacang-kacangan dan telur. Hal ini dilakukan agar anak Anda mendapatkan sumber nutrisi utama sebagai bahan bakar yabg dibutuhkan otak.

Loading...

2. Berikan Pertanyaan Untuk Memancing Ide

Tanyakan pada Anak Anda, beberapa pertanyaan, seperti bagaimana keadaannya di sekolah, atau dimana liburan paling menyenangkan menurutnya. Hal ini akan mendorong anak untuk memikirkan ide-ide baru yang akan membantu menjadikan hubungan saraf baru di otaknya.

3. Bangun Suasana Keluarga Yang Hangat

Menurut penelitian mengemukakan bahwa suasana keluarga yang hangat  dan stabil sangatlah penting untuk perkembangan fungsi kognitif dan ketrampilan anak. Sebaliknya, anak dengan keadaan keluarga yang orangtuanya keras mempunyai risiko akan lebih besar terhadap permasalahan ketrampilannya.

4. Mengutamakan Jam Tidur Anak

Jika Anak Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk tidur, mereka mungkin akan kehilangan kemampuan otak yang berharga. Tidur sangat mempengaruhi stiap aspek fungsi kognitif pada anak, termasuk memori, perhatian, kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan.

Penelitian mengungkapkan bahwa anak-anak yang tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur, memungkinkan memiliki perilaku buruk di sekolahnya dan kesulitan berkonsentrasi pada pelajaran. Tetapkan waktu tidur yang konsisten atau tetap, begitu juga jam bangun untuk anak Anda, matikan tv dan komputer atau perangkat lain dua jam sebelum anak beranjak tidur.

5. Penuhi Asupan Asam lemak Omega 3 Anak

Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat bagi otak anak, dengan mengaktifkan area otak akan berpotensi meningkatkan perhatian, memori dan kognitif lainnya. Berikan juga suplemen minyak ikan dan beberapa makanan lain yang diperkaya dengan kandungan asam lemak omega # dan DHA.

6. Ajak Berolahraga

Berolahraga secara teratur bermanfaat terhadap kesehatan anak secara menyeluruh dan juga menyehatkan fungsi otak. Sebuah penelitian di Augusta mengatakan bahwa ketika anak yang memiliki kelebihan berat badan pada usia 7 sampai 11 tahun dan berolahraga selama 20 sampai 40 menit per hari, akan mengalami perbaikan fungsi kognitif otak setelah 13 minggu.

7. Kenalkan Permainan Edukatif

Permainan edukatif ini antara lain, teka-teki yang membutuhkan ketrampilan, strategi dan memori otak untuk melakukannya. Bermain permainan edukatif dapat membantu otak anak menjalin hubungan saraf baru.

8. Batasi Waktu Menonton TV

Terlalu banyak waktu yang digunakan untuk menonton tv atau bermain game maka akan berakibat pada risiko kelebihan berat badan anak, makan makanan yang tidak sehat dan lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

Siswa atau pelajar yang menghabiskan lebih banyak untuk menonton tv selama hari minggu, tidak akan mempunyai kemampuan terbaik disekolah. Maka batasilah waktu anak Anda untuk menonton tv.

9. Sediakan Cemilan Sehat

Berikan cemilan sehat untu anak Anda. Makanan ringan dapat memberikan nilai tambahan asupan pada otak, tetapi tergantung pada kandungan gizi cemilan tersebut.

Para penelii di California menemukan bahwa kemampuan konitif anak berhubungan negatif dengan asupan makanan ringan yang mengandung tinggi kalori dan berhubungan positif dengan asupan buah dan sayur. Anak-anak yang kurang makan tidak akan memiliki nutrisi yang tepat untuk perkembangan otak si anak. Oleh karena itu sediakan makanan cemilan dengan makanan ringan yang menyehatkan.

10. Ajak Memainkan Alat Musik

Penelitian yang dilakukan di prancis, menemukan bahwa pelatihan musik selama 6 bulan saja dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak. Kemampuan membaca anak akan meningkat dan anak akan lebih mudah menangkap arah pembicaraan orang lain. Pelatihan musik juga mendorong mengembangkan saraf yang terlihat dalam pola tertentu dari gelombang otak.

11. Berikan Asupan vitamin pada buah dan sayuran

Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya kandungan vitamin dan mineral dapat , meningkatkan kesehatan phytochemical. Tidak hanya itu saja, sayur dan buah memiliki antioksidan yang bagus yang akan melawan radikal bebas dan melindungi perkembangan otak anak.

12. Bantu Anak Mengatasi Stres

Stres yang terjadi pada anak, akan mengakibatkan gangguan fungsi otak. Bahwa anak yang mengalami stres mempunyai hasil ujian yang melibatkan. Kecepatan memori dan perhatian yang lebih buruk dibandingkan anak yang tidak mengalami stres.

13. Kurangi Kebisingan

Bahwa anak yang tinggal di area yang memiliki kebisingan atau tempat yang bising akan mengalami kesulitan dalam memahami buku yang dibaca.Sementara itu hasil penelitian mengemukakan bahwa anak yang mengalami kebisingan  secara  konsisten, maka akan  memiliki nilai yang rendah pada tes memori.

baca juga: Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

14. Akrabkan Anak Dengan Alam

Menghabiskan banyak waktu di luar rumah dapat meningkatkan fungsi otak, terutama perhatian, konsentrasi, kontrol, impuls dan memori. Alam memiliki efek meremajakan otak dengan memberikan kesempatan pada mental otot untuk istirahat.

Biarkan anak bermain di luar dengan alam. Setidaknya 20 menit per hari. Anak bisa menghabiskan waktu di alam dengan membaca di taman, bermain sepak bola dan bersepeda di jalanan yang ditumbuhi oleh pepohonan.

15 Rapika Rumah

Keadaan rumah yang selalu berantakan dan tidak teratur, mengarah pada pikiran yang kacau. Penelitian menunjukkan bahwa keadaan rumah yang berantakan bisa mempengaruhi fungsi kecerdasan anak. Anak-anak yang berkembang pada lingkungan yang rapi dan teratur akan memiliki daya pikir yang lebih cemerlang dan fokus.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ada langkah langkah penting dalam meningkatkan kecerdasan anak. Tiga tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan masa yang paling sensitif, yang sangat menentukan perkembangan otak dan kehidupannya di masa mendatang.

 Orang Tua Harus Mengetahui Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Otak adalah bagian terpenting dalam tubuh kita, tumbuh secara pesat pada awal kehidupan, dan akan mencapai 70-80% pada 3 tahun pertama. Bayangkan, otak yang sangat penting ini ternyata sebagian besar ditentukan pada awal kehidupan kita.

Ini berarti, jika Anda menginginkan anak Anda tumbuh dengan kondisi yang terbaik, maka Anda harus menginvestasikan waktu dan apa pun pada 3 tahun tumbuh kembangnya. Jika Anda mengabaikan begitu saja rentan waktu 3 tahun pertama ini, maka anak Anda tidak akan berkembang dengan maksimal, dan anak Anda akan menjadi anak yang biasa-biasa saja. Apa demikian yang Anda inginkan?, tentu tidak, bukan? Maka di sini Anda perlu tahu bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak.

cara meningkatkan kecerdasan anak

Jika kita sebagai orangtua bisa melakukan yang terbaik bagi anak kita, maka itu lah kewajiban kita untuk memberikan hak anak kita. Peran ibu sangat penting sebagai cara meningkatkan kecerdasan anak, ini dibuktikan adanya banyak review yang menyatakan anak yang mempunyai kecerdasan tinggi ditentukan oleh ibunya.

Baca juga: 5 Cara Aman Menurunkan Berat Badan Untuk Ibu Menyusui

Intinya, peran seorang ibu yang benar dalam 3 tahun pertama akan sangat menentukan kecerdasan anaknya. Maksud kata yang benar disini, tidak ada hubungannya dengan ibu yang bekerja atau sebagai ibu rumah tangga full time.

Tips Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Dalam hal ini akan saya sampaikan tips ampuh cara mencerdaskan otak anak yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Terutama ibu yang bekerja karena waktu untuk bersama dengan anak sangatlah terbatas.

Perlu diperhatikan oleh ibu rumah tangga yang fulltime, karena biasanya, karena merasa punya waktu yang banyak dengan anaknya, tetapi justru tidak melakukan dengan konsisten. Apa saja tips cara mencerdaskan anak?

Pertama. Cara meningkatkan kecerdasan anak dengan memberikan waktu khusus selama satu jam setiap harinya, tanpa boleh diganggu gugat oleh kesibukan lainnya, Untuk anak Anda agar bisa berinteraksi dengan kegiatan-kegiatan yang efektif bagi perkembangan kecerdasannya.

Dengan waktu satu jam ini, Anda lakukan macam-macam kegiatan dan berinteraksi dengan anak tanpa melakukan hal lain apa pun juga, seperti menggunting gambar binatang, dan gambar yang menarik lainnya dari buku atau majalah. Anda bisa membuatnya menjadi kartu dan menunjukkannya serta memberi tahu nama pada gambar tersebut.

Mungkin Anda akan berpikir, apakah ada artinya, Anda mengajarkan hal-hal kecil tersebut. Tentu sangat berarti dengan memperlihatkan hal yang menarik. hal ini sangat baik untuk “olahraga” otak anak.

Intinya lakukan permainan dengan menyebut, memperlihatkan hal menarik yang disukai anak selama 1 jam full, meski anak belum bisa berbicara. ini akan bisa Anda lihat nantinya, karena anak itu memahaminya dan belajar menggunakan otaknya. Nah, tips ini sangat berpengaruh sebagai cara meningkatkan kecerdasan anak.

Kedua. Cara meningkatkan kecerdasan anak selanjutnya, untuk para orangtua yang bekerja. Anda perlu memonitor dan memberi pengarahan yang benar kepada babysitter atau siapa saja yang mengasuh anak Anda, tentang kegiatan yang perlu dilakukan oleh anak Anda, selama Anda tidak di rumah.

Buatlah daftar kegiatan anak Anda dengan jelas, sehingga babysitter tahu, apa yang harus dilakukan setiap harinya dalam hal kegiatan yang mampu memberi stimulasi pada perkembangan kecerdasan anak, baik kecerdasan intelektual, emosi maupun perkembangan fisik dan sosialnya.

Jangan sampai babysitter atau pengasuh anak Anda hanya bertugas menjaga saja, tanpa memberikan stimulasi-stimulasi yang sangat diperlukan sebagai cara meningkatkan kecerdasan anak Anda.

Demikianlah tips cara meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Untuk Tumbuh Kembangnya

 

Loading...

2 thoughts on “Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak”

  1. Pas banget tipsnya mas Agus.Kebetulan saya punya anak kecil.

Leave a Comment